5 Ide Kegiatan Seru Untuk Pesta Ulang Tahun Anak

pesta ulang tahun anak ide kegiatan pesta ulang tahun anak pesta ulang tahun anak di rumah pesta ulang tahun anak hemat budget pets ulang tahun anak

Untuk anak yang sudah mengerti apa itu ulang tahun, hari ulang tahun adalah hari yang paling dinanti karena banyak kado. Hahahaha.... kita juga ngerasain kan dulu? Krucils di rumah nih yaaa, kalau ada barang yang mereka mau, pertanyaannya pasti "Kapan aku ulang tahun Bun?". Yes benar, karena aku enggak selalu menuruti apa yang krucils minta. Jadilah momen ulang tahun adalah momen dimana mereka bisa request kado yang mereka inginkan. Selain kado, pesta ulang tahun juga jadi salah satu yang mereka nantikan saat hari ulang tahun tiba. Terutama ketika mereka belum duduk di bangku SD. Tapi kadang bingung enggak sih ketika ingin merayakan ulang tahun di rumah?

Takut garing atau anak-anak bosan kalau enggak ada kegiatan seru di acara pesta ulang tahun. Dan ekstrimnya, mereka rewel atau merengek minta pulang padahal acara pesta ulang tahun belum mencapai acara puncak. Untuk kita sebagai orang tua pihak pengundang, pasti akan sedih banget deh kalau kejadiannya sampai begitu. Jangan biarkan hal ini terjadi ya! Banyak cara kok, untuk mengatasi hal tersebut. Nih aku mau kasih kalian ide kegiatan seru untuk pesta ulang tahun anak. 




Sebelumnya, jangan lupa pada saat hari ulang tahun tiba, awali dengan ucapan selamat ulang tahun dan susun rencana untuk pesta ulang tahun seru dengan kegiatan-kegiatan menarik berikut :

1. Menggambar dan Mewarnai

pesta ulang tahun anak ide kegiatan pesta ulang tahun anak pesta ulang tahun anak di rumah pesta ulang tahun anak hemat budget pets ulang tahun anak
Sumber : Pixabay

Hal pertama yang dapat dimulai setelah agenda wajib pesta ulang tahun anak adalah menggambar dan mewarnai. Jika usia anak masih berada pada rentang TK hingga SD, aktivitas seni rupa ini akan jadi sesuatu yang menyenangkan.

Tugas kita sebagai orang tua dan pihak pengundang pesta ulang tahun anak adalah menyiapkan perlengkapan menggambar serta mewarnai seperti buku, krayon, spidol dan alat tulis lainnya. Jangan lupa susun meja secara tertata agar anak dapat duduk dengan rapi.


2. Ajang Menghias Cupcake


pesta ulang tahun anak ide kegiatan pesta ulang tahun anak pesta ulang tahun anak di rumah pesta ulang tahun anak hemat budget pets ulang tahun anak
Sumber : dokpri

Mencicipi berbagai macam camilan manis dan gurih adalah hal yang enggak boleh terlewatkan. Naahh ada cara seru yang bisa membuat anak-anak terlibat dalam makanan agar lebih seru nih. Ajang menghias cupcake berdasarkan kreasi sendiri!

Kita dapat melibatkan anak-anak untuk menghias cupcake dengan kreasi hiasan topping yang warna-warni, berbentuk unik dan menggemaskan. 


3. Menyusun Balok atau Puzzle

Permainan yang sudah familiar di kalangan anak seperti menyusun balok atau puzzle, mungkin bisa jadi hal biasa saja. Tapi ketika dilakukan bersama teman-teman, sepertinya itu bisa menjadi salah satu dari sekian banyak kegiatan seru untuk pesta ulang tahun anak.

Puzzle dan balok sangat bagus untuk melatih ketangkasan otak anak. Kita bisa membeli kedua benda tersebut dalam ukuran besar. Ajak teman-teman si kecil untuk berkelompok lalu selesaikan tantangan tersebut. Siapa cepat, dia yang menang.


4. Main Pinata Diiringi Lagu

Pinata merupakan permainan yang terkenal dari daerah Amerika Selatan, khususnya Meksiko. Tapi kini, pinata sudah populer di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Pesta ulang tahun anak juga bisa semakin seru dengan permainan ini.

Tutup mata si kecil lalu siapkan dan gantung pinata. Anak akan berusaha memukul menggunakan tongkat plastik agar pinata hancur. Saat dipukul, hamparan kertas warna-warni, permen, mainan dan lainnya di dalam sana akan buyar dan berterbangan.


5. Adu Ketangkasan Fisik

Lelah dan bosan dengan kegiatan indoor, atau di dalam rumah? Sudah saatnya kita membawa anak dan seluruh tamu untuk berpindah ke halaman. Siapkan berbagai macam alat pendukung lalu lakukan permainan adu ketangkasan fisik.

Sederhana namun menyenangkan. Permainan adu ketangkasan fisik seperti lomba estafet, memasukkan pinsil ke botol, bakiak, dan sejenisnya bisa menjadi kegiatan seru di pesta ulang tahun anak kita. 

***

Kegiatan-kegiatan seru untuk pesta ulang tahun anak di atas bisa dijadikan inspirasi saat kamu berencana mengadakan acara ulang tahun anak. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan beberapa hal, termasuk agenda yang telah kamu rencanakan dari jauh hari. Selamat mencoba ya.....



41 comments

  1. Kalau anak-anak perempuan pasti suka tuh menghias cupcake ya, kreatif banget mereka. Apapun pilihannya yang penting anak-anak happy

    ReplyDelete
  2. Hai mba idenya keren. Aku nggak terpikiran tuh bikin ini, Hehhe. Kayaknya aku mau mencoba pas anakku rencna ultah. Biasanya ya main games kayak nebak lagu aja ;)

    ReplyDelete
  3. Kalau saya nggak membiasakan pesta ulang tahun untuk anak sih, tapi sepertinya seru ya kalau kegiatan ulang tahun ada acara menggambar dan mewarnai 😊

    ReplyDelete
  4. Aku terpikir buat balapan halang rintang meski Rumah seuprit. Biar seru gitu soale anaknya Kan masih balita, suka lari-lari.

    ReplyDelete
  5. Oh...acara ulang tahun dalam kenanganku cuma tiup lilin lalu potong kue dan nyuapin Ibu sama Ibu Guru.
    Lalu selebihnya, makan kue rame-rame di kelas.

    Jaman aku dulu kuno banget yaa...

    ReplyDelete
  6. Main pinata ini lagi hits ya di Indonesia. Kalau di daerah tempat tinggal seringnya muter lagu sama boneka, yang dapet boneka disuruh maju

    ReplyDelete
  7. Mewarnai bersama jadi ramai tuh. Anak2 juga bakal inget kalau ada acara seru di ultah A, misalnya

    ReplyDelete
  8. Boleh juga nih jadi referensi kegiatannya, tapi untuk no 1 dan 2 sering ku jumpai di acara ultah teman anakku. Kalau bikin kegiatan gitu tempatpun harus memadai ya mbak.

    ReplyDelete
  9. waini anak-anak pasti suka deh menghias kue.. jadi kegiatan seru ya saat ulang tahun anak

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat pernah jadi host acara ulang tahun anak.
    Sempat bingung kehabisan ide.
    Pukul pinata itu, ide seru!

    ReplyDelete
  11. Seruuu ini pilihannya mba, aku pengen juga menghias cup cake belum pernah soalnya.
    Terus lomba bakiak dan permainan lain, menambah marak suasananya ya Mba

    ReplyDelete
  12. Kalau anak-anak saya bikin acara ulang tahun saat mereka masih kcil, pinata selalu ada. Seru aja gitu kalau lihat anak-anak pada kegirangan saat melihat permen keluar dari pinata

    ReplyDelete
  13. Kalau ini dilihat Salfa, bakalan minta dilakukan semuanya haha
    Soalnya belum pengalaman ultahnya dibuat begini...

    ReplyDelete
  14. Menginspirasi nih Mbak yang menghias cupcake, belum pernah lihat ada yang pake ide seperti itu

    ReplyDelete
  15. Pinata tuh mungkin sama kayak agustusan lomba mukul gentong kecil berisi air dengan mata tertutup yah

    ReplyDelete
  16. Di antara semuanya, ajang menghias cupcakes adalah yang paling membuat repot bersih-bersih setelah acara selesai.

    ReplyDelete
  17. Iya selama ini kalau ada acara ulang tahun (syukuran sih kami sebutnya) hanya diisi baca sholawat, Yaasin dan Istighosah untuk kaum kerabat. Setelah itu paling makan bersama. Udah. Kalau anak anak bisa ditambah dengan melukis dan mewarnai supaya ada aktivitas lain ya...

    ReplyDelete
  18. yang aku sering alami kalau pas hadir acara ultah temen itu main pinata sambil diiringi musik mba hehehe yang lainnya belum pernah aku alami duh jadi rindu dapat undangan ulang tahun :p

    ReplyDelete
  19. Idenya yang sangat inspiratif mom soalnya yang sudah2 bikin acara ultah buat keponakan lebih biasa saja paling nyanyi2 gitu. Next keponakanku ultah bisa milih salah satu idenya supaya lebih meriah acaranya��

    ReplyDelete
  20. Wah ada pinata ..aku paling suka
    Iya bener bangets nih kalau banyak kegiatan serunya pesta ultah bakal meria.
    Ide-idenya kreatif!

    ReplyDelete
  21. kalau ulang tahun anak-anak dan ada main pinata, aq seru sendiri deh, karena zaman kecil dulu gak ngerasain yang seperti itu, hahahaha

    ReplyDelete
  22. Iy nih klo anak2 Kita mesti ekstra mikir biar mereka gk bete y mba klo, aku lbih prefer bikin kegiatan diluar sih kyk ditaman biar mereka bebas

    ReplyDelete
  23. Pinataaaa! Aktivitas paling favorit kalau ada acara ulang tahun, selalu pinata. Seru aja lihat ekspresi anak-anak yang kesenengan melihat permen keluar dari pinata

    ReplyDelete
  24. Duhh.. masih 8 bulan lagi nih baru ngadain pesta ultah anak. Tapi, makasih idenya, jadi bisa persiapan jauh-jauh hari :)

    ReplyDelete
  25. Daku pernah main sama ponakan soal menyusun balok atau puzzle, eh malah lebih pinter Ponakan dari pada akunya, hahaha

    ReplyDelete
  26. Wah, menarik juga idenya. Bulan depan anakku berulang tahun. Lagi nyari konsep merayakan ulang tahun yang berfaedah, ketemu blog ini. Makasih mbak infonya.

    ReplyDelete
  27. Wah ... kreatif sekali, pasti anak anak suka dengan semua permainan ini. Good ide

    ReplyDelete
  28. Pesta ulangtahun anak memang seru banget diisi dengan aktivitas bermain gini ya mbak. Apalagi main pinata diiringi lagu, anak2 semangat banget karena akan banyak perkembangan dan cokelat setelah selesai nantinya.

    ReplyDelete
  29. Pinata ini sering aku temukan kalau main games loh, baru tau klu ini asalnya Meksiko hahah, dan beda banget cara mainnya. Btw thanks tips2 dan die bermainnya kak

    ReplyDelete
  30. Pas nih. Ide buat ultah si kecil nanti. Tapi berhubung anaknya baru masuk 2 tahun mungkin beberapa saja yang bisa dipraktekkin.

    ReplyDelete
  31. Nggak pernah kepikiran membuat aktivitas seperti di atas saat ulang tahun. Kelihatannya seru ya dan abal-abal pasti seneng karena mereka terlibat secara penuh saat hari istimewa nya

    ReplyDelete
  32. Aku paling suka yang cara menghias cake mak...kayaknya seru banget dan cakenya cantik...maukk

    ReplyDelete
  33. Wah seru juga ya kalau acara ulang tahun anak diisi kegiatan seperti ini dan tidak melulu pesta. Pastinya bisa lebih melatih motorik anak

    ReplyDelete
  34. Pinata keknya skr jadi wajib disetiap ulangtahun yah biar seru

    ReplyDelete
  35. Jadi inget waktu kecil dulu aku berisik banget cerita ke temen kalau ulangtahun, padahal beum waktunya. Hasilnya mamaku dibuat kelabakan pas temen-temen pada maen ke rumah dan bawa kado hahaha.... Dalam tahun yang sama aku ulang tahun dua kali, dapet kado dua kali juga dong. Hari gini ulang tahun dua kali setahun entar dulu, ya. Nambah tua sih hihihi. Nah, ajang ngehias cupcake ini menarik, walau printilan nyiapin bahan-bahannya lumayan bikin cape. Sampe beresinnya juga sih

    ReplyDelete
  36. woaa...pasti seru banget nih menghias cupcake. kayaknya sehabis/sembari menghias cupcake juga pada menghias muka deh hehehe

    ReplyDelete
  37. selama ini kalau ultah anak ngga kepikiran ada acara2nya karena cuman tiup lilin, makan, bhabhay hahahhaa, tapi ini idenya boleh uga daripada sewa badut or lainnya, anak & teman2nya jadi lbh byk aktivitas saat ultah :D

    ReplyDelete
  38. Anak pasti bahagia bangett dilibatkan dalam menghias kue, yaaa.

    ReplyDelete
  39. Nanti aku coba diskusikan ke suami agar bisa dibolehin berkegiatan seperti ini nanti bulan Juli untuk ultah si Salfa.

    ReplyDelete
  40. ide main Pinata asik juga ya dan pasti disenangi anak2, apalagi kalo diiringi musik yg riang.. ngebayangin mainan dan permen2 beterbangan, rasanya pengen aku aja deh yg ultah semeriah ini.. hehe

    ReplyDelete
  41. Waah seru-seru idenya jadi bikin anak-anak berkreasi. Aku sampai segede ini aja masih seneng mewarnai mba hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih