Modul Pintar Sisternet Untuk Perempuan Indonesia


Berbanggalah dilahirkan sebagai seorang perempuan, karena ia banyak sekali memiliki kelebihan yang membuatnya dianggap sebagai makhluk super. Bagaimana enggak disebut makhluk super coba!! Perempuan sanggup melakukan dan memikirkan berbagai hal dalam satu waktu. Dan ketika kelak menjadi seorang ibu, ia akan diandalkan sebagai "kamus" dalam keluarga yang menjadi tempat bertanya pertama kali oleh suami dan anak ketika mencari barang-barang di dalam rumah, ia akan menjadi orang terakhir yang tidur di malam hari dan menjadi orang pertama yang bangun di pagi hari, Cobaaa suruh para pria yang mengerjakan itu semua. Mungkin mereka enggak akan sanggup.


Kalau dulu, perempuan hanya boleh ada di dapur. Tapi sekarang, perempuan memiliki kesempatan yang sama besar dengan para pria untuk menggali potensi dirinya dan meraih sukses dalam kehidupannya. Khususnya di era digital sekarang ini yang mau enggak mau harus kita hadapi dengan berbagai kemudahan dan kesulitannya.


PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia meluncurkan modul belajar program Sisternet. Dimana dengan sarana baru yang bernama "Modul Pintar Sisternet" ini, seluruh masyarakat terutama kaum perempuan dapat memperoleh materi belajar yang sangat erat dengan aktivitas mereka baik di rumah maupun di masyarakat dan di dunia kerja dalam format audio dan video.

MODUL PINTAR SISTERNET


Teknologi digital memberikan kesempatan yang luas kepada kita untuk menciptakan berbagai sarana yang bisa mempermudah aktivitas. (Dian Siswarini-Direktur Utama XL Axiata).

Dengan berbasis online, kaum perempuan dapat mengakses materi-materi belajar yang ada di Modul Pintar Sisternet, untuk meningkatkan kompetensi atau keahlian, kapan saja dan dimana saja dengan berbagai perangkat digital.

Kamu sudah coba akses belum? Modul Pintar Sisternet bisa diakses di sini www.sisternet.co.id/modulpintar.

Tidak kurang dari 13 ribu kaum perempuan sudah pernah mengikuti kelas-kelas program Sisternet sejak didirikan pada 4 tahun yang lalu. Banyak dukungan dan masukan yang diterima XL Axiata selama program Sisternet berjalan. Salah satu masukan yang diterima adalah, harapan agar materi-materi belajar Sisternet dapat diakses secara online sehingga seluruh masyarakat dapat mengaksesnya, termasuk masyarakat yang berada di daerah pelosok.

Saat ini XL Axiata melalui program Sisternetnya mendukung upaya Kementerian-Kementerian dalam memanfaatkan sarana digital untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat luas. XL Axiata menjalin kerjasama dengan sejumlah kementerian, seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, untuk berkolaborasi menyampaikan materi edukasi yang merupakan bagian dari program pemerintah.

Peluncuran Modul Pintar Sisternet mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Dra Rosarita Niken Widiastuti yang merupakan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemeterian Komunikasi dan Informatika.

Kami sangat mendukung inisiatif untuk meluncurkan Modul Pintar Sisternet yang bisa menjadi sarana penyebaran informasi dan sekaligus edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
Dengan adanya modul online ini, Kemenkominfo berharap masyarakat terutama kaum perempuan bisa semakin mudah mendapatkan banyak materi edukatif yang pelru pemerintah sampaikan kepada masyarakat, yang bisa meningkatkan pengetahuan juga kesadaran atas berbagai hal termasuk pemecahan problem sosial di masyarakat.



Melalui Modul Pintar Sisternet, masyarakat dapat memperoleh materi-materi belajar berupa edukasi untuk ibu dan anak mengenai pendidikan dan kesehatan, juga literasi digital untuk bisa memanfaatkan sarana digital secara sehat dan bermanfaat. Dan juga meteri belajar bagi bisnis kecil, antara lain mengenai enterpreneurship, perencanaan keuangan bisnis kecil, dan pemanfaatan sarana digitas untuk promosi dan pemasaran.

KELAS LITERASI DIGITAL


Kelas literasi digital merupakan salah satu kelas pemberdayaan perempuan yang diselenggarakan oleh program Sisternet. Kelas lain dalam program Sisternet yang bisa diikuti adalah kelas kreatif inspiratif, dan aparatur negara. Selain dilaksanakan melalui tatap muka, program edukasi juga dilaksanakan melalui social media Sisternet.

Hari Sabtu lalu (16/12/18) aku berkesempatan mengikuti kelas literasi digital dengan tema "Ibu cerdas di era digital" yang diselenggarakan di Museum Kebangkitan Nasional dengan beberapa nara sumber yaitu Shahnaz Haque (artis dan pembawa acara), Monika Kumala Sari (Gesture dan Microexpression Specialist), Putri Lintang (Group Head People Journey XL Axiata), dan Diah Kusumawardani Wijayanti (Founder of Belantara Budaya Indonesia dan Ketua Perempuan Pelestari Budaya).



Dalam acara tersebut, para nara sumber sharing mengenai bagaimana kita sebagai ibu menyikapi era digital dimana ibu harus melek digital dan mampu memanfaatkan pengaruh positif dari perkembangan digital tersebut bagi tumbuh kembang anak.

Aku coba rangkum ya, bagaimana cara ibu cerdas mendidik anak di era digital :
  1. Didik anak dengan hidup di jaman mereka sehingga mereka merasa kita sama dengan mereka.
  2. Libatkan mereka di dalam keseharian mereka. Artinya, kita sebagai orang tua enggak bisa lagi mendikte mereka dalam menjalani kehidupan mereka. Sudah bukan jamannya lagi kalau orang tua merasa lebih pengalaman dan terkesan selalu menginstruksi anak-anak dalam menjalani kehidupannya.
  3. Kunci utama hubungan antara orang tua dan anak di era digital adalah komunikasi. Yes kadang kita lupa untuk melakukan komunikasi secara langsung karena adanya kemajuan teknologi seperti sms atau whatsapp.
  4. Lebih baik mendorong anak-anak untuk maju dibandingkan menarik mereka untuk menjadi seperti apa yang kita mau atau menjadi mininya kita. Ibaratnya seperti pintu, dimana ada push (dorong) dan pull (tarik). Untuk masuk ke suatu ruangan, kita akan memilih mendorong pintu ketimbang menarik pintu. Begitu juga jika kita ingin masuk kedunia anak-anak.
  5. Batasi penggunaan gadget pada anak, bukan melarangnya. 


***

Informasi lebih lanjut mengenai Modul Pintar Sisternet dan kelas-kelas dalam program Sisternet :
Website : www.sisternet.co.id/modulpintar
Facebook : Sisternet ID
Twitter: @sisternetid
Instagram : @sisternetid
Youtube : Sisternet ID Official

***

Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya. Jangan lupa di share.


  

38 comments

  1. bermanfaat banget ya Sisternet buat kaum hawa dan remaja putri

    ReplyDelete
  2. poin 4 Jleb tuh anak kita bukan kita jadi tugas kita ya memdorong maju tanpa membatasi nantinya passionnya bermuara dimana.

    ReplyDelete
  3. Bahagia itu sederhana ya ka, mengikuti suatu acara yang bermanfaat, pulangnya dapat banyak ilmu juga, selain bertambah teman ya ka.. acara-acara seperti ini nih yang wajib didatangin para wanita, supaya para wanita menjadi lebih teredukasi khususnya tentang dunia wanita dan juga digital

    ReplyDelete
  4. Wiiiks, keren banget ada modul semacam ini.
    Bisa bikin perempuan Indonesia kian MAJU!
    Kindly Visit my Blog: https://bukanbocahbiasa.com

    ReplyDelete
  5. Wah acaranya seru ya... memang ya, zaman now itu internet harus menjadi sarana untuk menambah informasi dan pengetahuan. Aku pernah ikutan acara sisternet ini, edukasi dan manfaatnya memang terasa banget.

    Thanks for sharing yaaa

    ReplyDelete
  6. Wah Sisternet makin keren aja nih! Banyak Modul Pintar Sisternet dan kelas-kelas dalam program Sisternet yang bikin kita sebagai perempuan jadi lebih 'pintar' dan nambah wawasan juga ya

    ReplyDelete
  7. Aku udah pernah ikut sekali nih kelas literasi sisternet yang di smpn 285 kepulauan seribu. Mendidik banget programnya

    ReplyDelete
  8. Memang menjadi ibu itu harus cerdas yah di era digital. Makasih sharing nya kakak. Semoga aku bisa menjadi ibu yang cerdas di era digital.

    ReplyDelete
  9. Sisternet mah gudangnya ilmu dan referensi. Saya suka buka juga untuk nambah pengetahuan, apalagi sekarang makin lengkap dengan adanya Modul Pintar ya. Semoga di kemudian hari Modul Pintarnya makin banyak dan makin lengkap

    ReplyDelete
  10. Kenal Sisternet udah lama banget tapi belum pernah ikutan eventnya. Next mau coba cari tahu ah, aku penasaran deh karena sepertinya cocok dengan passionku

    ReplyDelete
  11. Jadi ibu harus siap mengikuti perkembangan zaman ya. Beda zaman beda cara didik anaknya. Thanks for sharing 🙏

    ReplyDelete
  12. Betul kak lebih baik batasi dan awasi penggunaan internet dibanding melarangnya

    ReplyDelete
  13. Karena perempuan memiliki hak yg sama utk mendapat pendidikan yg layak maupun jenjang karir yg mumpuni
    Nampaknya acara tsb sangat bermanfaat sekali ya

    ReplyDelete
  14. zaman teknologi digital begini memang kita para perempuan harus banget melek teknologi ya. Modul pintar sisternet ini bisa jadi sarana untuk memajukan literasi digital kita.

    ReplyDelete
  15. Whaa kehadiran sisternet ini bermanfaat banget ya, apalagi bagi kaum hawa nih terutama para ibu RT yg notabene kadang gak semudah dulu kalau mau keluar rumah. Informasi dan ilmu bisa didapat dalam genggaman.

    ReplyDelete
  16. Aku uda pernah mampir & lihat2 sisternet sih, tp tku belum tau kalo ada modulnya segala. Jd ini modul khusus buat wanita gitu ya?

    ReplyDelete
  17. Modul berupa materi2 parenting dan Motherhood ya mba? Atau gimana? Hihihi, jadi kepo deh. Langsung keingatan Sekolah Ibu yg lagi viral itu *loh

    ReplyDelete
  18. Wah aku baru tahu makin bagus ya sisternet, programnya banyak edukasinya. Saya punya akunnya, tp lupa password😂

    ReplyDelete
  19. Komunikasi memang kunci banget, ya. Apalagi di era digital sekarang ini

    ReplyDelete
  20. weh aq baru tau dong kalo di sisternet ada aplikasi modul pintar dan banyak pilihan lagi, harus rajin pantauin instagram dan sering2 kunjungan ke webnya nih biar bisa ikutan salah satu acaranya

    ReplyDelete
  21. Dengan begini perempuan indonesia akan semakin cerdas ya mba. Acaranya seru dan bermanfaat banget ini.

    ReplyDelete
  22. wah Baru tahu ini XL bikin sisternet kumerasa kudet jadinya hahhaha

    setuju sama 5 point dalam mendidik anak di era digital beneran PR buat ortu y mba zaman sekarang itu ortunya jg mesti bnyk knowledge

    ReplyDelete
  23. Poin terakhir bener banget tuh.. melarang anak main gadget bukan hal bijak secara anak dikenalkan teknologi sejak dini.. tapi kudu dibatasi

    ReplyDelete
  24. Baru tahu ada modul Sisternet..kemana saja diriku huhuhu..
    Setuju dengan tisp parenting di atas, terutama jangan larang anak menggunakan gadget tapi batasi (meski sulit sekali)
    Thanks for reminding me Mbak Wian

    ReplyDelete
  25. Wah cocok nih buat aku yang ibu ibu tapi suka gaptek. Hehe jadi perempuan zaman now emang harus melek ilmu dunia digital juga yaa biar nambah wawasan dan skill.

    ReplyDelete
  26. Wah modul sisternet ini sangat bermanfaat membantu ibu2 jaman now nih

    ReplyDelete
  27. Wah keren nih. sudah ada Sisternet yg pastinya bakal membantu banget untuk kaum perempuan di indonesia dalam mengakses ilmu2 yg bermanfaat. Belajar mudah soal kesehatan, pendidikan anak sampai soal entrepreneur juga. mantul lah ini.

    ReplyDelete
  28. Keren nih aku baru tau ada sisternet. Bikin perempuan jadi lebih pintar dan siap mengikuti perubahan zaman. Thans for sharing mbak..

    ReplyDelete
  29. Uuuh cinta deh, makin praktis aja nih bikin modul

    ReplyDelete
  30. Alhamdulilah, aku bersyukur karena ditakdirkan menjadi seorang perempuan. Baru tahu kalau ada sisternet setelah baca postingan ini. Langsung mau follow sosil media sisternet ah...

    ReplyDelete
  31. Sepakat mba. Aku lebih suka mengajari anak bijak pakai gadget ketimbang melarangnya, karena kan memang gadget dan teknologi sudah jadi bagian dari jaman mereka tumbuh :)

    ReplyDelete
  32. Wah baru tahu nih saya modul sisternet ini. Pastinya membantu banget bagi para ibu buat mengembangkan potensinya ya

    ReplyDelete
  33. Wah jd pengen dunlud juga modul2nya, lengkap ya, kyknya buat belajar si kecil jg ada. Memang literasi digital buat perempaun itu penting, biar bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, gk cuma dipakai buat war-war'an #eh :D
    TFS infonyaaaa

    ReplyDelete
  34. Wah aku jadi penasaran ini sama modul pintar dari sisternet, langsung menuju ke tkp ah. Makasih ya mbak Wian sharingnya

    ReplyDelete
  35. wah udah 13rb orang yang akses sisternet yah. Aku juga harus jaid anggota nya nih dan mulai belajar banyak dari situ. Ketinggalan banget pasti huhu

    ReplyDelete
  36. bener banget didik anak sesuai jamannya ya.
    dan aku jadi tertarik pengen ikut kelas ini. ada kelas soal fotografi buat emak2 gak ya haha

    ReplyDelete
  37. selalu suka dengan sisternet yang memberdayakan perempuan :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih