Hindari Kehadiran Orang Ketiga Dengan Sundate



Kehadiran orang ketiga di dalam pernikahan, atau yang biasanya dikenal dengan sebutan pelakor (perebut laki orang) atau pebinor (perebut bini orang) beberapa kali menjadi viral di dunia maya. Ternyata bukan hanya di dunia maya, dimana biasanya kita enggak mengenal mereka, cerita mengenai kehadiran orang ketiga juga terjadi di kehidupan sekeliling kita. Begitu pun di kehidupan sekitar aku. Beberapa kali mendengar dan menyaksikan langsung hal ini terjadi di kehidupan pernikahan orang-orang terdekat aku. Kehadiran orang ketiga ini sebenarnya bisa saja kita cegah. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperkuat hubungan pernikahan dan mencegah kehadiran mereka, salah satunya dengan sundate.



Beberapa kali aku mendengar cerita langsung dan menyaksikan langsung kehidupan rumah tangga orang-orang terdekat terancam karena kehadiran orang ketiga. Ini sebenarnya racun yang mematikan yang datangnya kadang enggak disadari.

Ada beberapa hal yang menyebabkan masuknya orang ketiga di tengah-tengah keluarga kita. Salah satunya adalah enggak adanya rasa bahagia dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Iya dong ya, kalau kita selalu bahagia, insyaAllah enggak akan ada ruang di hati dan pikiran untuk orang ketiga. Hati dan pikiran kita hanya dipenuhi dengan rasa bahagia yang setiap saat kita rasakan ketika bersama keluarga.

Definisi bahagia untuk setiap orang tentu berbeda-beda ya. Apa definisi bahagia menurut kamu? Menurut aku pribadi, bahagia adalah ketika aku bisa melakukan hal-hal yang aku inginkan sesuai passion tanpa kendala apapun, bahagia adalah ketika melihat anak-anak bahagia, bahagia adalah ketika aku dihargai, bahagia adalah ketika dompet tebal (hahahahaha), dan banyaaakk lagi. Sebenarnya, bahagia itu sederhana. Cukup dengan bersyukur, rasa bahagia pasti akan selalu kita rasakan. Tapi bersyukur itu terkadang sulit dipraktekan. betul enggak?

Beberapa hal yang membuat kehidupan pernikahan bahagia, antara lain:

1. Berkomunikasi dengan baik

Komunikasi yang baik bukan hanya bicara loh, melainkan perlu adanya interaksi, saling mendengarkan, bertanya dan menaruh perhatian terhadap apa yang sedang dibicarakan.

2. Kita punya kehidupan kita masing-masing

Pernikahan bukan berarti kita melupakan kehidupan pribadi masing-masing. Kita tetap perlu punya pekerjaan yang selain menghasilkan uang tapi juga membuat kita sibuk, kita perlu mempunyai hobi yang membuat kita tetap bersemangat, dan kita juga perlu ruang untuk diri sendiri. Masalah dan stres pasti akan kita hadapi dalam menjalani kehidupan pernikahan. Me time merupakan cara untuk membuat kehidupan pernikahan seimbang.

3. Quality time bersama

Quality time jadi hal yang sangat berharga nih untuk keluarga masa kini yang biasanya, baik orang tua maupun anak-anak disibukkan dengan kegiatan masing-masing dari pagi hingga sore bahkan malam. Enggak jarang baru bisa berkumpul lengkap ya di malam hari setelah selesai dari kegiatan masing-masing dimana biasanya energi sudah tinggal sisa-sisa.


QUALITY TIME MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN
DAN KEHARMONISAN KELUARGA


Semua juga tahu ya kalau cuma teori mah gampaaangggg. Prakteknya yang susah. Hahaha.. Begitu juga dengan teori mengenai pernikahan bahagia yang sedikit aku sebutkan di atas. Pada kenyataannya susah banget dijalani, terutama terkait komunikasi dan quality time.

Mengingat kesibukan kami pada hari senin-jumat sangat padat dan jarang sekali bisa berkumpul berempat. Satu-satunya waktu pada hari senin-jumat untuk berkumpul berempat adalah pada malam hari. Itu pun kalau krucils belum pada tidur. Karena jam sekolah mereka yang sampai sore, terkadang membuat mereka sudah terlelap di waktu maghrib. Jadi ketika aku dan suami sampai rumah, ya enggak bisa ngobrol-ngobrol deh dengan krucils. Kalaupun mereka masih terjaga, energi kami di malam hari tinggal sisa-sisa. Kondisi badan yang lelah terkadang membuat komunikasi menjadi enggak efektif yang kadang justru memancing emosi.

Makanya di awal aku sebutkan, quality time merupakan hal yang sangat berharga. Terutama untuk keluarga kami, dan mungkin keluarga yang lain. Weekend jadi saat yang paling berharga untuk memiliki quality time bersama keluarga. Sebisa mungkin di dua hari itu atau di salah satu hari, kami selalu menghabiskan waktu bersama. Entah hanya sekedar ngobrol dan bercanda di rumah atau pergi keluar rumah bersama-sama.

Quality time yang biasanya kami lakukan di weekend, adalah :

1. Berenang Bersama 
Setiap hari Minggu pagi, kami rutin berenang bersama di salah satu sports club di dekat rumah. Sambil mengantar krucils les renang, kami manfaatkan waktu ini untuk mempererat hubungan kami. Ketika krucils les renang, aku dan papandut akan memanfaatkan waktu untuk berolahraga. Setelah krucils selesai les renang, maka saatnya kami bermain bersama di dalam air. Permainan seperti lempar koin ke dalam kolam atau lomba berjalan di dalam air sambil menggendong krucils, adalah hal yang biasanya kami lakukan.

pernikahan bahagia orang ketiga dalam pernikahan sundate quality time keluarga


2. Menonton Film
Boleh dibilang kami adalah keluarga yang termasuk sering mengajak krucils menonton film bioskop, apalagi kalau ada film kartun atau film keluarga yang baru tayang. Nontonnya sih enggak usah jauh-jauh ke Jakarta, cukup di mall sekitar rumah saja. Yang terpenting adalah waktu bersamanya. Dalam keadaan santai seperti ini biasanya komunikasi mengalir begitu saja, yang tanpa sadar kita sudah saling menceritakan banyak hal.

pernikahan bahagia orang ketiga dalam pernikahan sundate quality time keluarga




3. Memasak Bersama
Rusuh sih pastinya, dan dapur pasti akan seperti kapal pecah. Apalagi krucils yang masih kecil yang belum paham betul tentang memasak. Tapi kegiatan ini seru juga loh untuk dilakukan bersama di saat weekend dan enggak ada kegiatan di luar rumah.

pernikahan bahagia orang ketiga dalam pernikahan sundate quality time keluarga




***

Salah satu cara untuk menghindari hadirnya orang ketiga dalam pernikahan adalah rasa bahagia dalam menjalani pernikahan dan keharmonisan keluarga. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Ibu Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life,

"Menurut data BPS, dimensi keharmonisan keluarga memiliki pengaruh tertinggi dalam membentuk kebahagiaan seseorang, dengan indikator sebesar 80,5. Sun Life memahami pentingnya keharmonisan keluarga dalam membantu meningkatkan kebahagiaan seseorang. ..."

TINGKATKAN KEBAHAGIAAN KELUARGA MELALUI SUNDATE


Sundate, terdiri dari 2 kata yaitu sun dan date yang bisa diartikan ngedate di hari minggu. Apa sih Sundate itu?

pernikahan bahagia orang ketiga dalam pernikahan sundate quality time keluarga




Sundate merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September 2018, dan sebagai wujud apresiasi Sun Life atas loyalitas pelanggannya. Sundate yang berlangsung di 5 kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Medan, memberikan pengalaman yang menyenangkan bersama keluarga untuk menciptakan quality time. Kegiatan Sundate ini melibatkan 3.000 nasabah Sun Life dan keluarganya.

Selain sebagai wujud apresiasi Sun Life atas loyalitas pelanggannya, Sundate mengajak masyarakat Indonesia untuk membangun hubungan yang berkualitas bersama keluarga dan orang terkasih melalui aktivitas bersama, salah satunya dengan memanfaatkan momen akhir pekan. Ajakan ini sejalan dengan komitmen Sun Life, sebagai mitra perencana keuangan terpercaya, dalam membantu masyarakat menikmati setiap momen dan tahap kehidupan dengan lebih nyaman, mewujudkan keluarga sehat dan bahagia.

pernikahan bahagia orang ketiga dalam pernikahan sundate quality time keluarga

pernikahan bahagia orang ketiga dalam pernikahan sundate quality time keluarga




***

Yuk kita raih kebahagiaan kita dan selalu jaga keharmonisan keluarga #lebihbaik dengan meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. Salah satu caranya adalah ngedate bareng keluarga di hari Minggu #Sundate2018.

***

Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Jangan lupa di share ya...



35 comments

  1. Jangan sampai deh ada orang ketiga dalam pernikahan kita, karena orang ketiga itu biasanya setan hihihi.

    Quality time bareng emang cara termanjur ya, terlebih dengan sundate bareng.
    Salut banget ama Sunlife selalu hadir dengan inovasi yang sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Mom Wian yang ditulis kamu berner banget, this a real dan itu kenyataan..
    Tidak ada waktu bersama, membuat rasa bahagia susah di dapat, kalo sudah bringin org lain bisa memanfaatkannya dgn nyelio di hubungan si pasangan sah ini ...
    Sundate emang butuh banget, tapi yg lebih penting penting kesadaran pasangan juga untuk trs mempertahankan, menjaga dan mepmupuk kebahagian ya, kaya ini salah satunya Sundate..

    ReplyDelete
  3. Olala...dapat istilah baru 'sundate' 😂. Tapi iya banget sih mesti diluangkan waktu bersama yang berkualitas sebelum kejadian yang tidak diharapkan datang 😊

    ReplyDelete
  4. Aku ngeri sama pelakor hihihi memang penting banget quality time bersama keluarga biar semua bahagiaa

    ReplyDelete
  5. Serem kalau sampai pelakor jadi orang ketiga dalam rumah tangga. Sinergi antara suami istri untuk menciptakan qualitu time bersama anak2 memang penting bgt ya, apalagi era gadget dan internet ky skrg ini.

    ReplyDelete
  6. Kehadiran orang ke tiga bagaikan pisau tusuk ke jantung. Sakit. Quality time bikin kita makin dekat dengan pasangan dan juga makin cinta

    ReplyDelete
  7. duh, semoga gak ada lagi orang ketiga didalam rumah tangga ya mbak.. ngeri sendiri aku jadinya :D

    ReplyDelete
  8. Seru banget kalau sering ngedate begini keluarga tambah harmonis ya

    ReplyDelete
  9. Penting banget yah Quality time setelah berkeluarga. dulu waktu single kita punya banyak waktu me time. Quality time membuat relationship kita menjadi lebih akrab dan harmonis.

    ReplyDelete
  10. Udah paling gregetan deh kalau udah ada cerita tentang orang ketiga. Tetapi, memang salah satu penyebab kenapa ada orang ketiga karena mungkin komunikasi yang kurang baik di keluarga. Memang yang namanya komunikasi hars selalu dijaga, ya

    ReplyDelete
  11. Quality Time seperti ini memang harus jadi agenda rutin keluarga ya Mbak.. bisa mengusir jenuh dan refreshing otak dan hati dari kepenatan..

    ReplyDelete
  12. Quality tine bersama keluarga memang menciptakan kedekatan hati yang dalam

    ReplyDelete
  13. Aku dan keluargapun lbh srg bareng gini ya pas weekend mba. Senin ampe jumat udh ga mungkin. Sabtu pun kadang susah. . Apalagi kalo suami ada tugas kasih training di cabang2 luar kota.. Wassalam udh ketemunya :p. Makanya aku juga srg planning libur bareng anak2.. Ngabisin cuti sekalian. Supaya ttp terjagalah kualitas kebersamaannya.. :)

    ReplyDelete
  14. Melakukan quality time bersama keluarga memang penting banget ya mbak untuk mencapai kebahagian yang sesungguhnya. Duh jangan sampai deh ada orang ketiga dalam kehidupan rumah tangga.

    ReplyDelete
  15. Bahagia mba wian sama dengan saya. Bahagia kalau dompet tebal.. eh..

    Yes, bahagia masing2 org itu berbeda. Tapi sebisa mgkn bahagia yg tidak merugikan orang lain. Kalau pelakor dan pebinor kan bahagia yg merugikan org lain.

    ReplyDelete
  16. Kehadiran orang ketiga emang momok menakutkan banget deh mom. Bener komunikasi dan quality time itu penting banget.

    ReplyDelete
  17. Hush hush jauh jauh deh dr pebinor pelakor dan teman temannya. Naudzubillah.
    Mmg perlu diusahakan ya mbk. Slh satunya dg quality time ikut sundate begini. Ketawa2 dan bahagia.

    ReplyDelete
  18. Kayaknya aku butuh lebih banyak nih quality time sama anak-anak & suami. Butuh direncanakan kalau ingin mencapai kebahagiaan bersama.

    ReplyDelete
  19. Kegiatan memasak bersama tuh memang menyenangkan ya mba. Apalagi dilakukan bersama keluarga. Aku pun kadang sempatkan berenang bersama keluarga

    ReplyDelete
  20. Judulnya ngeri2 sedep hehe. Tapi emang betul, buat keluarga kudu ada family time yg berkualitas ya mbak. Bisa piih saat hari libur. Kalaupun gak kemana2 bisa beraktivitas bersama di hari libur yg bikin happy yaaaa

    ReplyDelete
  21. Judulnya eye catching mom, hehe. Betul, menjaga komunikas itu kunci daa tentunya kudu sering jalan bareng hehe

    ReplyDelete
  22. Duh mbak baca judulnya aja aku udah gimana gitu, jangan sampai ya mbak ada orang ketiga. Sama2 mendoakan aja ya mbak langgeng selalu

    ReplyDelete
  23. Bener banget mba, makasih sharingnya ya, sangat bermanfaat bagi saya😉

    ReplyDelete
  24. Penting banget ya waktu bersama keluarga ini. Supaya hub keluarga makin kuat

    ReplyDelete
  25. Ngeri ya sekarang zamannya pelakor, jadi kita untuk membentengi keluarga ya dengan cara membersamai mereka setiap hari ya mbak ... makasih sharingnya ya mbak Wian

    ReplyDelete
  26. Keren bangeett ini mbaaa

    Ga sabar nunggu d sby

    ReplyDelete
  27. Seru ya acara Sundate gini, jadi bonding antara orang tua dan anak makin erat.

    ReplyDelete
  28. bahagia itu ... ketemu jodoh, nikah, punya anak2 yg sehat dan keluarga sakinah mawadah warahmah #jeritanhatijomblowan LOL

    ReplyDelete
  29. Wah Pelakor dan Pebinor nih emang lagi buming ya, ga bisa menyalahkan mereka juga, yang ada justru harus bebenah diri, intropeksi diri hihii
    Semoga dijauhkan dari hal hal yang ga diinginkan yaa..
    MarIi Sundate...

    ReplyDelete
  30. Menjaga keharmonisan keluarga memang sangat penting. Apalagi jika sudah ada anak-anak. Ide tentang untuk ngedate atau sundate bagus juga. Walaupun sudah menikah memang tetap ada quality time, baik itu dengan anak-anak maupun hanya berdua. Kalau saya pakai ilmu'nya Gary Chapman tentang 5 Bahasa Cinta.
    Thanks for sharing Wian.

    ReplyDelete
  31. alhamdulillah aku selalu ada waktu buat spend time bareng anak dan keluarga, apalagi pacaran sama suami, biasanya sih ada movie date gitu hehehe atau sekedar makan bareng

    ReplyDelete
  32. Komunikasi yg baik jadi kunci keharmonisan rumah tangga..dan waktu bersama menjadi kegiatan mempererat hubungan keluarga. Begitulah yg saya pelajaro dr sinetron burung terbang itu..haha btw baru tahu ada program Sundate dr sun life. Menarik tuh programnya.

    ReplyDelete
  33. hihihi, acara masak jadi seru kalo anak2 bantu ya mba, biarpun berantakan dikitttt

    ReplyDelete
  34. Quality Time kadang terabaikan ya. Nggak ada alasan sibuk. Tapi memang harus di jadwalkan. Kayak pacaran aja dulu kan bisa. Hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih