Keseruan Acara Jakarta Modest Fashion Week 2018

modest fashion weeks jakarta modest fashion week markamarie official think fashion co modest fashion week 2018


Sudah tau kan ya kalau akhir bulan kemarin ada acara kece bertaraf internasional yaitu Jakarta Modest Fashion Week yang berlangsung selama 4 hari (26-29 Juli 2018) di Gandaria City, Jakarta Selatan. Ada yang kesana? Alhamdulillah aku sempat kesana di hari terakhir. Kira-kira aku dapat apa aja ya disana? Ada yang bisa tebak?

Baju?

Hahahaha kalau tebakan kalian ini, tega deh ih sama aku. Kenapa aku dicap doyan belanja? *padahaliya*. Bukaaaannn bukan baju kok.

Ngomong-ngomong, ada yang belum tahu tentang Jakarta Modest Fashion Week?

TENTANG JAKARTA MODEST FASHION WEEK





Jakarta Modest Fashion Week merupakan ajang modest fashion internasional organized by Think Fashion dan Markamarie. Pendirinya sendiri adalah Franka Soeria asal Indonesia dan Ozlem Sahin asal Turki. Ajang ini sudah berlangsung 4 kali sejak 2016, dan dilangsungkan di negara-negara yang berbeda. Mulai dari Istanbul, London, Dubai, dan Jakarta. Bangga banget enggak sih Jakarta dipercaya sebagai negara berlangsungnya perhelatan Jakarta Modest Fashion Week ini.


Modest sesuai artinya adalah sopan/santun. Kalau dalam fashion maknanya busana tertutup yang bisa dikenakan siapa saja yang menyukai style ini, baik hijab non hijab, muslim non muslim.


Aku suka banget dengan acara-acara fashion seerti ini. Selain bisa beli baju dimana biasanya berbagai brand numplek tuh di satu tempat jadi lebih banyak pilihan, jadi tahu juga trend fashion sekarang ini. Meskipun bukan orang yang mewajibkan diri selalu ikut trend, enggak salah dong ya kalau selalu update akan hal itu. Naahh lain ceritanya di Jakarta Modest Fashion Week 2018 kemarin, aku dapat lebih banyak dari itu.



Selain fashion show, Jakarta Modest Fashion Week 2018 penuh dengan talkshow edukasi yang pastinya sangat bermanfaat untuk pegiat modest fashion, enterpreneur, komunitas, dan influencers, dengan perannya masing-masing di dunia modest fashion juga pemberdayaan masyarakat disekitarnya. Jakarta Modest Fashion Week dihadiri oleh pengunjung beda bangsa dan bahasa. Diantaranya adalah pembicara internasional, influencers dari Indonesia dan Mancanegara, buyers, dan media.



Begitu memasuki pintu utama di south mainstreet lobby, kita akan langsung disambut backdrop Jakarta Modest Fashion Week yang pastinya dijadikan spot foto. Lihat spot begitu, langsung lah ya aku berpose. Hehehe. Backdrop enggak cuma berada di south mainstreet lobby, namun ada juga di north lobby dimana acara fashion show diadakan selama 4 hari.


Sepanjang jalan dari south mainstreet lobby menuju piazza, tempat dimana berbagai talkshow diadakan, mata aku dimanjakan dengan berbagai pilihan baju dari berbagai brand dan designer yang bukan hanya dari Indonesia saja. Dari mulai baju muslim, baju pria, hingga baju anak-anak. Enggak ketinggalan, ada juga beberapa patung yang dipajang mengenakan baju rancangan para designer. Ngileeerrr aku lihatnya. Dan sakit hati karena ituuu bajunya pada panjang-panjang banget, harus bongkar sana sini kalau aku yang pakai. Wkwkwkw...




GROW YOUR BUSINESS WITH COMMUNITIES

Talkshow di hari terakhir dimulai sekitar jam 11.30 dengan tema Grow Your Business With Communities. Para pembicaranya adalah Wardah Fajri (from Bloggercrony Community-Indonesia), Women of Haya-Singapore, House of Perempuan-Indonesia, Susan Emir (from Rumah Sabine-Indonesia), dan Isyef (Indonesia).


Para pembicara menjelaskan mengenai komunitas yang mereka bentuk. Dan mereka juga menjelaskan pentingnya komunitas dalam berbagai aspek, salah satunya adalah untuk mengembangkan passion dan bisnis.




THE COUNCIL OF MODEST FASHION


Talkshow berikutnya menghadirkan Franka Soeria (founder ajang Modest Fashion Week, asal Indonesia), Ozlem Sahin (founder ajang Modest Fashion Week, asal Turki), dan Dilyara Sadrieva (hijabers asal Rusia yang juga peneliti modest fashion di berbagai negara). Di sesi kedua ini dijelaskan mengenai perkembangan dunia fashion di seluruh dunia terutama pakaian muslim.

ki-ka : Dilyara Sadrieva - Ozlem Sahin - Franka Soeria



DESIGNERR PRESS CONFERENCE


Berikutnya, acara dilanjutkan dengan press conference dari para designer yang hasil karyanya akan ditampilkan dalam fashion show pada sore harinya. Mereka adalah designer dari berbagai brand yaitu Markamarie (Indonesia), Medina Zein (Indonesia), Hijab Sabine (Indonesia), Lina Sukijo (Indonesia), Uma Privee (Indonesia), Fllumae (USA). Mereka menjelaskan mengenai konsep design dari baju yang akan ditaperagakan pada fashion show sore harinya. Aku speechless. Mereka masih tergolong muda loh, tapi idenya luar biasa hingga hasil karya mereka bisa booming di pasaran.

ki-ka : Markamarie - Lina Sukijo - Uma Privee -Fllumae -  Hijab Sabine - Medina Zein.


THE SECRET OF GLOBAL BUYING PROCESS


Talkshow sesi kali ini menghadirkan founder Kazecastudio (Australia) dengan moderator Sania Alma. Kazecastudio merupakan modest fashion studio yang menawarkan pakaian dari para designer khususnya yang ada di Australia. Dalam menjual baju rancangan designer, kazecastudio enggak hanya melihat dari modelnya, tapi ia justru lebih mengedepankan customernya. Apakah baju itu bisa digunakan atau tidak oleh customer. Para designer sah-sah saja tetap mempertahankan "gaya"nya. Namun jika niat mereka adalah untuk menghasilkan keuntungan dengan menjualnya, sebaiknya lebih memikirkan apa yang bisa dipakai oleh pelanggan kebanyakan.

Hooo aku jadi paham kenapa banyak designer-designer Indonesia juga membuat label pakaian yang dikhususkan untuk pemakaian rutin. Karena biasanya ya karya designer itu sungguh wow hingga kadang aku berfikir, "mau dipakai kemana ya?"



***

Di tengah-tengah acara talkshow, disempilin juga kompetisi sosial media. Siapa yang paling banyak melakukan reportase, maka akan mendapatkan souvenir dari Jakarta Modest Fashion Week 2018. Dan aku sebagai salah satunya. Hihihi.




Selain beberapa talkshow yang sedikit aku ulas di atas, masih banyak lagi beberapa talkshow di hari terakhir kemarin sebelum Jakarta Modest Fashion Week 2018 ditutup dengan fashion show dari beberapa designer seperti Medina Zein (Indonesia0, Imen Bousnina (Austria), Hijab Sabine (Indonesia), Lina SUkijo (Indonesia), Fllumae (USA), Uma Privee (Indonesia), Dian Pelangi (Indonesia), Etu (Indonesia), dan lain sebagainya.

Sayangnya, karena acara terakhir Jakarta Modest Fahion Week 2018 jatuh di hari minggu dimana besoknya aku harus kembali berangkat ngantor di pagi hari, jadi aku enggak mengikuti serangkaian acara sampai habis.

Meskipun aku enggak mengikuti sampai akhir dan enggak mengikuti sejak hari pertama, tapi aku sangat puas dan senang dengan kehadiran aku di hari terakhir Jakarta Modest Fashion Week 2018. Dan yang pasti aku bangga banget Jakarta bisa menjadi tuan rumah dalam perhelatan fashion bertaraf internasional dan Blogger Crony bisa menjadi official partner acara Jakarta Modest Fashion Week 2018.

Bersama teman-teman blogger
Pic from FB Mba Oline
***

Sampai ketemu di acara Modest Fashion Week berikutnya. Kira-kira di negara mana ya?


26 comments

  1. Hmmm acara yang menampilkan keindahan baik itu busana ataupun modelnya pasti seru ya mbak, semoga Jakarta jadi pusat fashion juga ya

    ReplyDelete
  2. Pasti seru dan mendapat pengalaman yg luar biasa ikutan acara Fashion week ini ya mbak.
    Keren deh acara perhelatan fashion bertaraf internasional dan Blogger Crony bisa menjadi official partner acara Jakarta Modest Fashion Week di tahun ini. Moga next saya bisa ikutan

    ReplyDelete
  3. JMFW memang acara fashion yang keren abis ya ka..sayang banget saya ga bisa datang menyaksikannya. Ini termasuk acara tahunan ya ka?

    ReplyDelete
  4. Wah, bajunya modis2 nih. Mau dunk dilemparin satu aja ke sini wkwkwk. Soalnya kn gak bisa milih & lihat langsung ke sana.

    ReplyDelete
  5. Karya designer anak muda Indonesia khususnya boleh dikatakan udah bisa bersaing hebat lho di kancah dunia.. Semoga acara ini ada terus selalu

    ReplyDelete
  6. Senang banget bisa hadir mba..aku kemarin pas ngga bisa karena pas berbarengan ada acara.
    Aku baca pelan-pelan tulisannya..
    jadi berasa lagi datang ke acara nya...

    Terima kasih sharing nya mba

    ReplyDelete
  7. Seru bangey acaranya, membuka wawasan buat penghobby fashion. Juga bisa jadi ide untuk ciptain disain-disain kekinian

    ReplyDelete
  8. Duh bundaa yg satu ini memaag modis sangatt deeeh looks like 17yearsold girl 😍 emang wanita ga bs lepas dr fashion, akupun juga walau selalu serba biru XD

    ReplyDelete
  9. Cakeep mba tampilan fashionnya pas acara JMFW, foto-fotonya juga cakeep... aah pengen deh diundang ke acara begituan.

    ReplyDelete
  10. Acaranya cocok banget ama bunda Wian yang cara berpakaiannya enak dilihat dan cantik lagi hihihi

    ReplyDelete
  11. Aduuuh sayang bgt sudah lewat ya acaranya.. huhuhu.. seru juga kalau bisa liat2 baju yg kepanjangan.. xixixi sapa tau disaya muat. Soalnya ukuran saya tuh termasuk susah dptnya.. huhu

    ReplyDelete
  12. Wah, keren juga ya blogger crony bisa jd partnernya. Mupeng deh ikutan begini. Baru tau jakarta jadi tuan rumah diperhelatan fashion bertaraf internasional begini. Kereen.

    ReplyDelete
  13. urusan fashion saya juga suka
    cuma karena di daerah acara seperti ini langka
    paling pas ada kegiatan trus ada bazaar
    senang liat model pakaian yang modis dan kekinian
    tp gemes karena ga sesuai ukuran badan yang semekot hehehe

    ReplyDelete
  14. Mbak wiaaann, itu dapat hadiahnya apaan? Seru ih ya, aku sempet pengen dateng tapi anak-anakku kok pas demam hiks

    ReplyDelete
  15. Ya ampun ngiri banget nggak bisa datang di acara kece gini mba. Pembicaranya pun bagus bagus dan bermutu banget. Biasanya baju diskon juga mba. Hehs

    ReplyDelete
  16. Next pengen datang ah kalau ada acara Modest Fashion Week lagi. Seru kayaknya. Kemarin saya pas sakit jadinya nggak bisa datang. Nyesel banget rasanya

    ReplyDelete
  17. Cocok banget deh Mba Wian ikut acara ini karena memang keliatan stylist banget. Suka dgn pilihan busananya.

    ReplyDelete
  18. Kita ga ketemu ya di acara ini, beda hari sih. Aku dateng hari jumatnya. Naksir berat sama baju-baju yang dipamerkan. Harganya juga terjangkau untuk ukuran belanja di mall.

    ReplyDelete
  19. Aduh keren maksimal ini acara. Gimana caranya bisa berada di acara ini mbak? Anyway, mbaknya cantik dan fashionable banget.

    ReplyDelete
  20. We are a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your site provided us with valuable info to work on. You've done an impressive job and our entire community will be grateful to
    you.

    ReplyDelete
  21. My relatives every time say that I am wasting my time here at net, however I
    know I am getting experience all the time by reading thes nice articles or reviews.

    ReplyDelete
  22. Wiih seru banget mbak! :D selamat menang souvenir menarik hihi

    ReplyDelete
  23. wuaaaa asik banget ini mbak wian, dapat kesempatan untuk hadir di acara JMFW.. selamat juga buat Blogger Crony sebagai official partnernya, kereeeeennnn acaranya ❤️

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah Indonesia dipercaya jadi tuan rumah untuk ajang internasional seperti ini ya mba. Maju terus dunia fashion Indonesia.

    ReplyDelete
  25. Modest fashion week yang mengutamakan busana sopan ,pastinya akan membuat kenyamana bagi si pemakai.

    ReplyDelete
  26. Seru banget ya acara Jakarta Modest Fashion Week ini, aku saja banyak belajar lewat beberapa talkshow setiap harinya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih