Oleh-Oleh Khas Solo Yang Harus Aku Beli


Lebaran sebentarlagi...
Berpuasa dengan gembira...
Menahan lapar menahan nafsu...
Melatih diri sedari kecil...

Ada yang masih ingat lagu ini? Yap, lagu yang dipopulerkan oleh Gigi ini mengingatkan kita kalau beberapa hari lagi hari kemenangan, yaitu lebaran, akan segera tiba. Horeeee... Alhamdulillah. Selain baju baru, lebaran identik juga dengan mudik atau pulang kampung. Semua orang sungguh excited menyambut hari Lebaran di kampung halaman masing-masing. Salah satu yang pasti ramai di setiap daerah saat lebaran adalah toko oleh-oleh khas daerah tersebut. Dan aku pasti akan berburu oleh-oleh khas Solo, nanti.

Aku sendiri selalu menjalankan ritual mudik setiap lebaran tiba. Kali ini adalah giliran Solo yang menjadi daerah tujuan kami untuk mudik, setelah sekian lama enggak mengunjungi Solo. Lebaran kali ini aku akan ke sana bersama papandut dan krucils. Bagi krucil kecil, ini kali perta ia menginjakkan kaki di Solo loooh. Kebayang kaaannn udah berapa lama tuh aku enggak pernah ke Solo.

Terus terang aku bingung mengenai oleh-oleh apa yang harus aku beli nanti. Yang aku ingat, waktu kecil, setiap ke Solo, Bapak dan Ibu pasti membeli beberapa oleh-oleh Solo yang aku sebutkan di bawah. Dan itu masih terus teringat sampai sekarang. Itulah mengapa, oleh-oleh khas Solo ini harus aku beli nanti untuk bernostalgia.

Oleh-oleh Khas Solo yang harus aku dan kamu beli. Dikumpulkan dari pengalaman pribadi dan beberapa sumber di google ya.

1. Surabi Notosuman

Pic from : traveloka.com

Surabi merupakan kue tradisional yang berbahan dasar tepung beras dicampur dengan santan. Rasanya beraneka ragam, mulai dari meses, keju, potongan pisang, sampai dengan potongan nangka.

2. Inthip

Pic from : traveloka.com

Ini kesukaannya Ibu dan Bapak nih. Bentuknya seperti mangkuk besar, dan terbuat dari kerak nasi dan disiram dengan saus yang terbuat dari gula jawa atau polos dengan taburan garam saja. Kamu bisa memilih mana yang kamu suka dari dua varian tadi.

3. Ampyang


Yang suka kombinasi rasa manis, asin, dan pedas, kayaknya harus deh nyoba ampyang. Ampyang ini berbahas dasar kacang tanah atau kacang mete yang dicampur dengan gula merah.

4. Bolu Orion


Ditengah bertebarannya bolu-bolu dengan nama artis, bagi aku, bolu orins ini masih paling juara. Untuk yang penasaran, bisa langsung ke tokonya.

Toko Roti Orion
Jalan Jend. Urip Sumoharjo No. 80 Purwodiningratan, Jebres, Kota Surakarta
Jawa Tengah

Nahhh, di Toko Roti Orion ini, kamu bisa sekalian beli oleh-oleh khas solo lainnya, karena Toko Roti Orion juga merupakan Toko yang menjual oleh-oleh khas Solo.

5. Batik Laweyan


Sebenarnya Laweyan ini adalah nama salah satu daerah di Solo, yang menjadi salah satu pusat batik tertua dan terkenal di Solo. Lebih dikenal dengan nama Kampung Batik Laweyan. Jadi, kalau kamu kesini, kamu akan menemukan rumah-rumah yang dijadikan tempat menjual dan membuat batik. Dijamin kamu akan bingung memilihnya. 

***

So, Lebaran tahun ini kalian mudik kemana? atau malah enggak mudik? Apabila tujuan mudik kamu sama kayak aku, ke Solo, jangan lupa yang membeli oleh-oleh yang tadi aku sebutkan di atas. Dan jangan lupa coba naik becak yang bentuknya lebih besar dibanding yang dulu ada di Jakarta.


Tulisan ini merupakan respon trigger dari #KEBloggingCollab yang ditulis oleh Mak Nur Rochma tentang Oleh-Oleh Khas Tuban.


39 comments

  1. serabinya mantep.. apalagi dimakan hanget2.. :)

    ReplyDelete
  2. Inget solo Inget bpk. Presiden hehe.. Wah macem2 ya oleh2 di solo, pasti kulinernya juga lebih beraneka dan enak. Oia itu gula yng ditaburi kacang Aku Baru tau namanya ampyang haha, inthip juga kesukaaan ku, Kalo serabinya penasaran Kaya APA rasanya soalnya setiap daerah punya ciri khas serabi Yang unik2 ya.. Baca ini jadi pengen ngemil #ops Buka masi lama.. hehe

    ReplyDelete
  3. Cuma ampyang aja yg aku ga doyan hahahaha.. Yg lainnya suka banget. Ama roti manis orion juga enak mba.. Trus abon nya. Pokoknya tiap aku mudik ke solo pasti puas makan di sana.. Belum lagi kuliner beratnya :D. Jd kangen solo. Udh lama bgt ga mudij

    ReplyDelete
  4. Maunya aq mengulas tentang oleh2 khas Gresik soalnya ada toko oleh2 khas Gresik di rumah. Tp gak sempat2 nih. Belum beli laptop baru buat ngeblog.

    ReplyDelete
  5. Hihihi ampyang kesukaan ku. Aku juga mudik ke solo nih kayaknya harus aku catet buat masuk ke daftar list oleh oleh wajib di beli

    ReplyDelete
  6. Wah saya belum pernah ngerasain surabu yang mesesnya keju. Biasanya selalu oncom mulu atau telur hihihi. Dari makanan di atas, banyak ternyata yang belum pernah saya rasain. Mungkin karena main saya belum jauh kali ya heheh

    ReplyDelete
  7. Aduuh pengen banget jalan-jalan ke Solo. Pokoknya kalau ke sini must try banget sama soerabinya. Semoga next bisa mampir ke sini.

    ReplyDelete
  8. surabiiii enakkkkk... cuma aku nggak brani mbak bawa itu soalnya takut lama dijalan abis malah aku makan wkkwkkwkw.. emak suka banget sama intip kalo ke solo aku juga mau beli itu ah

    ReplyDelete
  9. Surabi itu kupikir makanan khas Bandung ternyata di Solo pun ada ya. Noted banget kalau ke Solo nanti beli oleh2 makanan dan kain itu hehe TFS

    ReplyDelete
  10. Mantap ya oleh2nya. Yang pernah aaya makan Ampyang, jajanan saya waktu SMP dulu. Rasanya manis2 gurih gitu. Enak deh

    ReplyDelete
  11. wah mantaap banget panganannya jadi ngileeeer

    ReplyDelete
  12. Semuanya Mpo pernah coba. Kalau mpo kesolo pastinya beli. Enak dan rasanya murah

    ReplyDelete
  13. Aku biasanya mudik ke Solo juga, si mbah selalu ngebekelin oleh2 makanan kampung diatas, kecuali bolu orion. Syukaa banget akuu ..
    Tahun sekarang ga mudik

    ReplyDelete
  14. Dan aku terpana pada surabi Notosuman hmmm... jadi terbayang kelejatannya! tuh kan jadi pengen order hehehe... thanks mas tulisannya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  15. Yaaah waktu ke Solo, nggak ada satuoun dari list itu yang aku datengin. Hiks. Tapi setiap lebaran gini, papaku selalu dapet kiriman Mandarijn dari tetangga. Oh ternyata kue ini begitu nyolo, ya sampai2 tetanggaku mengimpornya dari Solo

    ReplyDelete
  16. Waaaah. Harus sediakan kocek yang banyak niy buat beli semua oleh oleh nya. Penampakan bolu nya looks delicious. Dari solo bjsa nyebrang ke pulau karimun 6 jam naik kapal cepat. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  17. Mba aku mau titip ampyang hehhehe... Klo bolu orion ini asing loh buat ku,baru denger ini...jadi bisa utk refrensi klo ke solo...mksh banyak ya mba

    ReplyDelete
  18. kesukaan banget ampyang..Lebaran ini daku nggak mudik.. Karena memang belum pernah pulkam, efek kampungnya jauh, hehehe...

    ReplyDelete
  19. Wah, enak semua itu. Kesukaanku intip. Soalnya bisa awet lama. Selamat mudik dan belanja oleh oleh ya kakak... 😊

    ReplyDelete
  20. Wah daku pulang ke solo nih. Beli aaahhh

    ReplyDelete
  21. Sudah pernah nyoba semua makanannya kecuali bolu Orion. Penampakannya mirip spiku atau lapis Surabaya ya

    ReplyDelete
  22. Wah.. Aku thn lalu lebaran ke solo, berhubung aku suka makan, rasanya semua enak makanan di solo hahaha... Yg ga pernah ketinggalan kl dari solo aku suka beli klengkam, kerupuk rambak, brem, ada lagi sih yg lainnya.. Tp lupa apa lagi, sangking byk jenis makanan nusantara kita ini yaa..

    ReplyDelete
  23. Makanan Solo tuh enak-enak dan saya pernah makan surabi solo abis 5 biji abis enak rasanya trus teksturnya juga lembut.

    ReplyDelete
  24. Namanya inthip, ternyata itu sejenis kerupuk nasi. Hehehe

    ReplyDelete
  25. Daei kemarin aku baca tulisan solo semua. Duh kayaknya di kode suruh ke sana deh. Soalnya udah dari lama pengen. Hihihi. Yang pasti kalo kesana akan beli ampyang. Karena sukaaa banget

    ReplyDelete
  26. Tetep dong aku mah pilih Batik. Sajadah batik bagus loh di Solo.

    ReplyDelete
  27. Tiga jajanan pertama OMG! Mupeng banget! Aku juga suka makan surabi solo dan di Depok udah susah nyari yang jual panganan ini (kebanyakan surabi bandung) dan aku juga sering dapat oleh-oleh ampyang dari saudara yang liburan ke Solo. Kak Wian nggak ada rencana mau bikin jastip oleh-oleh Solo? Hehehe

    ReplyDelete
  28. Wah saya waktu itu ke Solo cuma beberapa jam saja untuk menghadiri kondangan. Ga sempat kulineran dan mampir beli oleh-oleh. Postingannya aku bookmark yaa Mba biar nanti bisa jadi contekan kalo main-main ke Solo lagi.

    ReplyDelete
  29. Waaah saya penasaran sama makanan inthip nih mba, baru dengar dan baru tahu :)
    Kalau dibandingan dengan rengginang sama atau beda ya sensasi rasanya,,

    ReplyDelete
  30. Aku kalau ke Solo selalu beli roti semir mbak, aduh itu enak banget dan kalau beli banyak banget. Hahahahahaa

    ReplyDelete
  31. Sego liwet solo, juga enak kak :)

    ReplyDelete
  32. serabi, bolu dan batik, my fave!

    ReplyDelete
  33. Aku belum pernah ke Solo, huhuhu T__T

    ReplyDelete
  34. whoaa bikin ngiler siang2 gini, di saat makanan lebaran menipis, jadi pengen banget makan surabi...

    ReplyDelete
  35. wah... nice tips nih mbak... Surabi ueenaaak!

    ReplyDelete
  36. Kalau ke Solo paling suka beli intip goreng dan ampyang kacang, sama satu lagi mbak, brem solo yang bulet2 itu. juara!

    ReplyDelete
  37. Kangen Solo, aku penasaran dengan bolu orion itu.

    ReplyDelete
  38. Solo bener-bener mantep dah.
    Buah tangan yang dari solo pasti keren dan enak-enak..

    Kapan ya bisa ke solo..

    Keren artikelnya.

    ReplyDelete
  39. Makasih mba rekomennya jadi bisa ada gambaran ke Solo nanti buat beli oleh-oleh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih