Perpanjang SIM Nggak Pake Ribet di Layanan SIM Keliling

perpanjangan sim; cara perpanjangan sim; sim keliling; mobil sim keliling; sim keliling di bekasi; sim keliling di jakarta; sim keliling di pasar baru; jadwal sim keliling; masa berlaku sim; layanan sim keliling; syarat perpanjangan sim

Di penghujung bulan November tahun 2017 kemarin aku tiba-tiba shock ketika membuka dompet. Bukaaan. Bukan karena isi uangnya yang terlalu banyak ataupun isi dompet yang melompong alias kosong. Tapi karena melihat masa expired SIM (Surat Izin Mengemudi) yang tercetak tanggal 7 Desember. Whaaaatttttttt! Tinggal berapa hari lagi itu!!!
Langsung kebayang malesnya antri di polres bekasi dan kebayang kalau SIM sampai hangus, berarti aku harus bikin ulang dari awal yang pake tes-tes segala macam itu. Lahhh ini aja dulu dapet SIMnya karena ikut les mengemudi, dimana SIM diurus kolektif. Kalau sampai harus tes ulang, kayaknya sih nggak bakal lolos. Hahaha

Terakhir ngurus perpanjangan SIM itu ya langsung di polres bekasi. Pake calo (duluuuu). Tapi tetep bete nunggu giliran foto dan endebre endebre nya.

Nah untuk perpanjangan tahun 2017 kemarin sebenenrya aku udh tau tentang layanan SIM keliling. Dimana kita nggak harus datang ke polres. Tapi yaaa jadwal SIM keliling bekasi itu selalu nggak pas sama jadwal aku. Karena nggak setiap hari di satu tempat. Mereka pindah-pindah sesuai jadwal. 

Di detik-detik terakhir jangka waktu masa perpanjangan SIM, terjadilah percakapan ini :

Kenapa nggak di SIM keliling di daerah jakarta aja? Jadi deket dari kantor.
Kan nggak bisa! Bukannya KTP bekasi harus urus perpanjangan SIM di Bekasi juga?
Nggaaakkkk! Sekarang sudah bisa online

Howaaaa berasa dapet air di gurun pasir aku! Lega rasanya.

Serius, aku kudet (kurang update) banget deh masalah kayak gini. Jadi ya ternyata, sekarang urus perpanjangan SIM sudah bisa online. Jadi nggak perlu sesuai domisili. Yipiiiieee

Akhirnya aku cari info tentang layanan SIM keliling di dekat daerah kantor. Ketemulah di daerah Pasar Baru. Langsung hari itu juga aku meluncur kesana ditemani babang taksi online.

Naahh untuk yang mau perpanjang SIM di layanan SIM keliling di daerah Pasar Baru, jangan sampe nyasar ya kayak aku. Iya aku nyasar gara-gara babang taksi online yang sok tau dan aku sendiri yang nggak tau pasti dimana lokasinya.

Jadi, waktu aku naik taksi online, aku langsung tanya “Pak, tau kan ya lokasinya mobil SIM Keliling di pasar baru?” 
Dijawablah dengan meyakinkan “Tau Bu".
Oke. Aku percaya aja.
Sampailah aku di depan starbuck sebrang Pasar Baru. Menurut babang taksi online, mobil SIM keliling biasanya parkir di pojokan depan starbucks.
Mungkin belum datang Bu, mobilnya” menurut ramalan babang taksi online. Dan lagi-lagi aku percaya. Turunlah aku dan masuk ke dalam starbucks karena aku pikir aku bisa nunggu di dalam sambil ngopi-ngopi cantik. Setelah satu sruput kopi, jaringan-jaringan otak langsung terhubung dan aku bisa mikir lebih pinter. LOL.
Kenapa nggak nanya orang sik!!!” Suara di dalam kepala bergema. 
Laahhh odong banget ya. Kenapa nggak nanya dati tadi sik siiiiisssssss!!!

Setelah tanya, ternyata, AKU NYASAR sodara sodara!!!! KZL!

Nih ya aku kasih tau, lokasi mobil layanan SIM keliling di Pasar Baru itu letaknya ada di halaman kantor pos Pasar Baru. Tepatnya di depan gerai Dunkin Donuts yang ada di area kantor pos. Dimana itu letaknya ada di belakang gerai starbuck. Yang artinya, aku harus jalan ((JALAN))!!! JALAN KAKI!!!

Mobil Layanan SIM Keliling di Pasar Baru


perpanjangan sim; cara perpanjangan sim; sim keliling; mobil sim keliling; sim keliling di bekasi; sim keliling di jakarta; sim keliling di pasar baru; jadwal sim keliling; masa berlaku sim; layanan sim keliling; syarat perpanjangan sim

Taraaaaaa disinilah ternyata keberadaanmu wahai mobil SIM Keliling.

Inget ya, yang mau kesini, jangan sampe nyasar kayak aku.

Ternyata antriannya sudah lumayan panjang. Untungnya aku sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dipersyaratkan untuk perpanjang SIM.

perpanjangan sim; cara perpanjangan sim; sim keliling; mobil sim keliling; sim keliling di bekasi; sim keliling di jakarta; sim keliling di pasar baru; jadwal sim keliling; masa berlaku sim; layanan sim keliling; syarat perpanjangan sim


Syarat-syarat perpanjang SIM Keliling :

  1. Pastika SIM kamu belum habis masa expirednya.
  2. Fotokopi SIM lama (2 lembar)
  3. Fotokopi KTP (2 lembar)

Sebenarnya disana juga disediakan mesin fotokopi portabel. In case kamu lupa bawa fotokopian SIM lama dan KTP, nggak usah khawatir karena bisa di-fotokopi-in disana. Tentunya dengan tambahan biaya ya. Alias nggak gratis.

perpanjangan sim; cara perpanjangan sim; sim keliling; mobil sim keliling; sim keliling di bekasi; sim keliling di jakarta; sim keliling di pasar baru; jadwal sim keliling; masa berlaku sim; layanan sim keliling; syarat perpanjangan sim
Isi formulir yang telah disediakan, terlebih dahulu


Proses perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling :

  1. Isi formulir yang telah disediakan dengan melampirkan fotokopi SIM lama dan fotokopi KTP.
  2. Menunggu antrian untuk tes kesehatan dan foto. Tenaaanngg tes kesehatannya cuma tes mata kok. Kita diminta membaca tulisan-tulisan yang ditunjukkan oleh petugas.
  3. Setelah tes kesehatan dan foto, kita diminta antri lagi menunggu SIM selesai. Nanti nama kita akan dipanggil jika SIM telah selesai.
  4. Setelah SIM selesai, kita ditawarkan untuk melaminating SIM. Tujuannya supaya tulisannya nggak cepat hilang.
  5. Selesai deh.

perpanjangan sim; cara perpanjangan sim; sim keliling; mobil sim keliling; sim keliling di bekasi; sim keliling di jakarta; sim keliling di pasar baru; jadwal sim keliling; masa berlaku sim; layanan sim keliling; syarat perpanjangan sim
Tes kesehatan di dalam mobil SIM keliling


Nggak pake ribet dan nggak pake antri yang bikin bete.
Cuma satu yang bikin agak kecewa. HASIL FOTONYA.... padahal udah touch up make up loh sebelum foto. Tapi hasilnya, yaaaa gitu deh.

Cobaaaaa adakah yang bisa menjelaskan kenapa hasil foto SIM dan KTP nggak pernah kece? Hahaha

Total biaya yang dikeluarkan sebesar IDR 145.000 yang terdiri dari biaya perpanjangan SIM IDR 105.000, biaya asuransi IDR 30.000 dan biaya laminating IDR 10.000 (@IDR 5.000). Biaya ini diluar biaya fotokopi ya. Karena aku nggak fotokopi di sana.

perpanjangan sim; cara perpanjangan sim; sim keliling; mobil sim keliling; sim keliling di bekasi; sim keliling di jakarta; sim keliling di pasar baru; jadwal sim keliling; masa berlaku sim; layanan sim keliling; syarat perpanjangan sim
Proses laminating SIM. Ini nggak wajib ya. Dan laminatingnya bukan laminating yang biasa untuk dokumen. Tapi ini kayak di lapisin gitu.

perpanjangan sim; cara perpanjangan sim; sim keliling; mobil sim keliling; sim keliling di bekasi; sim keliling di jakarta; sim keliling di pasar baru; jadwal sim keliling; masa berlaku sim; layanan sim keliling; syarat perpanjangan sim
Sekalian covering/laminating KTP deh



Untuk yang mau perpanjang SIM, aku saranin di layanan SIM keliling aja. Dan dilihat-lihat yaa masa expirednya. Jangan sampe lewat. Daaann, jangan sampe nyasar. 😄😄😄

perpanjangan sim; cara perpanjangan sim; sim keliling; mobil sim keliling; sim keliling di bekasi; sim keliling di jakarta; sim keliling di pasar baru; jadwal sim keliling; masa berlaku sim; layanan sim keliling; syarat perpanjangan sim


50 comments

  1. Mantaf mba, saya mah belum punya sim heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah mba. Biar jadi alasan supaya diantar-antar terus sama pasangan. HEhehe

      Delete
  2. Enak memang kalau layanan publik ada di area-area publik gini ya. Terasa lebih santai kita datenginnya. thx infonya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget Mba. Gak perlu ribet antri..

      Delete
  3. Saya masih 2020 sih mba, jadi masih aman. Baru tahu juga bisa di mobil sim keliling, kirain cuma bisa untuk bikin baru aja. Thanks for sharing mba ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih lama ya Mba.. Iya bisa. Nnati cobain deh klo masa berlaku SIMnya udah mau habis.

      Delete
  4. Lha aku juga baru tau kalau ternyata bisa ya untuk semua domisili? Aku pikir kalau KTP Jakarta ya hanya bisa di Jakarta kalau yang daerah lain ya kudu sesuai KTP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes bisa Mba. AKupun baru membuktikannya pas kepepet perpanjang SIM kemarin.

      Delete
  5. Yak. Ini solusi jitu banget untuk masyarakat urban ya

    ReplyDelete
  6. Bener nih kenapa foto KTP dan SIM nggak pernah kece ya?

    ReplyDelete
  7. Perpanjangan SIM keliling sudah dari dulu tau, tapi kalau bisa lintas daerah saya bafu tahu. Mikirnya orang kota tertentu harus perpanjangan di kota tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya aku juga mikir gitu Mba.. ternyata salah.

      Delete
  8. Makasih yah sharing nya, kebetulan aku belum punya sim dan rencana nya mau bikin, bermanfaat banget artikel nya.

    ReplyDelete
  9. Belum pernah memanfaatkan sim keliling..mentok bayar pajak keliling..
    Tapi jelas membantu banget ya fasilitas ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba bener. Membantu banget. Jadi bisa pilih lokasi SIM keliling terdekat dari kantor deh.

      Delete
  10. Aku pernah antar kakak ipar perpanjang di sim keliling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mas sendiri udah pernah nyoba belum?

      Delete
  11. Wah... thanks ini udah ngingetin untuk perpanjang SIM, jadi inget... hehe... Thankyu banget infonya mbak...

    ReplyDelete
  12. di mcdonald cinere, tiap hari apa gitu ada mobil sim keliling dan uaantreee-nya panjang ... iyya klo berurusan sama bebikinan/perpanjang sim ktp dll kudu bawa dokumen komplit biar gak bolak balik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Better antri di SIM keliling daripada di kantor polisi aku Mba...

      Delete
  13. Aku sepertinya g akan prnh ngerasain antri perpanjang sim, lah bawa mobil aja ga bisa wkwkwkwkw... Biarlah suami ato mas taxi yg nganterin kemana2 :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha betul tuh. Mending nggak usha buat Mba. Biar jadi alasan untuk sellau diantar kemana-mana.

      Delete
  14. Replies
    1. Ho oh... Mas Andri udah pernah nyoba blm?

      Delete
  15. Emang ribet mbak kalau sampai telat perpanjang SIM suami pernah ngalamin sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kaaannn.. Duh kemaren tuh aku ketar ketir banget. Takut disuruh bikin ulang SIMnya. Untung masih bisa diperpanjang.

      Delete
  16. Aku sampai sekarang masih belum punya SIM meskipun bisa naik motor. Soalnya mata aku kalau malam rabun parah jadi ngeri sendiri kalau mengendarai motor sendirian. Jadi kalaupun mengendarai motor cuma sebatas kompleks sama ke tukang sayur aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah nggak bisa naik motor, Hahahaha...

      Delete
  17. Kalau SIM keliling begini bisa buat yang bikin baru ya. Makin memudahkan bikin sim dan ga pake ribet ya. Aku ngalamin bikin sim antrinya luhaaaar biasa. Kalau ada yg keliling begini enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin males kan ya MBa klo antriannya mengular..

      Delete
  18. aku belom mencoba ini mba,.. biasanya aku ke kecamatan deket rumah karena ada samsatnya..

    ReplyDelete
  19. iya mba, sekarang memang enak kalo pelayanan seperti itu jadi kita ga perlu jauh' hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget seh tuh. Udah males duluan..

      Delete
  20. wah ternyata perpanjangan sim di sim keliling itu simple banget yaaaaa. Besok2 kalo perpanjanhan SiM gak oerlu jauh2 ke Polda metro jaya akh ... thanks buat pencerahannya yaaa

    ReplyDelete
  21. Wuahh..klo udah pake online segalanya lbh mudah. Di wilayah saya masih jarang tuh ada pembuatan SIM keliling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nantinya akan banyak ya mba ..

      Delete
  22. Wah, aku belum pernah liat nih pelayanan perpanjang SIM keliling gini. Thanks for sharing, mba!

    ReplyDelete
  23. Aku baru mau bikin SIM. SIM yg lama lupa diperpanjang. Makasih ya infonya. Cuss ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hangus dong mba klo lipa diperpanjang?

      Delete
  24. Skrg sdh bnyak ya pelayanan sim keliling, didaerahku juga udh ada di ciamis,lbih memudahkan masyarakat gak perlu jauh2 kalo mau perpanjangan sim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada juga ya disana? Memudahkan banhet mba.

      Delete
  25. Kalau di Jogja, ada di pojokan utara malioboro, saya dimudahkan utk perpanjangan disana. karena jadwalnya sabtu jam 7 malam. Jd g perlu ijin kantor dan juga usai ngurus perpanjangan bisa main ke mailoboro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak lah ya nggak harus izin kantor. Klo disini pas hari dan jam kantor.

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih