Fakta Tentang Susu UHT

susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak

Tingkat konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah jika dibanding dengan negara ASEAN lainnya. Hanya sebesar 14,3 liter. Sedangkan tingkat konsumsi susu di Filipina sebesar 22,1 liter, Malaysia sebesar 50,9 liter, dan Thailand sebesar 33,7 liter. (sumber : USDA Foreign Agricultural Service 2016. Indonesia 2016 Dairy and Products Annual Report). 

susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak


Aku pribadi sedih sih sejujurnya. 

Yang follow IG aku, pasti tahu deh tentang nyeri lutut yang aku rasakan selama ini adalah osteoarthritis. Yang belum follow IG aku, sok atuh di follow dulu @she_wian. Hahahaha... *NamanyaJugaUsahaNambahFollower* 😤😤😤

Meskipun masih di grade 1, tapi sedih loohh. Naik turun tangga harus hati-hati banget. Padahal di rumah dituntut untuk naik turun tangga. Kecuali ada yang mau bayarin pasang eskalator. Wkwkwkwk.

Salah satu penyebabnya adalah kurang kalsium. Iya iya aku akui semenjak punya anak, intensitas aku untuk konsumsi susu jauh berkurang dibanding sebelumnya. Aku rasa itu salah satu faktornya. Itulah kenapa aku mengharuskan krucils untuk selalu minum susu. Dan alhamdulillahnya, mereka nggak pernah protes.

Jadi setiap belanja bulanan, salah satu produk yang nggak pernah ketinggalan adalah SUSU. Biasanya kami membeli dalam 2 jenis, Susu bubuk, dan Susu UHT.


susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak


Sebagai Ibu bekerja, sulit rasanya jika aku harus selalu memastikan krucils mendapatkan nutrisi yang lengkap. Untuk itu, aku selalu berusaha untuk memberikan lebih banyak pilihan makanan bernutrisi yang menarik untuk krucils. Salah satunya adalah dengan menyediakan susu dengan varian rasa yang mereka sukai. Dengan demikian, mereka akan lebih banyak mengkonsumsi susu dibandingkan minuman lain yang kurang bergizi.

Hal-hal tersebut membuat aku bersemangat ketika diundang untuk mengikuti "Bloggers Gathering susu bergizi kesukaan anak". Dalam gathering kemarin, banyak sekali informasi yang aku dapat dari Lisa Suhanda selaku Food Technologist Tetra Pak Indonesia dan Gabrielle Angriani selaku Communications Manager Tertra Pak Indonesia.



susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak

susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak

susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak

susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak


UHT (Ultra High Temperature)


Sebelumnya mau cerita dulu ya mengenai kegalauan aku setelah krucils lepas ASI eksklusif. Alhamdulillah aku bisa memberika krucils ASI eksklusif sampai dengan usia mereka 2 tahun kurang. Selepas pemberian ASI eksklusif, saat itu, ramai sekali membahas tentang susu UHT vs susu bubuk yang akan diberikan kepada anak setelah pemberian ASI eksklusif. Pembahasan mengenai hal itu ramai sekali di facebook dan milis yang aku ikuti. Seperti biasa lah ya, ada pro dan kontra. Tapi akhirnya aku memutuskan memberikan krucil susu UHT (ultra mimi) ketika usia mereka genap 2 tahun. Jujur saat itu, kenapa memilih susu UHT adalah lebih karena kepraktisannya di jalan. Nggak perlu repot ngeracik susu bubuk dan nggak perlu bawaan segembol segala termos dibawa.

Ternyata pilihan aku tepat. Karena banyak sekali kelebihan susu UHT dibandingkan dengan susu bubuk. Apa keunggulannya? Baca terus ya sampai akhir.

Untuk yang belum tahu tentang susu UHT atau yang selama ini selalu konsumsi susu UHT namun nggak tahu apa sebenernya susu UHT itu, berikut aku beberkan beberapa fakta tentang susu UHT (berdasarkan informasi yang aku peroleh selama gathering).

1. Pemanasan dan Pendinginan

Sesuai namanya, Ultra High Temperature, susu UHT adalah susu segar asli yang dipanaskan dengan suhu sekitar 135'C dengan satuan waktu 2-4 detik dan langsung didinginkan. Pemanasan ini tidak merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Justru pemanasan ini bertujuan untuk mengeliminasi semua bakteri buruk yang dapat merusak susu dan proses singkat tersebut memastikan nutrisi, rasa, dan kesegaran susu tetap terjaga.

2. Teknologi Pemrosesan

Tekhnologi pemrosesan susu UHT menggunakan alat pensteril yang dihubungkan ke mesin pengisi aseptik untuk mengemas produk.

3. Usia Pengkonsumsi susu UHT

Susu UHT aman dikonsumsi khususnya untuk anak-anak berusia di atas 2 tahun.

4. Penyimpanan

Susu UHT dapat disimpan dan didistribusikan pada suhu ruang selama 9-12 bulan tanpa membutuhkan pendinginan dan bahan pengawet (selama kemasan susu belum dibuka). Jika susu UHT telah dibuka dan kontak langsung dengan mulut, maka hanya bisa disimpan maksimal selama 4 jam. Jika nggak langsung kontak dengan mulut (dituang ke gelas), maka akan bertahan selama 3-4 hari. 

5. Kandungan Susu UHT

Susu UHT merupakan produk yang lengkap dan seimbang dengan kandungan beberapa jenis nutrisi didalamnya seperti kalsium, protein, fosfor, vitamin (A, B, B2, B6, B12, D), dan mineral yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak dan juga baik bagi kesehatan tulang dan jantung.

6. Variasi Rasa

Susu UHT memiliki banyak variasi rasa sehingga umumnya disukai oleh anak-anak. Seperti cokelat, stroberi, mocca, pisang, melon, dan lainnya.


susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak


7. Praktis

Susu UHT mendukung gaya hidup modern yang dijalani oleh para Ibu dalam menyediakan nutrisi lengkap dan seimbang dengan cara yang praktis. Dengan begitu, anak-anak dapat menikmati susu dengan cara yang menyenangkan, sederhana, dan praktis. Tersedia dalam berbagai ukuran porsi salah satunya ukuran satu kali minum yang mudah dibawa untuk anak-anak khususnya saat sekolah maupun saat beraktivitas di luar rumah.

8. Kemasan Susu UHT

Jika kita perhatikan, semua kemasan susu UHT memiliki tanda atau logo Tetra Pak di kemasannya. Tetra Pak adalah perusahaan global terkemuka yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman. Tetra Pak merupakan pionir kelas dunia dalam kemasan karton aseptik yang sudah beroperasi sejak tahun 1952. Dengan lebih dari 60 tahun pengalaman di bidang kemasan karton, kemasan Aseptik Tetra Pak membuat susu terlindungi dari zat yang dapat mengakibatkan kerusakan susu atau pengurangan nutrisi seperti cahaya, kelembaban, udara, bakteri dan lainnya. Hal ini karena teknologi kemasan Aseptik Tetra Pak memiliki 6 lapisan perlindungan. Dengan penyimpanan dalam waktu lama, kemasan Aseptik Tetra Pak nggak akan  menimbulkan migrasi dari kemasan ke isinya. Sehingga isinya nggak akan terkontaminasi dan tetap dalam kondisi baik.


susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak

susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak

susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak



Tips Memilih Susu UHT


Dalam memilih susu UHT, perhatikan beberapa hal sebagai berikut untuk mendapatkan kualitas yang baik :

  1. Pilih kemasan yang nggak gembung dan nggak bocor. Sering nggak sih liat kemasan susu  UHT yang agak penyok-penyok di supermarket? Aku sering banget. Tapi selama penyok-penyoknya itu minimal dan nggak menimbulkan kebocoran, makan susu UHT tersebut masih dalam kondisi baik.
  2. Perhatikan tanggal kadaluarsa yang selalu tercantum di kemasan.

***

Melihat berbagai nutrisi yang terdapat dalam kandungan susu dan melihat beberapa fakta susu UHT yang sudah aku sebutkan, apakah nggak rugi kalau kita atau anak-anak dan keluarga kita nggak rutin mengkonsumsi susu? Yakin masih nggak mau konsumsi susu? Ayolaaahhh mulai rajin konsumsi susu untuk masa depan. Yakin deh impactnya akan berasa beberapa tahun lagi.


susu UHT lebih baik dari susu bubuk; vitamin susu UHT; proses pembuatan susu UHT; blogger gathering; manfaat susu; kebaikan susu; kandungan susu UHT; cara memilih susu UHT; kemasan susu UHT; tetra pak; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT vs susu bubuk; susu UHT, susu UHT untuk anak

36 comments

  1. Wah, jadi pengen minum susu UHT nih!

    ReplyDelete
  2. Anakku minum ultra mimi sejak 1,5 tahunan, Mbak, setelah aku frustasi karena dia nggak mau minum susu bubuk. Kan aku kerja, dia nenen aku pas aku pulang aja. ASIku udah gak cukup.kalau diperas mulu. Alhamdulillah, sejak kenal ultra mimi dia suka. Sekarang usianya 2,5 tahun setiap hari habis 4 kotak ultra mimi. Bahkan kadang minta nambah, tapi aku batasi.

    Soal kaki Mbak yg sakit, aku kok malah ingat sama lututku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong ya. Awal ngenalin UHT, aku juga ngasihnya mimi.
      Lutut mba sakit juga kaya aku?

      Delete
  3. Susu favorite bgt, klo belanja ke superindo gak lupa beli susu ini. Hehe...

    ReplyDelete
  4. Hehe sama dengan aku, kalo belanja bulanan pasti yang dibeli susu formula dan susu UHT. Kirain aku doang yg suka kayak gitu. Krn Narend suka bosenan sih anaknya. Kalo susu UHT kan bs milih2 mauu rasa apa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. AKu biarin aja krucils milih sesuka hatinya mau uht rasa apa. Yang penting diminum.

      Delete
  5. Susu UHT ini susu favoritnya anak-anak ya mbak Wiaaaan.. Hihihiii. UDahlah nggak perlu ragu lagi memberikan susu UHT untuk anak-anak kita, karena bebas bahan pengawet dan kandungan nutrisinya lengkap banget yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan favoritnya emaknya juga. Hehehe

      Delete
  6. Aku suka semua varian susu UHT mbak. Rasanya yang banyak ga bikin bosen jadi bisa ganti2. Praktis dan ga ribet jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya krucils seneng banget bisa ngerasain berbagai rasa. Klo aku mah setia sama rasa cokelat. Hehehe..

      Delete
  7. Aku dr kecil minum susu, tp bukan susu uht krn jaman dulu susu uht lumayan mahal hahahha tiap minum lamaaa bgt scara segelas gede kagak abis2 & bikin males... skrg dah pny anak alhamdulillah susu uht byk merk & rasanya, harga pun bersaing jd aku pilih uht aja buat raya biar lbh ringkes, krn kemasannya bs disesuaikan dgn keinginan anak jd ngga mubajir 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya ada kemasan kecilnya kan tuh ya. Krucils juga biasanya milih yang ukuran kecil dengan berbagai rasa.

      Delete
  8. Aku dr kecil minum susu, tp bukan susu uht krn jaman dulu susu uht lumayan mahal hahahha tiap minum lamaaa bgt scara segelas gede kagak abis2 & bikin males... skrg dah pny anak alhamdulillah susu uht byk merk & rasanya, harga pun bersaing jd aku pilih uht aja buat raya biar lbh ringkes, krn kemasannya bs disesuaikan dgn keinginan anak jd ngga mubajir 😁

    ReplyDelete
  9. berarti memang benr ya, kalau dibanding susu bubuk, UHT itu lebih bagus..karena nutrisinya lebih banyak

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget sama susu UHT terutama rasa strawberry, menurutku susu bermanfaat buat anak-anak maupun orang dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kaya anakku yang perempuan Mba. Sukanya yg rasa strawberry.

      Delete
  11. Saya selalu stok susu uht di rmh buat keluarga, tp selama menyusui ini, saya hrs puasa dulu krn bayinya alergi huhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya gak boleh produk-produk sapi ya klo bayinya alergi?

      Delete
  12. Buat stok di rumah deh susu UHT ini. Lebih praktis ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis banget. Apalagi klo berpergian ya Mba..

      Delete
  13. Anakku yang sekarang ini 2 tahun lagi disapih, sengaja dikasih susu UHT biar cepet lupa sama susu ibunya. Tapi ternyata malah doyan sama dua-duanya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha susu ibu mah gak ada duanya. Klo disuruh milih, pasti pada milih susu ibu.

      Delete
  14. Sejak pernah tinggal di Amerika dan di sana tahu, hampir tidak ada konsumsi susu bubuk (kecuali susu formula) saya pun berkesimpulan di Indonesia saja susu bubuk lebih dominan. Padahal di negara besar, lebih banyak konsumsi susu segar dan susu UHT. Karena berbagai alasan seperti di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Indonesia, banyak orang masih mengganggap susu bubuk lebih baik. Ini aku setuju banget. Karena pada waktu awal aku memutuskan memberikan uht selepas ASI, banyak yang heran kenapa aku justru memilih susu uht ketimbang susu bubuk.

      Delete
  15. memang sich enak banget lagi rasanya cuy, dan banyak juga pilihannya, jadi ngak bosan jika di konsumsi setiap hari dan baik bagi tubuh kita

    ReplyDelete
  16. anakku minum uht dari umurnya 12 bulan. waktu itu kan dia nolak minum asip. dicoba susu formula nggak mau. karena nggak mau beli lagi dan terbuang karena nggak diminum anaknya akhirnya aku coba susu uht eh anaknya mau. sekarang jadinya dia minum ASIP + susu UHT kalau ditinggal kerja

    ReplyDelete
  17. Saya juga pernah mba gatal gatal waktu menyusui, sama orang apotik dibilang itu karena kurang kalsium. Alih alih harus minum obat, sya minum aja susu uht alhamdulillah membantu. Anak saya masih setahun sih tp kalau nanti sudah disapih saya lebih prefer uht juga dibanding susu bubuk. 😀👍

    ReplyDelete
  18. bener banget nih mbak. pas beli susu kemasan, emang paling sering aku liat duluan tampilan secara fisik sama tanggal kadaluarsa. soalnya pernah pengalaman minum susu kadaluarsa. besok paginya langsung diare >,<. thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  19. Ankku yg pertama juga aku ksh susu cair, nah yg kedua ini blm bisa lepas dr susu bubuknya. Dia suka sih, kdg minum punya kakanya. Tp tetep aja, kalo tidur yg dicari susu bubuknya :p

    Jd msh hrs pelan2 ngelepasin susu bubuk. Tujuan ku juga yg utama supaya kalo traveling gampang mba.:D.

    ReplyDelete
  20. selain memiliki varian rasa yang seru dan banyak banget, susu UHT juga memiliki gizi dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh kita

    ReplyDelete
  21. anak saya umur 1 tahun baru minum susu ultra mimi , maksimal 1 per hari, buat jaga-jaga kalo persediaan ASIP nya kurang. kalo saya dan istri memang lebih milih susu UHT dibandingkan susu bubuk :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih