Kembangkan Imajinasi Anak Di Festival Dongeng International Indonesia 2017

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak

Siapa disini yang senang mendongeng atau mendengar dongeng?

Akuuuuu...
Mendengar kata dongeng, sudah nggak asing lagi di telinga aku. Karena aku adalah penikmat dongeng semenjak kecil. Sebelum tidur, Ibu selalu mendongeng untuk aku dan adikku. Dan semua dongengan Ibu masih aku ingat betul sampai sekarang. Rata-rata, Ibu selalu mendongeng tentang cerita rakyat seperti Ande Ande Lumut, Bawang Merah Bawang Putih, dll.


Mendongeng bukan hanya bercerita. Banyak sekali manfaat dari mendongeng, antara lain :
  1. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak
  2. Mempererat bonding antara anak dan orang tua
  3. Memperkenalkan nilai-nilai moral
  4. Mengembangkan emosi
Tapi tau nggak sih kalau ternyata mendongeng itu lumayan sulit loooh. Karena menurut aku, mendongeng itu harus dari hati. Sehingga ada feel di setiap untaian kata dan kalimat yang kita keluarkan. Untuk itu, aku sangat antusias sekali setiap ada event yang berhubungan dengan dongeng. Karena dari situ, aku bisa belajar banyak untuk meningkatkan kemampuan aku mendongeng untuk anak-anak. Dan anak-anak bisa mendapatkan pengalaman baru mendengar dongeng dari "ahlinya".

Seperti pada tahun sebelumnya, pada tahun ini, komunitas Ayo Dongeng Indonesia (AyoDI) yang dibentuk oleh Ariyo Faridh Zidni, kembali mengadakan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2017 (FDII 2017) dengan tema Cerita Ajaib.
Dari cerita-cerita ajaib, kami berharap anak-anak Indonesia akan mampu berimajinasi seluas-luasnya dan mengembangkan kreativitasnya. Dan disinilah peran orang tua dan guru untuk menunjukkan keajaiban sebuah cerita kepada anak-anaknya. -Ariiyo Zidni (pendiri AyoDI)- 
Setelah tahun sebelumnya aku sempat mengajak krucils kesana, tahun inipun aku nggak mau ketinggalan untuk menghadiri event keren ini.

***

FDII 2017 diadakan di Perpustakaan Nasional, pada tanggal 4-5 November 2017 yang lalu. Seperti yang sudah aku prediksi di awal, begitu kami memasuki tempat berlangsungnya FDII 2017, krucils langsung berlari menhampiri sumber suara riuh yang ternyata adalah pertunjukan dongeng dari salah satu pendongeng dari Inggris Raya, di panggung utama.

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Suasana di luar Gedung Perpustakaan Nasional
festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Panggung Utama FDII 2017

Dari Inggris Raya? Yup betul banget. Selain para pendongeng dari Indonesia, FDII 2017 ini juga diramaikan oleh beberapa pendongeng dari mancanegara. Itulah mengapa aku nggak mau banget ketinggalan event ini. Keren banget kan yaaaa bisa mendengar dongeng dari para pendongeng mancanegara, dengan berbagai "gaya" dan ciri khas mereka masing-masing.

Beberapa pendongeng yang mengisi di FDII 2017 antara lain :
  1. Seung Ah Kim (Korea Selatan)
  2. Craig Jenkins (Inggris Raya)
  3. Uncle Fat (Taiwan)
  4. Kiran Shah (Singapore)
  5. Tanya Batt (Selandia Baru)
  6. Arthi Anand Navaneeth (India)
  7. Hori Yoshimi dan J2net (Jepang)
  8. Kak Aio (Indonesia)
  9. Rona Mentari  (Indonesia)
  10. Kak Mia (Indonesia)
  11. Odong Dongeng/ Oyas (Indonesia)
  12. Kak Tety (Jakarta)
  13. Dan masih banyaaakkk lagi
 
festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Pendongeng dari India sedang mendongeng di panggung utama

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Craig Jenkins - Pendongeng dari Inggris Raya

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Seung Ah Kim - Pendongeng dari Korea Utara

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Tanya Batt - Pendongeng dari Selandian Baru


Pada hari pertama, pertunujukan dongeng juga dimeriahkan oleh Andien Aisyah yang mendongeng untuk anak-anak dan seluruh pengunjung yang pagi itu memenuhi area panggung utama. Ternyata, selain menyanyi, Andien bisa juga ya membawakan dongeng.

Selain di panggung utama, pertunjukan dongeng juga diadakan di dalam ruangan-ruangan yang tersebar di gedung Perpustakaan Nasional mulai dari lantai 1 sampai lantai 7.

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Ruang baca anak di lantai 7 perpustakaan nasional

Alhamdulillah aku berkesempatan mengikuti kelas dongeng-nya Seung Ah Kim dari Korea Selatan. Yang membedakan kelas dongen dengan pertunjukan dongeng di panggung utama adalah, kita bisa berinteraksi langsung dengan pendongeng internasional dan audiensi yang dibatasi di setiap ruangan. Sehingga interaksi terasa lebih "intim".


festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Kelas Dongeng Internasional Bersama Seung Ah Kim

Di kelas dongeng yang aku ikuti, Seung Ah Kim nggak hanya mendongeng, tapi menceritakan juga mengenai karakter-karakter yang menjadi favorit masyarakat Korea dalam mendongeng. Ternyata nggak jauh berbeda dengan kita. Karakter-karakter yang selalu dijadikan bahan mendongeng adalah tentang binatang dan cerita rakyat. 

Meskipun komunikasi dilakukan dalam bahasa inggris, tapi di tengah-tengah Seung Ah Kim bercerita dan mendongeng, sesekali terdengar juga kata-kata yang sering aku dengar di DraKor (Drama Korea). Hihihi mengingatkan aku dengan Oppa dan Ahjussi..😍😍😍

Kegiatan dua hari kemarin itu benar-benar full dongeng. Dari awal acara sampai akhir acara. Gimana krucils nggak happy cobaaaa..... Dan itu ya, kita benar-benar ngikutin dari pagi sampai sore loh. Yaa meskipun ketika menjelang akhir acara, krucils mulai agak rewel minta beli ina itu. 

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Antusiasme anak-anak mendengar dongeng yang dissampaikan

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Panggung utama yang nggak pernah sepi

Oya, di acara FDII 2017 kemarin, dijual juga loh beberapa properti untuk mendukung kegiatan mendongeng. Diantaranya (yang menyedot paling banyak antusiasme dari para pengunjung) adalah boneka tangan, mulai dari yang benar-benar berbentuk boneka besar sampai yang terbuat dari kaos kaki.

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Bazaar di FDII 2017

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Boneka tangan dari kaos kaki

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Bermain dengan boneka tangan dari kaos kaki

Acara dimulai pada pukul 9 pagi dan berakhir pada pukul 4 sore. Acara di hari pertama ditutup dengan acara launching buku kumpulan dongeng berjudul "Dongeng Ajaib, Kisah-Kisah Pilihan Ayo Dongeng Indonesia" yang diterbitkan oleh Noura Publishing. Buku ini ditulis oleh beberapa relawam internal . Dan cerita-cerita yang ditampilkan pada panggung utama, beberapa diambil dari buku ini. Aku sebenarnya pengen banget beli buku ini, andai aja saat itu ada yang jual. Sayangnya, untuk saat ini, jika ingin membeli buku ini, kita harus pre order terlebih dahulu. Oya, untuk yang mau preorder, bisa langsung menghubungi Penerbit Noura ya....

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Launching Buku Dongeng Ajaib

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak

festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Penulis Buku Dongeng Ajaib
***

Acara ini sangat berkesan sekali dai hati anak-anak dan juga aku. Ini terbukti ketika sampai di rumah, anak-anak masih inget loohh setiap dongeng yang mereka dengar saat itu. Dan akupun minta untuk di dongengin kembali oleh anak-anak. Setelah mereka selesai mendongeng, giliran aku yang gantian mendongeng dengan cerita yang aku dengar di kelas dongeng bersama  Seuang Ah Kim.

Mudah-mudahan ini akan menjadi acara rutin yang akan diadakan setiap tahunnya ya... Sehingga minat anak-anak terhadap dongeng nggak akan pernah hilang. Dan minat kita sebagai orang tua untuk mendongeng juga nggak akan pernah hilang. Karenaaa manfaatnya banyak sekali loh. 

Aku biasanya menyelipkan pesan-pesan di dalam dongeng yang kadang aku karang sendiri. Misal, pesan untuk selalu sikat gigi sebelum tidur. Dan itu ampuh!!!

Ayo Mendongeng.....


festival dongeng internasional indonesia 2017, festival dongeng 2017, dongeng, boneka tangan, imajinasi anak, cerita, belajar mendongeng, properti mendongeng, ayo dongeng indonesia, komunitas dongeng, perpustakaan nasional, perpustakaan anak
Teman-teman Blogger yang mendukung #Bloggercare


20 comments

  1. Aih seruuuu... anak2 anteng amat itu yaa mba. Terus kok yg Korea aku Kira dongeng bahasa sana 😂😂 ini sih pasti bundanya keinget oppa 😂

    ReplyDelete
  2. Dongeng memang bisa jadi slah satu metode pembelajaran yg Bagus buat anak, mereka jg bisa bebas berimajinasi.

    ReplyDelete
  3. Seru ya acaranyaa, walau aku nggak ada pengalaman didongengin, kayaknya pengen bisa ngedongengin anak nanti hahaha.

    ReplyDelete
  4. rame banget ya, anak2 pasti seneng nih dibawa ke sini :)

    ReplyDelete
  5. Dongeng yang dibawain penongeng dari LN apa bahasa Inggris semua Mbak? Seru banget acaranya, kita bisa belajar mendongeng juga. Kami juga beberapa kali bacain dongeng untuk Aiman, meskipun belum intens.

    ReplyDelete
  6. waktu kecil yang sering dongengin justru almarhumah nenek, bukan bapak atau ibu. karena ibu saya gak lancar bacanya hehehe.
    Btw, acaranya seru ya mbak, jadi pengen tahu metode mendongeng yang baik, biar bisa semangat bacain dongeng anak-anak :)

    ReplyDelete
  7. Saya suka mendongeng, apalagi anak seneng dengerin dongeng. Seru banget ya mba bisa saksiin acara begibi. Banyak pendongeng dari beberapa negara.

    ReplyDelete
  8. Wuah banyak juga ya pendongeng nya, nggak cuma dari Indonesia aja. Pasti menarik sekali acaranya. Btw itu boneka tangan dari kaos kakinya lucu2 :)

    ReplyDelete
  9. event yg luar biasa bagus. sayang gak bisa hadir. Padahal saya pgn banget belajar jd pendongeng. Ada info kelas belajar mendongeng gak kak?

    ReplyDelete
  10. Banyak juga yang hadir ya, Teh..
    Aku jadi kangen di dongengin sebelm bobo..haha

    Dah, lama gak denger dongeng aku sekarang, apa memang sudah agak susah ya ssekarang ini..

    ReplyDelete
  11. Seakan nostalgia dongeng masa kecil dlu, seru kyknya para pendongeng berkumpul

    ReplyDelete
  12. Ini pertama kali atau sudah rutin ya? Taun depan mau datang ah sama krucils. Eniwei, itu yang Seung Ah dari Korea SELATAN di foto salah caption tertulis korea UTARA.

    ReplyDelete
  13. Asik kalau banyak kegiatan anak2 begini supaya anak2 bergerak dan berteman, nggak dirumah saja menyendiri main gadget.

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata acara ini pendongengnya dari berbagai negara ya, jadi keren dong ya. Tp kalo aku nonton pasti kendalanya di bahasa kyknya ya... Hehehs

    ReplyDelete
  15. Aku sedih tahun ini melewatkan datang ke Festival Dongeng. Tahun lalu sempet bawa anak main ke sana dan dia suka sekali.

    ReplyDelete
  16. Ahh, kemarin tuh lihat di timeline rame acara ini rasanya pingin meluncur bawa anak-anak, sayangnya ada kerjaan menunggu..ihiks, keren banget ya acaranya mba

    ReplyDelete
  17. Wah seru banget acaranya bagus banget niy mamfaat dongeng untuk anak-anak

    ReplyDelete
  18. Meriah ya acaranya. Anak-anak di rumah juga senang sekali kalau dibacakan dongeng atau cerita (meskipun ceritanya kebanyakan hasil ngarang dadakan). Semoga dengan kegiatan ini minat baca anak-anak bertambah yaaa.

    ReplyDelete
  19. akuuu senang ikut acara iniiii :)

    semoga makin banyak lagi orangtua, guru, kakak yg mendongng buat anak-anak Indonesia :)

    ReplyDelete
  20. Wahhhh pasti seru banget deh sayangnya ga bisa dateng huhu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih