Pertama Kali Menghadiri Event Blogger, Kamu Harus Siap Ini. Salah Satunya Bikin Aku Pengen Nangis

Friday, September 01, 2017

event blogger, blogger pemula, menghadiri event blogger, blogger

Seorang blogger dikenal dari karya atau tulisannya. Untuk itu, mereka dituntut bisa menghasilkan tulisan yang selain bermanfaat, tapi juga nggak ngebosenin saat dibaca. Susah? pastinyaaa....

Pertama kali aku nulis blog itu sekitar tahun 2009 saat sedang mempersiapkan pernikahan. Inspirasi awalnya adalah teman-teman di Weddingku (sebuah forum yang mempertemukan para calon pengantin. Dimana disitu kita bisa saling tukar informasi mengenai segala hal tentang persiapan pernikahan). 

Karena rempong dan belum bisa adaptasi waktu antara ngantor dan ngurus bayi, akhirnya stop nulis selama setahun kalau nggak salah. Mulai aktif nulis lagi akhir tahun 2015.

Dan sejak itu aku mulai diperkenalkan dengan berbagai komunitas blog yang ternyata ada banyak. Daaannn selama ini aku nggak tau keberadaannya. Dari komunitas itulah akhirnya aku mengenal banyak blogger-blogger, dari mulai pemula seperti aku sampai yang sudah kece badai. Dan dari komunitas blogger jugalah aku banyak (banyak banget) belajar mengenai dunia per-blogging-an yang ternyata nggak hanya sekedar menulis.

Ternyataaaa banyak event yang diselenggarakan oleh komunitas blogger, mulai dari event yang bekerjasama dengan beberapa brand ternama sampai event yang komunitas itu sendiri adakan. Apa gunanya ikut-ikutan event seperti itu?? Banyaaakkk manfaatnya.
  1. Memperluas jaringan pertemanan
  2. Menambah ilmu
  3. Menambah referensi dalam tulisan
Jadi aku selalu antusias ikut dalam event-event yang diadakan, terutama yang diadakan di weekend, karena sangat nggak memungkinkan kalau di weekdays. Tapi ternyata oh ternyata, sebagai blogger pemula, event-event itu nggak selalu semulus yang aku bayangkan. 

Untuk blogger pemula yang akan datang ke event-event blogger, harus siap beberapa hal ini :

1. Sok Kenal Sok Deket

Bukan SKSD yang annoying loh ya. SKSD disini maksudnya, jangan enggan untuk senyum dan menyapa duluan setiap orang yang kita temui, meski kita nggak tau mereka siapa. Waktu pertama kali aku datang di event blogger, aku selalu mengajak mereka kenalan terlebih dahulu dengan basa-basi standard tentunya. Hahahaha... Kemudian aku minta mereka menuliskan alamat blognya di kertas yang aku sodorkan. Untuk apa? Ya untuk kenal lebih jauh lah. Namanya juga blogger *tsah* masa nggak kenal sama karyanya.

2. Jangan Merasa Bodoh

Untuk event "bagi-bagi ilmu" yang diadakan komunitas, jangan pernah malu untuk nanya pertanyaan yang mungkin bagi sebagian blogger nggak ada apa-apanya. Jangan salah looh, justru para blogger senior akan senang jika bisa berbagi ilmu. Jadi nggak usah malu untuk nanya hal-hal sepele, apalagi merasa malu untuk bertanya karena takut dianggap bodoh. La wong emang beneran nggak tau kan ya..

3. Siap Celingak Celinguk

Untuk beberapa blogger yang sudah sering hadir dalam suatu event, pasti sudah saling kenal. Jadi ketika dipertemukan lagi dalam event lain, mereka pasti akan langsung ngobrol dan bergerombol. Sementara kita, yang mungkin baru pertama kali datang, pasti akan celingak celinguk nyari muka yang di kenal. Atau bahkan sebenernya udah ketemu sama muka yang dikenal dari foto profil di blog atau medsos, tapi nggak tau namanya. Pernah loohhhh saking aku bingung nyapanya, aku sampe nyari-nyari di friend list FB aku untuk ketemu namanya. Hahahaha...

4. Rasanya Pengen Pulang

Ini nih yang bikin aku sampe pengen nangis. Ikut suatu event nobar dimana koordinasi awal adalah via FB Group. Dimana aku nggak tau sama sekali no hp contact person (CP)-nya, pun anggota yang saat itu ikutan nobar. Jadi ketika sampe di venue, aku nggak berhasil menemukan siapapun yang gelagatnya mau nobar. Aku coba hubungi via FB Group, tapi nggak ada yang nyautin. Entah HP aku yang saat itu lagi nggak dapat sinyal atau memang belum ada yang ngeh aku nanya posisi. Rasanya pengen pulang ajaaa.... Huhuhuhu...
Untuk hal yang seperti ini, next timenya, harus pegang no HP setidaknya untuk CP.

***

Pesan untuk teman-teman Blogger, Usahakan foto profil di FB atau foto-foto di IG sama dengan wajah aslinya supaya aku nggak kebingungan saat bertemu di event. Hehehehe

Tapi semua itu nggak bikin aku kapok untuk hadir dalam event-event blogger. Justru aku menantikan akan ada event lain yang diadakan di weekend.

Kalau kamu, ada cerita apa pada saat hadir pertama kali di event blogger? Yuk cerita. 

You Might Also Like

76 comments

  1. Hahhahaa iyaaa. Kadang foto blog atau medsos beda ama yang aslinya. Kayak aku nih mba WIan. Pas ketemu lebih cantik kok. Hahhahaa.
    Aku ya pas pertama ketemu langsung ajak kenalan dluan Tanpa cium tangan sih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di foto aja udah cantik mba.. Belum pernah meet uo nih kita Mba.

      Delete
  2. Iya pernah ngalamin clingak clinguk gak kenal siapapun. Lihat gerombolan blogger berfoto ria haha hihi sedang daku gak kenal mereka sama sekali. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya gak enak ya Mba. Aku biasanya mulai kenalan dulu sama yang keliatannya nggak bergerombol.

      Delete
  3. Yah Mba aku malah belum pernah ikutan event blogger, pengen banget sih tapi pasti canggung ya kalau pertama kali? Untungnya aku masuk kriteria pertama mba, siap SKSD. karena emang aku SKSD-an orangnya. hehehe..makasih ya mba infonya :) biar aku nggak kaget kalau nanti (mudah-mudahan) berkesempatan untuk ikut event blogger.

    Salam kenal,
    katadita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada kesempatan ngikutin event blogger ya Mba. Dan semoga bisa juga kita meet up disana.

      Delete
  4. Saya bangeeet...pertama kali ikut event, sekali-sekalinya lagi, semua kejadian di atas sudah saya alami 😭

    ReplyDelete
  5. Saya belum pernah dateng ke evennya blogger. Secara baru 3 bulan ngeblog. Alhamdulillah udah mulai kenal beberapa blogger di sosmed

    Postingan mb kali ini cucok banget buatku... Hihihi. Jadi tau perasaan blogger pas datang pertama kali ke even blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi seru kok mba pengalam pertama kali ke event blogger. Bikin ketagihan :D

      Delete
  6. Aku baru beberapa kali ikut event blogger mb. Awalnya nggak pede, tapi buat tambah ilmu jadi harus siap dan percaya diri.
    Sksd penting sih, tapi nggak yg annoying

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuncinya memang harus PD dan berani SKSD untuk kenalan duluan.

      Delete
  7. Wah klo saya blogger baru mba. Jdi blun pernah ikut event blogger. Smg nti bisa berkesempatan untuk ikut

    ReplyDelete
  8. Awal datang ke event blogger jujur saja saya minder banget hehe.

    ReplyDelete
  9. Ahahaha aku karena jarang ikut event pun begitu ikut jadi rada salting and celingak celinguk juga mba Wian.. hihi :D Kita belom pernah ketemuan nih mbaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ya Mbaa... kita belum pernah barengan dalam satu event.

      Delete
  10. Hahahah, clingak clinguk pernah bgt.. akhirnya cuek, sok kenalan.. ada yg kenal & rame kl di sosmed, pas ktmu lsg kok ya malah diem & blagak ga kenal.. ya weslah ku mah pasrah 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh. Masa sih belagak gak kenal?

      Delete
  11. Entah mengapa saya sendiri terasa engan untuk ikut event-event blogger, ya itu karena belum dapat undangan. Belum bergabung dengan komunitas blogger. Takut clingak-clinguk karena tidak punya teman. Ada rasa minder dan malu.

    ReplyDelete
  12. Kapan2 aku mau ah ikutan event blogger gini mba.. Asal ga tabrakan ama jdwal kantor sih yg penting. Selama ini walopun pengin dtg, blm pernah nemu yg waktunya cocok ama schedule ku. Jd blm ngerasain gimana kalo ketemu ama berbagai blogger yg slama ini kenal cm di dunia ghoib kalo kata suamiku hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha dunia ghoib. Antara ada dan tiada ya soalnya. Iya Mba aku juga jarang banget sebenernya ikutan event. Bisa diitung pake jari deh. Karena aku selalu nyari waktu di weekend. Tapi ternyata gak banyak event yang diadakan di weekend.

      Delete
  13. Aku kemarin ijuth acara blogging coaching clinicnya BP, dan bener aku ngalami beberapa hal di atas. Tapi bedanya aku nggak pengen pupang, karena materinya kece banget. Hehehe... Suka postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Materi blogging coaching clinicnya BP emang kece-kece. Aku sempet ikut tuh sekali. ALhamdulillah orang-orang yang aku temui saat itu, welcome banget.

      Delete
  14. Pertama kali ketemu tmn blogger, wkt ikut event launching resto... Sksd gt, berat bgt buat saya yg introvert :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba. Aku juga introvert. Jadi aku lbh memilih orang dr luar utk sksd. Aku liat dulu yg wajahnya ramah. Baru deh berani sksd. Klo wajahnya gak ramah dan kliatan sombong, ak lbh baik gak negor duluan.

      Delete
  15. Saya pernah ikutan sekali, bener-bener sksd dan celingak celinguk. Minder banget, pengen ikutan lagi tapi sampe sekarang gak kesampean terus. huhuhu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga next kita bisa meet up ya mba

      Delete
  16. Jadi kapan kita mitap mba, aku aja masih sering keder tau kalo ikut event2 gitu. Sksd jurus andalan, meskipun aku kadang ngisin2i suka lupa wajah sm nama pdhal pernah ktemu sblumny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan buruk aku tuh mbaaa. Lupa wajah sama nama. Iya niiihhh masa sih kita blm prnh mitap. Satu instansi juga. Hahaha

      Delete
  17. Keren, semoga bisa ikut acara event blog juga, penasarn pengen merasakan hal-hal seperti di atas langsung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya gak bakal gampang dilupain mas. Hehe

      Delete
  18. Kejadian sama aku. Pertama kali nobar. Ceritanya aku menang kuis KEB. Belum pernah tatap muka sama Mira KEB.
    Berusaha menghubungi via hp tidak nyambung. Bertemu dengan seorang ibu kebetulan beliau orangtua dari Mira.
    Akhirnya nonton dengan beliau. Beliau juga mengarahkan untuk memperoleh tiket nonton.
    Ditengah pemutaran film, Mira menghubungi menanyakan keberadaan saya.
    Lha saya pikir saya sudah menemui Mira tadi. Oh ternyata Mira yang saya temui adalah Mira dari Nova. Penyelenggara nobar. Walah. SKSD banget saya.
    Kalau sering datang ke acara blogger lama-kelamaan banyak yang kenal. Next dijamin gak celingukan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kan mba ceritanya. Pasti bakal terus membekas di hati deh. Iya mba bener, klo sering ikutan acara pasti gak bakalan canggung lagi.

      Delete
  19. Hahaha...
    jadi ingat kita nobar di Plaza Senayan ya yan. Inbox- an ternyata kita samping- sampingan. Ok tipsnya. Tambahin dikit. Niat datang di event jangan mikir takut abc. Datang aja...bebaskan hati 😄😆😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ituuuuuu yg bikin aku pengen pulang mba...

      Delete
  20. Halo mba wian, kalau ketemu pasti aku ngga bakal ga nengok hihi.. ada juga ngajak kenalan :D #modus #gagal jangan lupa kalau di event ada saya sapa ajaa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...
      Siap mas. Jangan pura2 gak denger ya klo aku sapa.

      Delete
  21. pertama mmg clingak clinguk ya mbak
    tapi kita hrs berkeyakinan bhw dlm lingkungan blogger itu kita sdh otomatis saudara tanpa hrs kenalan dulu
    bener nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba. Tapi klo gak kenal kan gak enak ngobrolnya mba. Tak kenal maka tak sayang. Hihihi

      Delete
  22. Kayaknya kita blm pernah ketemu ya di event Blogger? Wian jarang ikutan sih ya :)

    Yang pasti yang aku ingat kmrn wkt ikut event blogger, kudu siapin kartu nama, supaya pas ada org yg bertanya, kita bs langsung kenalan and tukeran kartu nama.

    Plus, satu lagi, sebelum datang ke event blogger, diupdate dulu sosmed and blognya. Supaya saat org bertanya, dia jd tau kalo kita aktif sbg blogger and di sosmed. Kan malu kalo ada yg komen, ini update blog and sosmednya 6 bln lalu ya mba? Jreeeng. Malu deeh :D
    Soalnya aku pernah denger ada yg komen begitu. Gak, bkn sama aku sih, denger ada yang kenalan sama media. Qiqiqi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita blm pernah ketemu mbaaa. Eh udah deng mba. Tp wktu itu mba jadi salah satu nara sumber. Aku mau nyapa, maju mundur cantik. Hahaha

      Udah punya kartu nama sekarang aku mba. Tp blm pernah disebar.

      Delete
  23. Masih ingat nggak, siapa yang pertama kali mbak Wian ajak foto dalam kopdar perdana bareng blogger?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya waktu dtg ke event pertama kali, gak ada yg aku ajak foto mas.

      Delete
  24. Awal ikut event blogger abis turun gunung blom mandi ..... Itu special banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha epic! Untung gak ada yg tau ya mas

      Delete
  25. Halo mbak Wian.
    Kalau aku sama gak yaa muka medsos dengan yang asli. Hihihiii..

    In postingan jujur banget. Salut sama idenya ishh (y)

    ReplyDelete
  26. Aaakk, sedih amat sampai mau nangis, Kak. :(
    Iya, penting tuh tau nomor kontak pengundang/CP-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sediiihhhh. Aku bagai anak ayam kehilangan induk. Wkwkwkw

      Delete
  27. Jaman aku ngeblog dulu tahun 2007 belum musim event-event gini. Tapi ada yang namanya kopdar waah itu juga seru tuh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah ngerasain kopdar juga mba. Tp bkn blogger. Kopdar membernya weddingku.

      Delete
  28. Aku dulu juga suka nimbrung di weddingku mba Wian. Dulu aku awalnya rajin ikut acara yang diadakan majalah wanita seperti Femina, Chic dan Cita Cinta, kupikir bakal sama dengan even blogger. Ternyata memang beda, padahal di even majalah wanita tersebut aku rata-rata juga nggak kenal dan baru berkenalan di acara tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoho... member weddingku juga toh mba..

      Delete
  29. Hahahah..uniknya berkomunitas itu
    Saling sapa di dunia maya, banyak canggung setelah ketemu

    ReplyDelete
  30. Hai mbk Wian..... iya ya jadi inget pertama ikutan event...aku sih biasanya memperkenalkan diri duluan ga usah malu. kalo kitanya diem aja ga bakalan dikenal deh heheh meskipun pada dasarnya aku pemalu hihihi... Nekat judulnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar "keliatan" harus rame dan pede ya mba... hihi

      Delete
  31. Contact person itu penting banget sih emang. Makanya sebelum datang ke event atau ada acara meeting apapun aku selalu mastiin cpnya dulu baru jalan ke lokasi wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh mba. Mulai skrg, sblm cus ke event, aku pastiin klo aku udah tau siapa pic nya dan no hpnya. Gak mau keulang lagi.

      Delete
  32. Clingak-clinguk itu yang gak enak mbak..

    ReplyDelete
  33. Pengalaman celingak-celinguk sendiri itu pernah saya rasakan, tapi dengan berjalannya waktu hal itu terminimalisir dengan sendirinya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi pernah ada di posisi aku juga ya mas..

      Delete
  34. Pengen pulang. Itu juga sih, aku alami. Soalnya nggak kenal dari CP sampai teman2 lainnya (kan anak baru. Pegang CP memang penting banget, sambil berharap CP-nya baik hati.

    ReplyDelete
  35. Sama pengalamannya. Saat pertama ikut event, aku juga clingak celinguk, tapi akukan orangnya cuek aja ya, jadi ada yg sebelah ajak ngobrol aja, ternyata media wkwkwk. Tapi disitu aku banyak belajar.

    ReplyDelete
  36. Sampai mau pulang dan nangis ya, kebayang rasanya... ini semoga tidak pernah terjadi

    ReplyDelete
  37. Hai Wian aku newbie dalam dunia blogger baru mulai di tahun 2015.Norak so pasti ha... ha... ha dan SKSD terus modal ramah kenalab dapat nomor HP dan berlanjut ke tanya2 deh

    ReplyDelete
  38. Mbak Wian! I feel you banget! Kadang ya mau SKSD suka malu juga karena blogger2 suka ngobrol seru dan kayanya udah kenal deket dan mau nyapa tuh malu sendiri. Apalah diri hanya blogger remahan rengginang. Terus celingak celinguk ya iya juga kalau nggak ada yang kenal. Dan setuju banget foto profil setidaknya mendekati wajah asli biar bisa dikenali. Hehehehe...

    Tapi pas ketemuan sama aku nggak nangis kan mbak?

    ReplyDelete
  39. Saya pernah mbak celigak-celinguk cari blogger yang kenal, apalagi kalau event-nya di luar kota. Mau SKSD kadang masih sungkan hihi

    ReplyDelete
  40. Hahaha, sama! Awal mula nge-blog, ya udah sendiri aja gitu, paling BW ke sini ke sana. Baru sekitar awal tahun lalu deh mulai mengenal dunia blogger dan komunitas2nya. Sejak itu mulai tambah temen2 bloggernya deh :)

    ReplyDelete
  41. suka ada kan list yang akan datang di acara, langsung add friend gitu deh.. supaya nanti nggak sendirian
    eh acaranya malah nggak jadi he.. he..

    ReplyDelete
  42. Kalo aku tuh masalahnya kalo dateng ke event suka lupa nama temen temen padahal beberapa malah sering ketemu di acara .. jadi mau negor malu karena lupa namanya.. yang ada malah aku ditegor duluan hadoh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

iBlogmarket

IBX59815A3F85DAF

Instagram

Followers

Back to Top