Tips Hemat Membeli Furniture dengan Dana Terbatas

tips membeli furniture, hemat membeli furniture, cara hemat mengisi rumah, furniture dengan dana terbatas, tips ddan trik mengisi rumah impian, rumah idaman

Setelah berhasil memiliki rumah impian dengan segala usaha dan ujian yag selalu menyertainya, tahap selanjutnya adalah mengisinya dengan furniture yang tentunya sesuai impian juga.

Emak-emak rempong kaya aku ini, pengen banget punya rumah yang bertema. Ruang tamu temanya classic nuansa merah gold, ruang keluarga nuansa minimalis, dapur nuansa putih, dan sebagainya. Halaaahhhh rempong yes. Nggak papa kaaaann. Namanya juga impian.
Untuk urusan kaya gini (mengisi rumah), emak-emak bakal paling semangat deh. Apalagi kalau dananya nggak terbatas. Tinggal nunjuk maunya yang mana dan cuuusss angkut ke rumah. Woooaaaaa mau banget aku ada di masa seperti itu *halu*.

Kalau ternyata dana yang ada terbatas gimana dong? Yaaa harus pinter-pinter puter otak deh. Emak sebagai #PejuangIrit dan menteri keuangan di rumah, kayanya udah lihai deh urusan puter otak mencari cara agar dana yang ada bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga. Betuuull gak?

Beberapa hal ini sering aku jadikan tips ketika bergumul dengan kegalauan mengisi rumah dengan furniture sesuai keinginan sementara dana terbatas.

1. Tentukan Prioritas.


Yes ini yang paling utama. Mengisi rumah dengan dana terbatas itu nggak bisa langsung semuanya. Harus dicicil. Kira-kira mana yang harus diprioritaskan. Kalau aku, memprioritaskan kamar tidur dan dapur. Iya dong.... nggak mungkin kan dapur kosong. Lah makan apa dong kalau dapur kosong. Kamar tidur juga prioritas karena nggak mungkin bisa tidur nyaman kalau nggak ada tempat tidur.
Bagian rumah yang lain, misal ruang tamu, bisa nanti lah ya diisinya kalau dana sudah tersedia lagi.

2. Custom Order


Untuk beberapa hal, cost membuat furniture akan lebih murah loh ketimbang membelinya. Membuat disini maksudnya kita pesan ke pengrajin ya. Jadi nggak langsung beli ke toko. Dan ini berlaku untuk furniture-furniture besar dimana biasanya harganya cukup menguras dompet, seperti kitchen set, lemari, tempat tidur, sofa, dan meja makan.
Aku sudah beberapa kali membuktikannya. Di saat furniture impian yang ada di toko harganya sangat fantastis, aku bisa mendapatkannya di pengrajin dengan harga yang jauh lebih murah tapi nggak murahan. Bahkan terkadang, dengan harga 1 item di toko aku bisa dapat 2 item di pengrajin. Model yang kita dapat juga benar-benar bisa sesuai keinginan karena jatuhnya kita custom order.

3. Beli Online dengan Garansi Harga Termurah


Emang ada garansi harga termurah di online? Eeehh jangan salah. Ternyata ada loh. Dan ini juga sudah aku buktikan.

Di Shopee ada kampanye "Garansi Harga Termurah, Uang Kembali 2x Lipat" dimana kamu bisa melakukan klaim jika ternyata kamu mendapatkan harga yang jauh lebih murah di e-commerce lain.

Saat ini aku sedang butuh rak buku untuk buku-bukunya krucils yang mulai berserakan. Sudah beberapa kali melihat ke toko, tapi belum menemukan harga yang cocok di dompet. Iseng-iseng cari di online supaya nggak buang-buang biaya transport kesana kemari nyari harga yang cocok. 

Setelah coba cari-cari di online dengan kategori perlengkapan rumah - furniture, ketemulah barangnya di Shopee. Persis sesuai yang aku inginkan, rak buku hitam minimalis. Setelah aku lihat, ternyata barang yang aku mau di stempel "Garansi Harga Termurah, Uang Kembali 2x Lipat". Apa iya? Ahhh ini sih cuma strategi marketing aja, pikirku. Sebelum aku klik beli sekarang, hati ini tergelitik untuk membuktikannya. Maklum lah yaaa namanya juga emak-emak, selisih 1 rupiah pun pasti akan menguntungkan. Wkwkwkw.

Dan ternyata benar. Setelah aku bandingkan di 3 e-commerce lain, harga di shopee adalah harga termurah diantara e-commerce lain. Dengan perbandingan barang yang sama, sama bentuk dan merknya, bisa selisih harga sampai 50 ribua-an. Lumayan kaaannn. Kalau bisa dapat lebih murah, kenapa harus cari yang mahal.

tips membeli furniture, hemat membeli furniture, cara hemat mengisi rumah, furniture dengan dana terbatas, tips ddan trik mengisi rumah impian, rumah idaman


4. Jangan Memaksakan


Sering kejadian nggak nih ya? Ketika lagi liat-liat di toko, ada furniture yang harga diskonnya bikin kita pengen nangis alias murah gila, tapi sebenernya nggak sesuai kebutuhan atau keinginan. Hayoo ngaku... pasti sering deh. Dan kita dibuat glau olehnya. Hahaha..

Hati-hati, jangan terjebak membeli yang bukan kebutuhan atau nggak sesuai keinginan. Karenaaaa yakin deh, walau akhirnya kita beli itu barang diskon, keinginan untuk membeli yang sesuai kebutuhan dan keinginan pasti masih menggebu-gebu. Dan akhirnya malah lebih boros. Jadi lebih baik tahan dulu sampai benar-benar mendapatkan barang sesuai kebutuhan dan keinginan.

***
See, dengan melakukan strategi-strategi di atas, kita bisa mengisi rumah kita dengan furniture-furniture impian. Slowly but sure. Tapi yakin deh hasil akhirnya pasti memuaskan. Dibanding memaksakan diri yang akhirnya malah nggak sesuai impian, malah bete kan. Malah akhirnya pengen jual-jualin semua yang nggak sesuai impian dan mulai mendekor ulang agar sesuai impian. Dan aku masih berjalan nih demi memperoleh rumah beserta isinya yang sesuai impian, Classic Minimalis. Ayeeee....

40 comments

  1. Poin ke 2 aku seringnya kecewa, mba. Ga sesuai harapan kita bgt. Jadi aku prefer ke no 3. Beli online dengan harga murah ^_^. Tapi aku baru tau loh kalau shopee ada garansi harga murahnya. Jadi pengen liat2 di shopee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya mba? Aku alhamdulillah dapet pengrajin yang cucok sama kemauan aku.

      Delete
  2. Aku banget ini yg sering kalap beli barang2 yg ga butuh :( . Ntah udah brp banyak baranh yg ujung2nya malah ga bisa kepakai.. Rencanaau dijual lagi tp fotoin dan upload ke online shop ga pernah sempet hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakit emak2 iniii... hahahaha
      Klo liat diskon pasti kalap. Padahal mah harganya gak jauh beda sama sblm diskon.

      Delete
  3. Makasih sharenya ya mak, praktekin ah kalau mau beli furniture, :)

    ReplyDelete
  4. Nah ini kebiasaan aku mba Wian. Pas liat ada furniture murah trus jadi galau. Tapi untunglah aada suami yang menyadarkan dan bilang "Mau naruh dimana?". Hehhehee. Asik ah penasraan pengen langsung ke SHopee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kadang blm bisa lepas dari godaan diskon mba..

      Delete
  5. Aku penggemar no.2 banget. Cari majalah Ikea dan sejenisnya, bawa ke tukang mebel.. hiihii

    ReplyDelete
  6. Wahh aku baru tau kl ada garansi harga murah dishopee. Pdhal suka pesan disitu krn banyak promo.ntar cek-cek lg ahh

    ReplyDelete
  7. Suami saya nih yg suka belanja2 furnitur

    ReplyDelete
  8. aku lagi cari meja belajar buat anakku yang nggak makan tempat :D kayaknya bisa meluncue deh ke shopee

    ReplyDelete
  9. Boleh neh tipsnya. Kebetulan lagi butuh meja kerja juga. Soalnya kelamaan lesehan suka sakit.

    ReplyDelete
  10. Halo mba. Salam kenal. Sharingnya bermanfaat sekali ..terutama untuk yang dompetnya terbatas kaya saya nih. Thanks 4 sharing

    ReplyDelete
  11. Dulu orang tua saya selalu custom order. Tapi sekarang udah sepuh banget yang biasanya bikin furniture di rumah. Memang agak susah cari tukang yang sesuai dengan keinginan. JAdi sekarang beli jadi aja

    ReplyDelete
  12. wah no 4 itu jangan memaksa, tapi keinget terus hahahaha

    ReplyDelete
  13. sementara ini belum coba di lazad.. jadi belum bisa nyimpulkan

    ReplyDelete
  14. saya shopee lovers banget nih mba, soalnya gratis ongkirnya ngebantu banget untuk saya yang di daerah ini ^^

    ReplyDelete
  15. aku lg mikir kl beli furniture online lbh mahal ngga ya? kan ongkirnya mayan tuh, apalagi kl furniturenya lumayan gede :D si shopee ini apakah ongkirnya bebas utk semua jenis furniture?

    ReplyDelete
  16. Rumah mamahku tuh penuh furniture jati ala jadoel gitu yang pesen, digambar dulu dll. Sekarang sih aku pribadi suka yang simple aja dan kekinian. Di Shoppe bagus2 ternyata. Aku udah liat2 juga. Mau beli online ah jadinya. Biar isi rumahku makin kece. Makasih infonya ya mb Wian 😁

    ReplyDelete
  17. Dulu pengin rumah diisi macam2, tapi habis renov dan ngerasa beratnya pindahan rasanya malah ingin sedikit furniture, ternyata memang rumah terasa lebih lega dengan perabot minimalis. (@puspa)

    ReplyDelete
  18. Tips yang bermanfaat. Memang godaan pas ada diskon murah itu ada. Terima kasih, ya...

    ReplyDelete
  19. makasih buat tipsnya. Bermanfaat banget.Btw, beneran itu si shopee murah2 yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga belum tahu nih kalau yang lazada.. huft

      Delete
  20. Makasih tipsnya kak,,duhh kadang suka lupa emlakukan perbandingan harga.

    ReplyDelete
  21. Makasih buat tips nya, berguna banget buat yang mau berkeluarga

    ReplyDelete
  22. Coba aagh pake cara2nya. Heeheh siapa tau aja cespleng.

    ReplyDelete
  23. nice sharing mba, kepake banget nih tips2nya :)

    ReplyDelete
  24. dulu saya isi rumah juga dengan cicil... beli dulu 1 lemari.. trus beli lagi rak buat dapur.. tau tau isi rumah lengkap.. kalo beli sekaligus gak nahan duitnya heheh

    ReplyDelete
  25. Pengiriman untuk furniturenya bisa juga ya di shoppee? Ada cost tambahannya gak mbak?

    ReplyDelete
  26. Belum pernah nyobain belanja di Shopee..coba nanti ceki-ceki..mau tahu harga barang yang ku incer, bener nggak ya lebih murah..

    ReplyDelete
  27. Wah, ini dia tips yang aku butuhkan. Sebelum nikah ini, aku sama pacar sering jalan-jalan liat furnitur, buat ngebudget kalau udah ada rumah nantinya.

    ReplyDelete
  28. kalo aku dulu pas beli rumah bingung g ada dana beli perabotan jadilah aku nodong bos2 yg g hadir ke pernikahan hehe eh keisi tuh rumah hahaha

    ReplyDelete
  29. baru tahu shopee ada furniture segala mba tak kirain cuman baju jilbab yg kayak gitu hehehe *kudet

    ReplyDelete
  30. Saya juga sudah membuktikan Mbak kalau harga di pengrajin furniture itu bisa setengah dari harga toko.

    ReplyDelete
  31. Jd inget dulu pas isi kamar kosan haha. Emang isinya satu2 dulu sih ya, mana yg plg butuh dulu. Kdg kl ke toko furniture, spt Informa, yg ada mah gelap mata ya, suka beli yg ga butuh. Haha. Jd mesti bener2 di list dulu ya :D

    ReplyDelete
  32. Jd inget dulu pas isi kamar kos. Belinya emang nyicil ya, mana yg penting dulu. Trus kl mau beli ke toko furniture spt Informa gitu mesti beneran dibuat list nya deh, biar ga gelap mata hahahaa.

    ReplyDelete
  33. Aku belum pernah belanja di Shopee tapi katanya sih emang barang - barangnya worth sama harganya. Penasaran tapi takut kalap hahahaha :)))))

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih