Supaya ASI Mengalir Deras

Saturday, March 18, 2017

Asi lancar, asi berlimpah, asi eksklusif, booster asi, tips menyusui, tips asi, rahasia asi,asi cukup, pijat payudara

Tau nggak apa yang aku takutkan ketika hamil? Banyak! Salah satunya adalah nggak bisa memberikan ASI untuk anakku nanti. Semakin banyak membaca informasi mengenai ASI tentu membuat pengetahuan aku bertambah. Tapi di sisi lain juga membuat aku takut. Karena apa? karena banyak juga aku membaca kisah para ibu yang nggak bisa menyusui anaknya karena ASI mereka nggak keluar. Makanya aku berusaha banget supaya ASI aku nantinya deras. Bahkan segala usaha aku lakukan semenjak usia kandungan aku 5 bulan.

Memberika ASI eksklusif selama 2 tahun sangat bagus untuk perkembangan anak, baik fisik maupun kepintaran. Dan ini terbukti dari kedua anakku. Anak pertama mendapatkan ASI hampir eksklusif (2 tahun kurang 3 bulan). Berhenti ASI karena saat itu aku mengandung anak kedua. Sedangkan anak kedua hanya mendapatkan ASI sampai usia 1,5 tahun. Berhenti ASI karena nggak kuat selalu digigit dan di tarik (anak cowo biasanya kan lebih gragas dan ganas kalau menyusui. Aku nggak sangguuupp. Hehehe). Nah, kelihatan banget tuh perbedaan dalam hal daya tahan tubuhnya. Anak kedua aku lebih mudah sakit dibanding anak pertama aku. Dan disini aku sedikit menyesal kenapa waktu itu aku nggak bertahan aja.

Untuk para ibu hamil, beberapa hal ini bisa loh dilakukan (bahkan semenjak hamil) sebagai upaya supaya ASI mengalir deras.

1. Pijat payudara

Aku lupa aku pernah dapat informasi dari mana mengenai hal ini. Tapi yang aku ingat, payudara harus rajin di pijat supaya nantinya ASI akan mengalir deras. Memijat payudara bisa dilakukan dengan mengolesi payudara dengan baby oil atau minyak kelapa terlebih dahulu. Ada beberapa metode pijat yang biasa aku lakukan :
  • Pijat arah memutar dari mulai bagian dada sampai ke bagian aerola.
  • Pijat arah kedepan. Posisikan tangan seperti kita hendak mengangkat payudara dari arah perut menuju atas. Angkat payudara secara lembut dan arahkan kedepan.Ketika tangan sampai di aerola, sedikit tarik dan lepaskan. Pelan-pelan saja ya....

2. Bersihkan puting payudara

Biasanya nih ketika hamil, puting payudara kita agak sedikit kotor dengan kerak putih. Konon katanya itu tanda-tanda ada ASI. Nah kerak putih itu rutin dibersihkan dengan minyak kelapa. Setelah dibersihkan, puting sesekali di tarik supaya nantinya puting nggak mendelep ke dalam. Karena ada beberapa kasus ibu yang putingnya mendelep sehingga agak susah untuk menyusui. Nah ini salah satu upaya supaya puting nggak mendelep.

3. Depend on Demand

Produksi ASI itu tergantung permintaan. Semakin tinggi permintaan, berarti ASI akan semakin banyak berproduksi. Untuk itu sering-seringlah menyusui secara langsung. Biasanya bayi baru lahir sering banget tidur dan malas bangun untuk nyusu. Padahal seharusnya mereka rutin menyusui langsung minimal 3 jam sekali. Kalau dulu aku biasanya sengaja bangunin mereka tiap 3 jam sekali. Banguninnya bisa dikitik-kitik telapak kakinya atau bahkan dibuka bajunya.

Selain menyusui langsung, sebaiknya rutin di pompa juga. Apalagi untuk ibu bekerja yang harus menyetok ASI sebelum kembali bekerja. Biasanya aku ketika sedang menyusui di payudara kanan, maka payudara kiri aku keluarkan juga ASInya dengan cara di pompa, atau sebaliknya.

Oya, gerakan mulut bayi ketika sedang menyusu adalah hal yang paling ampuh untuk memperbanyak produksi ASI loh. Jadi lebih perseringlah menyusui secara langsung dibandingkan di pompa.

4. Makan makanan sehat

Kalau ini sih sudah pasti dilakukan sama semua ibu ya. Makan makanan sehat untuk membantu memperbanyak ASI. Sayur katuk jadi menu wajib aku setiap hari. Setiap ibu punya cara masing-masing dalam hal makanan untuk memperbanyak ASI. Makanan berlemak juga biasanya memperbanyak produksi ASI. Bahkan makanan berlemak juga bisa meningkatkan kadar lemak di ASI kita. Jadi biasanya setelah makan makanan berlemak, ASI kita akan lebih kental dan mengenyangkan bayi. Jadi sering-sering lah makan steak. Hahahaha....

5. Tampung ASI

Pernah nggak merasakan ketika sedang menyusui, payudara sebelahnya juga mengalirkan ASI dengan sendirinya? Makanya itu di atas aku tulis supaya pompa ASI ketika sedang menyusui langsung. Jika payudara sebelah nggak dipompa, maka solusinya adalah dengan menampung ASI. Aku memakai Medela Milk Collection Shells untuk payudara yang sedang tidak disusui langsung. Lumayan loh bisa sampai penuh (kira-kira 50ml). Sayang kan kalau terbuang sia-sia di bra atau breast pad.

Asi lancar, asi berlimpah, asi eksklusif, booster asi, tips menyusui, tips asi, rahasia asi,asi cukup, pijat payudara
Medela Milk Collection Shells


6. Me Time

Percaya deh, kondisi ibu yang bahagia (nggak stress) akan memperbanyak ASI. Jadi sempatkanlah untuk me time. Ketika suntuk mengurus bayi, sesekali boleh loh minta bantuan suami/ibu untuk bergantian tugas sementara kita leyeh-leyeh sambil menikmati makanan (karena biasanya ibu dengan bayi, nggak bisa menikmati makanan dengan tenang).

7. Booster ASI

Asi lancar, asi berlimpah, asi eksklusif, booster asi, tips menyusui, tips asi, rahasia asi,asi cukup, pijat payudara

Setelah semua hal di atas sudah dilakukan, tambahkan juga konsumsi ASI Booster Tea secara rutin. ASI booster tea merupakan minuman teh pelancar ASI alami. Nggak ada ruginya konsumsi teh pelancar ASI ini karena memiliki beberapa keunggulan :
  • Melancarkan ASI hingga 900% dalam waktu 24 jam - 72 jam
  • 100% herbal yang aman untuk ibu dan bayi
Dilihat dari kandungan yang terdapat dalam ASI booster tea, teh ini nggak hanya bermanfaat untuk memperbanyak ASI tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.
  • Fenugreek seed
  • Fenugreek powder
  • Fennel seeds
  • Fennel powder
  • ANISE. Memiliki fungsi penyembuhan untuk kolik, perut kembung, batuk, asma, dan nyeri haid.
  • Cinnam venum. Berperan mengurangi kadar kolesterol LDL, memiliki senyawa anti infeksi alami dan mengurangi rasa sakit terkait dengan arthritis terutama pasca operasi caesar.
  • Alpinia Powder. Bermanfaat untuk menekan prostaglandin yang menghambat produksi enzim siklo oksigense dan akan merangsang produksi ASI untuk ibu menyusui.
  • Habbatussauda. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus, kuman dan bakteri, meningkatkan fungsi otak.


Terlepas dari itu semua, satu hal yang harus selalu dimiliki ibu menyusui adalah KEYAKINAN. Yakin ASI akan mengalir deras dan yakin ASI CUKUP untuk anak. Sekali kita nggak yakin, maka produksi ASI akan otomatis menurun.

Semangat berjuang para Ibu Pejuang ASI!!!

You Might Also Like

27 comments

  1. semangat maak, saya juga pejuang ASI dulu tapi udah lulus. Semua tips juga saya lakuin dan mujarab, cuma dulu saya belum kenal booster ASI. Informatif maak..
    Salam kenal yaa

    ReplyDelete
  2. Makasih sharingnya. Tipsnya membantu banget


    www.reistilldoll.com

    ReplyDelete
  3. Semua cara di atas pernah aku coba mba pas hamil dulu. Termasuk nyobain tea booster itu.. Memang bikin tambah banyak kok, walopun aku g begitu suka baunya.. Tapiii, krn ngalamin baby blues di anak pertama dan kedua, jdnya aku sempet ga mau nyentuh anak2, ga mau nyusuin, nmsampe akhirnya asi jd stop... Cuma bertahan 1.5 bln anak pertama, dan 1 bulan anak kedua. Tapi ya sudhlah... Yg ptg yang sekarangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua ibu punya ceritanya masing-masing dan semua ibu hebat. Nggak bisa hanya melihat dari berhasil/nggaknya ngaish ASI.
      Aku juga sempet loh mba sampe baby blues. Bukan nggak mai nyentuh anak2, tapi selalu nangis dan merasa bersalah tiap anak nangis.

      Delete
  4. vitamin atau suplemen tambahan agar asi mengalir bnyak memang penting bngt mbak. nanti kl hamil dan menyusui lagi mau coba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan ngebantu banget mba vitamin booster ASI..

      Delete
  5. Alhamdulillah sih ASU selalu lancar :D Pas anak kedua rada seret karena babyblues jadi pikiran harus selalu senang he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...
      Iya ya Mba pikiran emang ngarus banget ke ASI. Jadi harus selalu happy

      Delete
  6. Makan yang berlemak bisa membantu produksi ASI juga ya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman yang lalu gitu Mba. Setiap abis makan berlemak, ASI jadi lebih banyak dan kental.

      Delete
  7. kalau aku biar ASI banyak, pertama makan daun katuk atau daun kacang.. 4 bulan nggak pernah putus, sampe enek rasanya.. hiks3..
    terus minum air mineral yang banyak.. sudah gitu saja..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya tuh.. aku juga sempet makan sayur katuk setiap hari

      Delete
  8. Saat masih nyusuin dulu saya juga minum ASI booster yang mengandung fenugreek, lumayan ngaruh :D

    ReplyDelete
  9. Terima kasih untuk sharingnya ya Mbak.

    Semangat ngASI dan selalu happy :)

    ReplyDelete
  10. saya kan cowok ,,, kayaknya cowonya juga harus rajid pada istrinya ,,, ya ngasih uangnya buat beli booster,,haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar istri selalu happy mas. Otomatis ASInya lancar :)

      Delete
  11. anakku ASI cuma setahun, Mbak... ya itu juga sich, digigit sampai bernanah... hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi trauma aku mba gara-gara digigit.

      Delete
  12. Tip membersihkan puting itu membantu banget memperlancar ASI. Dan pengalaman saya ternyata masih banyak yang belum tau. Booster juga membantu untuk para ibu yang ASInya kurang lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba itu membantu banget. Karena biasanya kan tertutup kerak asi.

      Delete
  13. Booster ASI emang perlu ya mbak untuk para ibu yang ngerasa ASInya kurang.. Aku alhamdulillah nyusuin sampe 4 tahun. Weheheheheee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woooowwwwww 4 tahun??? luar biasa banget mba.

      Delete
  14. Bener mba.. aku dulu juga sempet takut Asi aku sedikit. Alhamdulillah ternyata cukup sih. Tapi buat aku sih, yg harus dijaga itu adalah jangan terlalu cape karena cape itu bener2 bikin Asi berkurang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan berlimpah tapi yang penting cukup ya Mba

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

iBlogmarket

IBX59815A3F85DAF

Instagram

Followers

Back to Top