Serangan Neuropati Selalu Mengintai Gaya Hidupmu

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas


Pikiranku kembali ke belasan tahun yang lalu, saat aku duduk di kelas 3 SMA. Ingat sekali saat itu sedang pelajaran biologi dimana biasanya Bu guru mendikte materi sambil bercerita. Sementara kami para murid dengan sigap mencatat apa yang sekiranya perlu kami catat dan ingat.

Tiba-tiba konsentrasiku pecah karena alat tulisku berhenti bergerak dan tanganku nggak bisa lagi menggenggamnya. Seketika itu alat tulis jatuh karena tanganku nggak sanggup lagi menggenggamnya. Sekuat tenaga aku coba ambil lagi alat tulis tadi dan sekuat tenaga aku coba menulis lagi. Tapi nihil!!! Aku nggak berhasil. Telapak tangan kanan terasa kesemutan sehingga nggak sanggup untuk di kepal. 


Aku coba istirahatkan tangan kananku. Aku coba untuk menggerak-gerakannya dan mengepalnya berulang kali hingga pada akhirnya tanganku kembali normal.



Itulah pertama kalinya aku merasakan kesemutan seperti itu. Apakah nggak pernah terulang  lagi? Tentu tidak. Beberapa kali aku kembali merasakannya. Dan beberapa kali juga kembali normal setelah aku merilekskan tangan aku dan selalu menggerak-gerakannya ketika kesemutan datang.

Terakhir kali kesemutan itu kembali datang adalah beberapa tahun lalu, ketika tiba-tiba aku nggak bisa menekan keyboard komputer. Karena sudah cukup sering aku merasakannya, aku cerita ke ibu kalau telapak tangan sering banget kesemutan. Oleh ibu, aku disarankan ke dokter spesialis saraf yang ada di RS Global. Serangkaian pemeriksaan dilakukan. Hasil pemeriksaan nggak menunjukan sesuatu yang aneh. Alhamdulillah... Aku hanya diberi vitamin oleh dokter.

Selain minum vitamin, ibu menyarankan aku untuk terus menggerakkan telapak tangan dan jari-jari dengan berdzikir. Kalu biasanya aku berdzikir menggunakan tasbih, maka mulai saat itu aku berdzikir menggunakan jari dan telapak tangan.



Sampai saat ini, sebelum aku mendengar  mengenai Neuropati, aku hanya menganggap kesemutan yang sering aku alami hanyalah kesemutan biasa saja. Toh sudah diperiksa dokter juga pikirku.

Tapi setelah aku mendengar mengenai Neuropati, aku jadi berfikir jangan-jangan ini lah yang sebenarnya menyerang aku.

Apa itu Neuropati?


Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh PT Merck bekerjasama dengan MarkPlus Insight pada tahun 2014 dengan 900 responden di 6 kota besar, 90% masyarakat Indonesia tidak mengetahui mengenai neuropati. Sementara itu, masyarakat Indonesia menghabiskan sebagian besar waktunya dengan menjalani aktivitas dan gaya hidup penyebab neuropati. (sumber : www.sarafsehat.com).

Akupun baru paham mengenai neuropati beberapa hari ini.

Neuropati adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi-kondisi yang berkaitan dengan gangguan fungsi saraf. 

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas

Perhatikan beberapa gejala neuropati berikut ini ....

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas

Atau, Pernah nggak kamu merasa tiba-tiba kram? Ketika kamu merasakan hal-hal tadi, maka kamu harus waspada terkena neuropati.

Aku  juga sering nih ngerasa tiba-tiba kram di kaki dan telapak kaki. Huhuhuhu....


Gaya Hidup


Disadari atau tidak, gaya hidup yang kita jalani memiliki kontribusi besar dalam setiap penyakit atau keluhan kesehatan yang kita hadapi. Contohnya ya neuropati ini. 

Ketidakseimbangan pola hidup menjadi salah satu penyebab terkena neuropati. Terkadang kita nggak bisa mengimbangi pola hidup kita dengan olah raga dan makanan sehat. 

Selain pola hidup nggak seimbang antara bekerja, olah raga, dan makanan sehat, neuropati juga bisa di sebabkan oleh :

Terlalu sering bermain gadget

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas

Mungkin pernah juga nih ngalamin apa yang aku alami ketika terlalu sering pegang gadget. Tiba-tiba tangan kram, kebas atau kesemutan ketika sedang asyik main game di gadget atau ketika sedang asyik stalking media sosial selama berjam-jam.

Memakai high heels

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas

Be aware girls!! Terlalu sering memakai high heels ternyata juga nggak baik. Terkadang setelah kita berjam-jam memakai high heels, betis kita tiba-tiba terasa tertarik ke atas. Bener nggak? Ini yang membuat aku lebih senang pakai sneakers atau flat shoes. Udah nggak kuat ngerasain betis ketarik. Faktor U (umur) juga kali ya. Hehehe.

Sering memakai keyboard dan mouse

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas

Untuk kita yang sehari-hari sering banget berhubungan langsung dengan PC maupun laptop, pasti akan sering mengalami rasa sakit, nyeri dan melemahnya otot pada bagian pergelangan tangan.

Kekurangan vitamin neurotropik (B1, B6, B12)

Bertambahnya usia sehingga terjadi penurunan fungsi saraf

Menderita diabetes



Beberapa penyakit yang disebabkan oleh neuropati 

1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas


Penyakit yang disebabkan karena terganggunya saraf tengah karena tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan. CTS adalah baal, kesemutan nyeri, dan kelemahan di ibu jari, telunjuk dan jari tengah sebagai hasil dari iritasi saraf median di pergelangan tangan.


Gejala CTS :
  • Rasa kebas dan parasthesia (seakan-akan terbakar dan bergetar) di ibu jari, telunjuk, dan jari tengah atau di telapak tangan
  • Susah menggenggam dan mengepalkan tangan
  • Sering menjatuhkan barang

2. Low Back Pain (LBP)

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas


Penyakit yang disebabkan oleh ketegangan otot yang berhubungan dengan pekerjaan fisik yang berat, mengangkat atau pergerakan yang terlalu dipaksa, membungkuk, atau posisi berdiri di satu sisi yang terlalu lama.

Gejala LBP :

Nyeri mendadak, yang disertai gejala neurologis seperti kelemahan dan kekakuan, pada bagian pinggang, bokong, dan kaki.


3. Kesemutan

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas


Paling sering terasa pada alat gerak atau ekstrimitas, seperti tangan, kaki, jari, dan kadang-kadang bisa terasa juga di bagian tubuh lain.


4. Diabetic Neuropati

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas


Merupakan kerusakan saraf sebagai komplikasi serius akibat diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dapat menciderai serat-serat saraf, umumnya pada kaki. Diabetes neuropati dapat menimbulkan nyeri, mati rasa dan gangguang pada saluran pencernaan, kemih, pembuluh darah dan jantung.


Lawan Neuropati


Memahami mengenai neuropati beserta penyakit-penyakit yang bisa diakibatkan oleh neuropati dan beberapa gejala yang tanpa sadar sering aku alami, membuat aku sadar akan pentingnya menjaga kesehatan saraf. Dan sudah seharusnya aku mulai memperhatikan gaya hidup yang selama ini aku jalani. Meskipun sekarang jarang bahkan hampir nggak pernah lagi mengalami kebas dan kesemutan di bagian telapak tangan, tapi rasa nyeri di pergelangan tangan masih kadang aku rasakan ketika terlalu lama mengetik di PC maupun notebook.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melawan neuropati dengan menjaga kesehatan saraf. Antara lain :
  1. Jalani pola hidup sehat dengan menyeimbangkan aktivitas rutin kita dengan berolahraga. Aku pribadi mem-push diri aku untuk berolahraga minimal satu minggu sekali. Atau jika kamu bisa meluangkan waktu 5 - 10 menit 3 kali sehari  untuk sedikit melakukan gerakan pemanasan, tentu akan lebih baik.
  2. Makan makanan bergizi. Di tengah-tengah kesibukan kita, terkadang kita memilih makanan yang tentunya nggak membutuhkan waktu lama dalam pengolahannya. Di jaman serba praktis ini, kita cenderung memilih sesuatu yang simpel dan praktis. Begitupun dengan mimilih makanan. Makanan instan dan junk food sepertinya sudah menjadi gaya hidup kita. Perlahan tapi pasti, yuk kita sama-sama untuk memulai makan makanan bergizi seperti ikan, daging, kacang-kacangan, gandum atau beras merah dan susu. PR juga nih buat aku... *semangaaaatttt
  3. Istirahat yang cukup dengan maksimal 8 jam atau tidak kurang dari 6 jam per hari. Hayoo siapa yang masih sering tidur larut malam? Akuuuuuu. Hehehe.. PR lagi nih. 
  4. Cukup asupan vitamin Neurotropik B1, B6, dan B12.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan saraf adalah dengan mencukupi asupan Vitamin Neurotropik B1, B6, dan B12. 

Udah ada yang tau belum ya kalau ada vitamin neurotropik yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saraf kita? Jujur, aku baru tau loh. Seandainya aku sudah terinformasi dari dulu sejak serangan pertama, aku pasti akan langsung mengkonsumsi vitamin ini.

Neurobion merupakan kombinasi vitamin neurotropik (B1, B6, dan B12) yang dapat memperbaiki sel saraf tepi penyebab kebas dan kesemutan.

Ada dua jenis neurobion yang bisa kita pilih :

1. Neurobion Putih

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas, neurobion, neurobion vitamin saraf

Neurobion berfungsi meregenerasi sel saraf sehingga tubuh bebas dari gejala pegal, kram, dan kesemutan.

Memiliki komposisi vitamis B1 : 100mg, vitamin B6 : 200mg, vitamin B12 : 200mcg.


2. Neurobion Forte

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas, neurobion, neurobion vitamin saraf

Neurobion forte bisa dikonsumsi untuk gejala sedang yang sudah mengganggu aktifitas sehari-hari.

Memiliki komposisi vitamin B12 yang lebih besar, vitamin B1 : 100mg, vitamin B6 : 100mg, vitamin B12 : 5000mcg.


Ini beberapa alasan kenapa kita perlu mengkonsumsi neurobion sebagai salah satu upaya melawan neuropati :
  1. Dosisnya tepat untuk konsumsi rutin harian
  2. Aman dikonsumsi dan tanpa efek samping
  3. Terpercaya dan direkomendasikan oleh dokter
  4. Diproduksi oleh Merck, perusahaan farmasi Jerman terpercaya
  5. Praktis

Neuropati, Gejala Neuropati, Lawan neuropati, cegah neuropati, kesemutan, kebas, nyeri, gangguan saraf, penyaikit saraf, vitamin saraf, suplemen saraf, vitamin neurotropik, Obat penyakit saraf, Gaya hidup penyebab neuropati, penyebab neuropati, penyebab gangguan saraf, penyebab kesenutan, penyebab kebas, neurobion, neurobion vitamin saraf

Yuk kita ubah gaya dan pola hidup kita supaya terhindar dari neuropati dan penyakit lainnya. Mari bersama kita Lawan Neuropati. Kalau bukan dari diri kita sendiri, dari mana lagi....

Untuk lebih memahami neuropati, bisa dilihat di video berikut ....



Keep Healthy!!!



Bahan rujukan :


51 comments

  1. Wahhh, aku jg tiap hari pegang mouse sama keyboard mbak 😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering-sering digerakin de sela-sela ngetik mba.

      Delete
  2. Neurobion saya pernah minum, tapi karena badan capek banget nyaris drop. Baru tau kalau ternyata bisa untuk kesemutan atau kebas karena kelamaan pegang hp atau mouse. Saya pun sering kesemutan gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah blm pernah konsumai neurobion.

      Delete
  3. Aku langsung baca situ liat judulnya..dari beberapa gejala kayak sering kesemutan ama kram sering banget mengganggu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba mengganggu banget. Sampe kadang nggak bisa ngapa-ngapain dalam beberapa saat.

      Delete
  4. Sya menderita ini nih...obatnya mehong Dr dokter spesialis...sepertinya hrs nyoba Neurobion nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lekas sembuh ya mba. Sehat itu memang mahal ya mba..

      Delete
  5. Aku nih sering kesemutan. Ga bisa duduk bersila.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya mba? Padahal duduk yang paling nyaman tuh bersila..

      Delete
  6. makasih sharingnya aku biasa makan neurobion juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dong ya mba udh konsumsi neirobion. Jd insyaAllah terhindar deh tu dengan gangguan saraf

      Delete
  7. Saya sering keram kaki, apalagi setelah berjalan jauh dan menggunakan Hugh hill. Terima kasih artikelnya bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya aku sekarang jarang banget make high heels mba..

      Delete
  8. Ooo itu nama lain kesemutan ya mbak, baru tau. Aku bbrp ali jg ngalamin sih, mungkin krn sering ngetik kali ya
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun baru tau mengenai istilah ini mba. Di jaman sekarang memang sepertinya yg lebih banyak di serang adalah bagian tangan. Karena gak bisa lepas dari hp dan komputer.

      Delete
  9. Rasanya kesemutan yang paling sering dialami, khususnya kalau habis duduk bersila atau kaki ditekuk dalam waktu yang cukup lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi neuropati atau bisa juga nggak ya mba. Semoga hanya kesemutan biasa

      Delete
  10. Klo aku, sering kesemutan pasca operasi sesar mb...nggak ngerti ada hub pa nggak..tangan kanan terutama. Blm cek ke dokter sih..tapi mngkin gaya hidup juga, pegang hape tiap hari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya mba? Kesemutan di perut?

      Delete
    2. Di tangan...
      Tapi sering ngerasa kesemutannya pasca sc. Nggak ngerti ada hub apa nggak..

      Delete
  11. Eh iyaaa, aku suka minum neurobion kalo lagi pegel-pegel banget.. Tapi aku baru ngeh nih tentang neuropati.. Heheheheee. Makasi infonya ya maaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama maaakk.
      Nah aku malah baru tau loh tentang neurobion.

      Delete
  12. harus sering olahraga yah mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba. Ibu dan bbrp rekan yg sudah agak berumur juga dianjurkan dokter utk sering olah raga.

      Delete
  13. Berarti kesemutan itu penyakit za..... Kirain semua orang juga mengalaminya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau datangnya nggak sering mungkin bukan sesuatu yg serius..

      Delete
  14. ih pantesan tangan sering kesemutan, gak kepikiran kalo itu bisa gara sering ngetik di kantor hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plus sering pegang hp dlm waktu lama mba. *akubanget

      Delete
  15. baru tahu kalau nama sakitnya neuropati. makasih infonya.


    anggiputri.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss ah mba. Aku juga baru tau istilah ini

      Delete
  16. Yeyyy makasih atas infonya mengenai neuropati mbak.
    Gimana pun juga kita jarang memeperhatikan penyakit ini, ternyata ngeri juga ya.
    Kesemutan jg bikin sakit huhuhuuu
    makan sehat dan rajin olahraga kuncinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba. Kunci sehat ya cuma makan yang sehat dan olah raga.

      Delete
  17. sepertinya saya sedang terserang neuropati Mbaa, beberapa waktu terakhir saya sering banget merasa kesemutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu kayanya banyak ya yg sering kesemutan..

      Delete
  18. Aku suka banget kesemutan & emang selalu minum neurobion. Jadi cocok lah ya :D

    ReplyDelete
  19. Weh, baru tahu nih tentang Neuropati
    sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  20. aku baru ngeh lagi penyakit satu ini, untung di share makasih lhooo infonya berguna ^_^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saling share mba. AKu juga baru ngeh mengenai penyakit ini

      Delete
  21. keram dn kesemutan saya sering merasakannya di kaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mba.... aku juga. Seringnya pas lagi olahraga malah...

      Delete
  22. Kapok banget deh aku pakai high heels saat acara wisuda kemarin mbak, bikin kaki jadi kesemutan dan nyeri. Untung ada neurobion yang bisa menurangi gejala tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku klo kondangan pakai high heels, aku pasti langsung nyari kursi supaya bisa langsung duduk.

      Delete
  23. Hampir semua neuropati nya pernah saya rasakan, kalau muncul mau coba pakai Neurobion..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah aku udah jarang kambuh lagi. Sekarang udah sedia naurobion di kotak obat...

      Delete
  24. kesemutan itu gak enak, apalagi klo lagi di luar rumah, mengganggu banget, untung ada neurobion

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganggu banget mba klo tiba-tiba kesemutan

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih