Hati-hati dengan Oleh-oleh Khas Bogor yang Satu Ini, Bika Bogor Talubi

Senin, Januari 02, 2017

Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor


"Bun, aku lagi di Bogor nih. Kamu mau dibawain apa? roti unyil atau asinan bogor?"

Begitulah kira-kira yang suami tawarkan saat sedang ada urusan kantor di Bogor.

Ya, seperti yang kita tau, roti unyil dan asinan bogor menjadi oleh-oleh khas Bogor yang kita kenal sejak dulu. Bahkan sampai sekarang pun yang aku tau ya dua makanan itu yang menjadi oleh-oleh khas Bogor.

Ternyata aku termasuk kudet (kurang update) juga untuk urusan yang satu ini. Ada yang tau atau pernah denger tentang Bika Bogor Talubi? kalau belum, berarti kamu sama kudetnya seperti aku. Hehehe

Mungkin selama ini, bika yang kita kenal hanyalah bika ambon, yang menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Medan. Nah sekarang ada yang namanya Bika Bogor. Sesuai namanya, bika ini berasal dari Bogor. 

Bika Bogor Talubi


Talubi berasal dari kata Talas dan Ubi. Jadi bahan utama dari Bika Bogor Talubi ini adalah talas dan ubi. Kreatif ya inovasinya.


Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Talas dan Ubi yang menjadi bahan utama dari Bika Bogor Talubi


Toko dari Bika Bogor Talubi terletak di 3 lokasi berbeda yaitu :
  1. Jl.Padjajaran No. 20 Bogor
  2. Jl. Raya Gadog (sebelah Vimalla Hills Puncak - Bogor)
  3. Jl. Sholeh Iskandar No. 18 Bogor


Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Bika Bogor Talubi, kelembutannya menggoda

Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Hati-hati jika masuk ke toko ini. Karena akan ketagihan dengan kelembutan Bika Bogor Talubi

Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Lokasi toko Bika Bogor Talubi

Varian Rasa dan Jenis Bika Bogor Talubi


Varian rasa dari bika bogor ini macam-macam loh. Ada 4 varian :


  1. Bika Bogor Talas : Berwarna keunguan yang menandakan varian ini bahan dasar utamanya adalah talas.
  2. Bika Bogor Coco Pandan : Berwarna hijau dengan rasa dan aroma daun pandan. Bahan dasar dari bika varian ini adalah campuran antara talas dengan ubi.
  3. Bika Bogor Nangka : Berwarna kuning dengan rasa dan aroma nangka. Bahan dasar dari bika varian ini adalah campuran antara talas dengan ubi.
  4. Bika Bogor Ubi Madu : Berwarna kuning alami yang menandakan varian ini bahan dasarnya adalah ubi.
Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Bika Bogor Talas
Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
BikaBogor Coco Pandan

Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Bika Bogor Nangka

Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Bika Bogor Ubi Madu


Seperti yang kita ketahui dari kebanyakan bika, bentuknya pasti persegi atau segi empat. Berbeda dengan kebanyakan bika yang ada di luaran, Bika Bogor Talubi ini memiliki 2
jenis bentuk.

  1. Persegi seperti kebanyakan bika lainnya.
  2. Mini. Seperti namanya, bika jenis ini bentuknya bulat mini yang tinggal di "Hap" masuk kedalam mulut.

Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Bika Bogor bentuk persegi

Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Bika Bogor mini

Kedua jenis bika di atas, memiliki varian rasa dan aroma serta menggunakan bahan-bahan yang sama. Hanya bentuknya saja yang berbeda. Jadi tinggal sesuai selera kamu. Kalau aku pribadi, prefer yang mini karena makannya tinggal hap aja. Dan bisa puas nyobain semua varian rasa dan aroma.

Untuk harganya, Bika Bogor Talubi berbentuk persegi dibandrol dengan harga Rp35.000/dus. Sedangkan Bika Bogor Talubi mini dibandrol dengan harga Rp29.000/dus, dimana satu dusnya terdiri dari 10 buah bika mini dengan 3 varian rasa dan aroma yang berbeda.


Hati-Hati Tergoda

`
Untuk masa kadaluarsa Bika Bogor Talubi ini adalah 4 hari. Tapi yakin deh sebelum 4 hari udah bakalan ludes bikanya. Karena rasanya memang enak dan lembut banget di mulut. Kesan pertama saat nyobain Bika Bogor Talubi adalah "kelembutannya sangat menggoda". Kalau kita perhatikan bika ambon, biasanya teksturnya agak berminyak kan ya... Kalau Bika Bogor ini teksturnya nggak berminyak. Meskipun nggak berminyak, tapi kelembutannya tetap menggoda untuk terus makan loh.

Jadi hati-hati tergoda dengan kelembutannya yang membuat kamu akan terus kembali ke Bogor untuk membeli oleh-oleh khas Bogor ini.

Bika Bogor Talubi menjadi oleh-oleh khas Bogor yang wajib dibeli ketika kamu mengunjungi kota hujan ini. Karena selain rasanya yang nikmat dan kelembutannya yang menggoda, Bika Bogor Talubi terbuat dari bahan-bahan berkualitas, alami dan menyehatkan.

Tingkat kebersihan merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam proses pembuatan Bika Bogor Talubi.


Proses Pembuatan Bika Bogor Talubi


Bika bogor, Bika bogor talubi, Oleh-oleh khas bogor, Kuliner bogor, Oleh-oleh bogor
Proses pembuatan Bika Bogor Talubi

  1. Talas dikupas dan dipotong-potong kemudian dicuci dengan air garam untuk menghilangkan lendir yang dapat membuat tenggorokan gatal.
  2. Talas yang telah dicuci, kemudian di kukus.
  3. Selain talas, bika bogor juga dibuat dari tepung sagu, kuning telur, dan santan.
  4. Blender talas bersama santan. Kemudian disaring untuk memisahkan ampasnya.
  5. Kocok adonan talas dengan kuning telur. Kemudian disaring lagi supaya adonannya menjadi super lembut.
  6. Siapkan ragi. Ragi inilah yang membuat tekstur khas bika yang berongga-rongga.
  7. Mixer tepung sagu, adonan talas, dan kuning telur. Campur gula pasir ke dalam adonan talas, kuning telur dan ragi.
  8. Saring kembali dan diamkan selama 2 jam agar adonan bika ter-fermentasi dengan sempurna.
  9. Selanjutnya diberi perasa dan pewarna. Kemudian dipanggang.


Tips membeli Bika Bogor Talubi 

  1. Hati-hati akan tergoda dan ketagihan.
  2. Pastikan datang ke toko saat masih pagi untuk menghindari macet dan ramai di toko. Seperti yang kita ketahui bersama, Bogor akan sangat ramai pengunjung apalagi di saat weekend atau liburan.
  3. Pilih toko yang terdekat dengan lokasi kamu saat di Bogor.
  4. Pastikan membeli semua varian rasa supaya nggak penasaran dan menyesal.
  5. Apabila kamu tidak sempat ke toko, kamu bisa pesan dengan menghubungi Whatsapp : 0888-4829-626, BBM : Talubi, dan LINE : @bikabogor (pakai @ ya).


Tags : Bikabogor, Bikabogortalubi, Oleholehkhasbogor, Kulinerbogor, Oleholehbogor


You Might Also Like

29 comments

  1. Udah pernah denger sih nama makanan khas ini, cuma belum pernah beli dan nyobain gimana rasanya. Thanks buat artikel reviewnya, bisa dijadiin referensi oleh2 kalo lagi maen ke bogor. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh berarti bener aku yang kudet ya mas. Hahaha

      Hapus
  2. Bikin kaget aja Mbak, kirain makanan berbahaya, ternyata berbahaya bikin ketagihan hehe

    Aku sih belum pernah nyobain kalo bika bogor.
    Kapan2 mau nyoba deh.
    Itu durasi expirednya cepet bgt ya, gak bisa dibawa jauh2 nih oleh2nya :(


    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih berbahaya kan tu mas klo ketagihan. Apalagi tinggalnya jauh dari bogor. Hehe

      Iya, cuma 4 hr masa kadaluarsanya. Seperti kebanyakan bika ambon mas. Klo lebih dr 4 hr biasanya akan mengeras.

      Hapus
  3. Kok saya teringat Bika Ambon ya. Hahahaa... salah fokus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama maaaaas. Bika yang aku tau ya cuma bika ambon. Ternyata sekarang ada bika bogor.

      Hapus
  4. Ya ampun, beneran ini aku nggak bisa keluar toko kalau diajak beli Bika Bogor ini mbak, hahaha. Menggoda sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk toko langsung kepincut ya mba

      Hapus
  5. "Hati-hati tergoda" --> aku sudah tergoda mbaaaak.. hahaha.

    BalasHapus
  6. Akhirnya bogor punya bika juga hehehe, kirain hanya medan yg punya bika ambon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss ah mas. Aku juga taunya cuma bika ambon

      Hapus
  7. Bogor, emang nggak jauh2 dari talas dan ubi. Menu baru ni kykny kudu dicoba klo pulang kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang bogor ya mba? Asik dong bisa nyobain bika bogor setiap saat.

      Hapus
  8. uwaaaaahhhh, aku baru tauuuu ^o^... kalo ke bogor harus beli kayanya, terutama yg nangka, kayaknya enak banget :D..

    kalo bika ambon jujurnya aku ga trlalu doyan krn buatku terlalu manis mba.. moga2 yg ini ga begitu yaa... trs yg bikin rada geli makan bika ambon itu krn bentuk dalam kuenya yg mirip sarang semut wkwkwkwk ;p... yg bika bogor ini aku liat penampakannya sama ya, bolong2 di tekstur ;p... tp kalo rasanya enak, aku bisa lupain bentuknya kok :D

    BalasHapus
  9. Ngileeer... Kalau penampakan bika-nya kayak gini sih, pasti dalam sekejap udah abis dirumah, nggak bakal nyampe 4 hari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naahh iya bener tu mba. Gak bakal awet ya mba. Langsung ludes

      Hapus
  10. Aku juga termasuk pecinta nangka mba.
    Sama mba. Kayanya itu memang ciri khas bika deh mba.)

    BalasHapus
  11. Mini bika ini yang menggoda banget. Apalagi kalau nyobain yg nangka ya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbaaaa... aku juga kegoda banget sama bika mininya

      Hapus
  12. Wah sama pendapat kita, Bika Bogor emang lembut dan lezat.

    BalasHapus
  13. Wah sama pendapat kita, Bika Bogor emang lembut dan lezat.

    BalasHapus
  14. Aku baru dengar ada Bika Bogor mbak, Tahunya Bika Ambon, itupun belinya di Medan. Berarti aku sama dong kayak mbak kudet (kurang update):D. Ntar aku cobalah kalau diberi kesempatan untuk menginjakkan kaki ini di Bogor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya sama mba kita, kudet

      Hapus
  15. Wah selama ini aku nggak tau ada bika Bogor Wian, kelihatannya enak juga.. kalo bogor biasa ingetnya roti unyil ama asinan.. boleh dicoba ni bika Bogor next time :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama mba. Buat aku, bogor identiknya ya sama roti unyil dan asinan.

      Hapus

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu ya.. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup ya. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete ya.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

Instagram

Pengikut

Back to Top