Rahasia Membuat Konten Blog Kreatif dan Menarik

Rahasia Membuat Konten Blog Kreatif dan Menarik; membuat konten blog; konten blog kreatif; konten blog menarik; cara membuat konten blog; ASUS Notebook, tips menulis blog

Menulis blog bukan hanya sekedar menulis menuangkan isi hati. Tapi bagaimana tulisan kita disukai oleh pembaca dan mendapatkan rating baik di mata pembaca. Bagaimana caranya supaya tulisan kita disukai? Yang paling penting adalah konten dari tulisan itu sendiri. Menurut Wikipedia, Konten merupakan informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik.


Banyak hal pendukung untuk menghasilkan konten yang kreatif dan menarik. Salah satunya adalah media yang kita gunakan untuk membuat konten dapat mendukung 100% (bahkan 1000%). Dalam hal menulis blog, media utama yang digunakan dalam menghasilkan konten adalah PC/ Notebook/ Handphone. Aku pribadi lebih banyak menggunakan Notebook untuk menulis. Untuk itu, performa atau kinerja notebook yang mumpuni sangat aku butuhkan. Nggak lucu kan kalau di tengah-tengah semangat ngetik tiba-tiba notebooknya slow response. Buyar lah itu isi kepala. Notebook yang sangat mendukung untuk menghasilkan konten kreatif dan menarik adalah notebook dengan Intel Core i3/ Intel Core i5/ Intel Core i7 Processor. Performa notebook sangat tergantung dengan processor yang dimilikinya. Semakin tinggi processor yang dimiliki maka akan semakin tinggi performanya. Fitur yang dimiliki Intel Core i3/ Intel Core i5/ Intel Core i7 Processor salah satunya adalah Turbo Boost Technology, dimana kecepatan processor menyesuaikan dengan berat atau ringannya aplikasi yang digunakan. Ketika processor digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat, maka processor akan secara otomatis meningkatkan kecepatannya. Jadi nggak akan khawatir notebook jadi slow response ketika kita membuka aplikasi/ program yang berat. (Sumber : Google.co.id)


tips menulis blog; ASUS Notebook; cara membuat konten blog; konten blog menarik; konten blog kreatif; membuat konten blog; Rahasia Membuat Konten Blog Kreatif dan Menarik
Intel Core i3/ Intel Core i5/ Intel Core i7 Processor sangat mendukung performa tinggi suatu notebook

ASUSPRO Notebook Seri P2430


Merupakan notebook keluaran ASUS yang memiliki spesifikasi antara lain Intel Core i3/ Intel Core i5/ Intel Core i7 Processor serta Nvidia GeForce seri 900 yang dibuat berbasis arsitektur Maxwell yang memiliki performa grafis mumpuni. Cocok banget untuk mendukung pembuatan konten kreatif dan menarik.

Spesifikasi lain yang dimiliki ASUSPRO P2430 : (Sumber : Website resmi ASUS Indonesia)




Kelebihan ASUSPRO P2430 :

tips menulis blog; ASUS Notebook; cara membuat konten blog; konten blog menarik; konten blog kreatif; membuat konten blog; Rahasia Membuat Konten Blog Kreatif dan Menarik

  1. Memiliki desain stylish, simple dan professional dengan adanya tekstur bergaris berbahan alumunium.
  2. Dilengkapi one-piece Chiclet keyboard dengan penempatan tombol yang presisi sehingga memberikan kenyamanan pada keyboard saat digunakan. 
  3. Dilengkapi dengan Anti-Glare LED Panel untuk mencegah refleksi yang tidak diinginkan, sehingga akan membuat penglihatan semakin nyaman. Sering nggak ngalamin layar notebook penuh dengan sidik jari? Dengan anti glare ini, akan mencegah adanya noda sidik jari pada layar notebook.
  4. Memiliki multi gesture touchpad yang mudah digunakan.
  5. Baterai yang dapat diganti bahkan dapat menambahkan baterai eksternal.
  6. Memiliki fitur Smart Power Connect Alert, yang merupakan alarm konektor daya yang dapat memberikan informasi mengenai kerusakan power supply atau jika tiba-tiba terputus.
ASUSPRO P2430 memiliki baterai yang bisa dicopot
ASUSPRO P2430 memiliki keyboard yang super nyaman
Anti-Glare LED Panel ASUSPRO P2430


Sekilas Tentang ASUS




ASUS yang diambil dari kata "pegasus" menggambarkan kekuatan, kemurnian, jiwa petualang, dan membumbung tinggi menuju puncak dengan setiap produk yang diciptakannya. ASUS merupakan industri teknologi informasi Taiwan dimana dalam beberapa dekade terakhir telah menjadi pemain domain di pasar global. Pada tahun 2014, ASUS memperoleh peghargaan sebanyak 4.326 (Sumber : Website resmi ASUS Indonesia).


Membuat Konten Kreatif dan Menarik dengan ASUSPRO P2430


Salah satu faktor pendukung untuk menghasilkan konten kreatif dan menarik adalah menggunakan media yang mumpuni. Dengan Notebook ASUSPRO P2430, hal itu sudah terpenuhi. Dengan intel processor yang dimilikinya, ASUSPRO P2430 dapat bekerja lebih cepat dan maksimal, sehingga tidak membatasi ide kreatif kita dalam membuat konten blog. Ditambah lagi dengan adanya dukungan grafis yang mumpuni yaitu discrete graphics berbasis Nvidia GeForce seri 900 yang dibuat berbasis arsitektur Maxwell.

Lalu apakah dengan digunakannya media yang mumpuni sudah cukup untuk menghasilkan konten yang kreatif dan menarik? tentu tidak. Masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan konten yang kreatif dan menarik. Rahasianya adalah ...:

1. Membuat judul yang dapat menarik minta pembaca

Hal pertama yang dilihat oleh pembaca adalah judul tulisan. Sama halnya ketika kita membuka portal berita, maka mata akan langsung tertuju pada headline berita. Ketika headline yang tertulis membuat kita penasaran, maka kita akan memutuskan untuk lanjut mambacanya. Begitu juga halnya dengan membuat judul tulisan di blog. 

Seperti contoh, aku pernah membuat tulisan dengan judul "Jangan ke Belitung". Dan percaya atau nggak, itulah tulisan aku yang paling banyak mendapatkan pembaca.

Nggak gampang memang. Terkadang isi tulisan sudah selesai dituangkan, sementara judul belum dapat yang sesuai. Ini part yang paling lama menghabiskan waktu menurut aku. 

2. Isi tulisan berkualitas

Jangan hanya mengandalkan judul unik tapi isi tulisan nggak berkualitas. Sama aja bohong. Pembaca nggak akan membaca tulisan sampai akhir dan bahkan bisa jadi nggak akan tertarik dengan tulisan yang lain.

3. Lengkapi dengan gambar/ infografik/ video

Percayalah kalau pembaca akan jenuh jika disuruh membaca tanpa ada selingan gambar/ infografik/ video. Jadi sebisa mungkin sisipkan minimal satu gambar/ infografik/ video.

Banyak sekali cara membuat gambar/ infografik/ video yang menarik. Aku biasanya menggunakan program yang disediakan oleh CANVA Disitu banyak sekali yang bisa kamu dapat. Dalam satu website, kamu sudah bisa menghasilkan header tulisan, infografik maupun mendisain gambar yang sudah kamu miliki.

Aplikasi www.canva.com


4. Berikan deskripsi pada setiap gambar

Karena pembaca blog kita bukan hanya manusia, tapi juga robot perayapan mesin pencari, maka selalu berikan deskripsi pada setiap gambar yang di attach dalam sebuah tulisan. Penulisan deskripsi pada gambar bertujuan agar robot perayapan mesin pencari dapat mengenali gambar dengan membaca deskripsi yang telah ditulis.

5. Hindari typo

Ini yang paling sering terlewatkan oleh aku. Jadi sebelum kamu megklik "publish", bacalah draft tulisan beberapa kali agar terhindar dari typo atau salah pengejaan. Dengan tidak adanya  typo dalam tulisan kita, maka blog kita akan terkesan professional dimata pembaca.

6. Enak dibaca

Berbeda dengan komunikasi lisan, komunikais melalui tulisan tidak memiliki intonasi. Jadi pastikan jika tulisan kita enak dibaca. Caranya? coba kita baca tulisan kita dengan suara keras. Kia bisa kok merasakan tulisan itu enak dibaca atau nggak. Dengan membaca draft tulisan dengan suara keras, kita bisa dapet feelnya. Sama halnya kalau kita akan berbicara di depan orang banyak, biasanya kita akan berlatih di depan cermin dengan suara lantang.

Itulah beberapa rahasia membuat konten blog kreatif dan menarik. Rahasia ala kamu apa saja? Share yuukk....



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.



45 comments

  1. Hi mbak Wian. Thanks banget buat artikelnya. Sangat bermanfaat buat aku yang masih blogger pemula.

    ReplyDelete
  2. asus memang super kece mbak..kemarin mau beli Asus tapi beralih ke merk lain, budgetnya yang gak pas heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahh sama nih permasalahannya. Di budget, hehehe... berarti bener ya istilah "ada rupa ada harga"

      Delete
  3. Yup Setuju Banget Peralatan yang mendukung juga bisa bikin mood kita bagus ketika nulis. kalo aku sih saranin sekalian pake corei7 jangan tanggung-tanggung toh gak ada salahnya juga. mending nabung dulu buat dapetin peralatan (laptop) yang oke buat nulis...

    Thanks Mbak sudah Share.. Semoga Sukses Ya


    Salam
    WawanPSirait

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngulinya harus dikencengin nih supaya tabungannya bisa langsung dapet corei7.

      Delete
  4. Tambahan mba, jangan pakai bahasa alay trus kontennya bikin sakit mata, tulisannya warna warni gtu hadeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom pernah aku nemu blog yang pake bahasa alay. Ada ya? Pasti puyeng banget ngebacanya.

      Delete
  5. Ikut lomba ASUS ya mbak? pengen ikut juga sih, tapi masih belum ketemu idenya! Terima kasih infonya mbak, tulisan mbak membntu saya untuk berselancar mencari ide :D

    ReplyDelete
  6. pgn bgt ganti laptop yg skr ama asus ini.. kyknya memang pamor asus lg naik yaaa... kalo dibaca features nya pun, memang menarik sih... moga2 aja harganya masih terjangkau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptopku juga udah waktunya diganti nih mba. Asus jadi salah satu kandidat kuat.

      Delete
  7. Bener Mbak ngeblog jaman sekarang juga harus disertai dengan infografis yang menarik ya, jadi mau nggak mau harus bisa lebih kreatif lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba. Tapi kadang nyari idenya suka susah nih aku.

      Delete
  8. Saya pun sekarang beralih ke ASUS walau yang harganya masih standar :D judul dan isi postingan memang mesti seimbang ya. Jangan sampe judulnya wow tapi isinya wadaw :D

    ReplyDelete
  9. I wish you luck mbak cnatik :) btw aku suka ASUS...ini lepiku yang skrg merek Asus..pengennya beli yg lebih tinggi lagi drivernya biar lebih enak buat ngedit photo...cuma ya...harganya itu loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba cantik..
      Aku juga masih nabung nih demi punya lappy asus ini..

      Delete
  10. iya, kadang salut gitu sama blogger yg bikin kOnten keren sampai di share byk orang.

    ASUS emang keren yah. Mudah2 bs punya juga.

    Gutlak lombanya ya, Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Envy banget yah mba klo postingannya bisa di share banyak orang.

      Delete
  11. Good luck lombanya yaa Mba Wian.. :D Aku jg kayaknya mesti upgrade laptop nih biar konten dan edit2nya lbh maksimal.. Suka jg pake pc di kantor karena lbh oke.. ahahaha *ngakudosa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha sama dong *toss.
      Aku juga (klo ada kesempatan) kadang pake pc di kantor.

      Delete
  12. Aku suka pinjam laptop Asus suami, aku suka banget designnya :)

    Good luck ya mba :)

    ReplyDelete
  13. Wahhh semoga menang yah mba,,, saya juga pengguna ASUS garis keras,,, laptop 2 ASUS semua , HP ASUS, sampai powerbank juga ASUS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Wuuuiiihhh mantap banget mas. Pecinta asus nih. Gak heran sih ya, performanya oke banget

      Delete
    2. performa OK,, Harga gak terlalu dalam merogoh

      Delete
  14. mksh tips2nya mbak....aku juga butuh ini

    ReplyDelete
  15. Thank you mba Wian, info nya bermanfaat buat newbie spt saya ini. Selama ini saya bikin blog dari samsung Tab aja terbatas sepertinya, jadi ngiler mau beli laptop juga, secara laptop saya ditinggal di Jakarta 😏😂. Salam kenal ya 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih menurut aku klo pake tab agak terbatas ya utk kreasinya. Lebih puas rasanya klo pake laptop.

      Delete
  16. Aku baru-baru ini aja pake canva biar gak kalah dgn blogger lain. Memang butuh laptop yang mumpuni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini, ak selalu ngandalin canca mba. Karena blm tau aplikasi lain yang lebih oke ;)

      Delete
  17. tengkiu resep rahasianya ya mbk, msih berusha nih,

    ReplyDelete
  18. baru kemarin ngecek email soal lomba ini, pengen ikutan tapi bingung nulisnya kayak gimana :D
    thanks untuk pencerahannya :)

    ReplyDelete
  19. Saya baru mau mulai nulis untuk lomba asus ini Mbaak. Good luck ya. Semoga kita sama2 menang. 😂😀😀

    ReplyDelete
  20. Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, keren banget dah pokonya notebook ASUS. Btw kunjungan baliknya ya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaakkkk aku pengen banget punya asus mas...

      Delete
  21. Mbaaaak, ulasannya lengkip banget. Moga juara yaaaaak :*

    ReplyDelete
  22. emang Asus keren ya mbak ... simple tetapi terliat elegan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih