Berpetualang bersama Dinosaurus di Taman Legenda

Rabu, Desember 28, 2016

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.

Untuk yang punya anak di tingkat sekolah, dua minggu ini pasti lagi muter otak untuk mengisi liburan anak-anak. Karena lumayan lama liburannya, mulai tanggal 21 Desember dan masuk lagi tanggal 9 Januari. Aku dan suami, karena nggak bisa ambil cuti, jadilah cuma bisa nemenin anak-anak liburan di weekend. Dan beruntung banget pas ada long weekend di minggu terakhir Desember dan minggu pertama Januari. Jadi waktu nemenin anak-anaknya semakin panjang.

Berhubung suami adalah tipe yang paling nggak suka kena macet-macetan, jadi kita putuskan untuk mengisi liburan di tempat yang deket aja. Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Yup... Nggak ada yang nggak tau TMII kaannn.. Aku sering banget diajak kesini waktu aku kecil. Dan sekarang giliran aku yang ngajak krucil. Tujuan kami adalah Taman Legenda.


Taman Legenda - Taman Mini Indonesia Indah


Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Pintu utama Taman Legenda

Terletak di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya di seberang Masjid Diponegoro dan tidak terlalu jauh dari kawasan Keong Mas. Yang ditawarkan Taman Legenda ini sungguh menarik dengan harga yang jauh di bawah taman bermain serupa (tapi tak sama).

Yang paling menarik di Taman Legenda adalah petualangan dinosaurusnya. Ini juga yang jadi alasan kami kesini. Petualangan Dinosaurus menawarkan hal yang (setau aku) belum ada selain di TMII. Aku jadi inget, duluuuu banget pernah diajak Ibu untuk bertemu Dinosaurus (di TMII juga kalau nggak salah). Tapi setelah itu hilang dan nggak pernah lagi nemu tempat kaya gitu sampai akhirnya ada petualangan dinosaurus di Taman Legenda TMII ini.

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Petualangan Dinosaurus

Di dalam kawasan petualangan dinosaurus, kita akan disuguhkan berbagai patung dinosaurus yang dapat bergerak, bersuara, dan bahkan ada yang bisa menyemburkan air ketika kita melewatinya. Untung kita berhasil menghindar dari semburan airnya *horeeeee*. 

Kebetulan krucils suka sekali dengan dinosaurus, jadi mereka happy banget. Memasuki kawasan petualangan dinosaurus, kita akan diarahkan untuk berjalan kaki di jalur yang telah disediakan. Di sepanjang jalur, kita akan bertemu patung-patung dinosaurus dari berbagai jenis, yang dapat bergerak dan bersuara . Di setiap patung akan ada penjelesan singkat mengenai jenis dinosaurus yang  diperagakan. Jadi kita bisa sekalian memberikan edukasi mengenai dinosaurus kepada krucils.

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Petualangan Dinosaurus

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Petualangan Dinosaurus

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Petualangan Dinosaurus

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Petualangan Dinosaurus
Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Petualangan Dinosaurus

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Petualangan Dinosaurus

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Telur Dino - Taman Legenda

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Petualangan Dinosaurus

Selesai memutari jalur di dalam Petualangan Dinoasurus, kita bisa menikmati berbagai permainan yang disediakan di Taman Legenda.


Tiket Masuk


Untuk bisa masuk kedalam kawasan TMII, kita dikenakan tarif sebesar Rp15.000/orang dan Rp10.000/mobil. 

Sementara, untuk bisa menikmati semua fasilitas di dalam Taman Legenda, kita akan dikenakan tarif sebesar Rp25.000/orang untuk hari sabtu, minggu, dan hari libur lainnya + Rp10.000 sebagai uang jaminan gelang (Total Rp35.000/orang). Nanti setelah kita selesai dan keluar Taman Legenda, uang jaminan gelang sebesar Rp10.000 bisa di refund. 

Dengan membeli tiket Rp25.000, kita sudah dapat menikmati Petualangan Dinosaurus tanpa biaya tambahan lagi. Tapi belum termasuk biaya untuk menaiki permainan yang ada di dalam ya. Kamu harus top up lagi saldo di gelang untuk bisa menaiki permainan yang ada di dalam (kecuali Petualangan Dinosaurus).

Untuk lebih hemat, aku sih prefer beli tiket all in one. Tiket all in one di bandrol sebesar Rp150.000/orang + Rp10.000 sebagai uang jaminan gelang (Total Rp160.000/orang). Naaahhh untuk yang berencana ke Taman Legenda di Bulan Desember ini, ada promo menarik looohh. Tiket all in one yang semula di bandrol Rp150.000/orang, selama bulan Desember 2016 promo menjadi Rp90.000/orang (Total Rp100.000/orang termasuk jaminan gelang).

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Harga Tiket Mausk (HTM) Taman Legenda

Dengan membeli tiket all in one, kamu bisa menikmati 8 wahana yang ada di dalam Taman Legenda, tanpa tambahan biaya lagi. 8 wahana yang bisa dinikmati dengan tiket all in one adalah :
  1. Anak Tirta (kolam renang/ mini water park)
  2. Kapal Bajak Laut (di Dufan, Kora-kora)
  3. Kereta Beos (kereta yang mengelilingi seluruh kawasan Taman Legenda)
  4. Mata Legenda (di Dufan, Bianglala)
  5. Mobil Tanjak (mobil-mobilan yang dirangkai menjadi kereta dengan track menanjak)
  6. Nirwata Kisar (di Dufan Carousel. Tapi disini versi mininya)
  7. Petualangan Dinosaurus
  8. Ulat Selur (di Dufan, Jet Coaster Mini)
Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Ulat Selur/ mini rollercoaster

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Anak Tirta/ Mini waterpark

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Kapal Bajak Laut/ Kora-Kora

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Kapal Bajak Laut/ Kora-Kora

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Naik Kereta Beos - Taman Legenda

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Mata Legenda

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Mata Legenda/ Bianglala
Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Permainan mobil tanjak - Taman Legenda

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Nirmata Kisar/ Craousel mini

Semua permainan diatas, harus dinaikin semua tanpa pengecualian. Menurut mbak-mbak kasir, kalau 8 wahana tadi nggak dinaikin maka uang jaminan kunci nggak bisa di refund (khusus tiket all in one). Tapi kemarin, kita nggak masuk ke Anak Tirta (karena nggak bawa persiapan baju), dan uang jaminan gelang tetap bisa di refund sih. 

Jadi sistem permainannya seperti ini :

Masing-masing orang diberikan gelang sesuai tiket yang dibeli. Warna merah untuk tiket biasa (nggak all in one), dan ungu untuk tiket all in one. Setiap mau naik permainan, kita tinggal tap gelangnya aja. Untuk gelang merah, kita harus terlebih dahulu top up saldo di cafe yang ada di dalam Taman Legenda. Setelah saldonya di top up, tinggal tap gelangnya deh (selama saldonya cukup ya).

Untuk gelang ungu (tiket all in one), jatah naik permainannya cuma 1x ya. Kalau mau naik lebih dari 1x, maka  harus isi saldo gelangnya dulu.

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Gelang untuk menikmati Taman Legenda

Setelah puas naik semua permainan yang ada, kita langsung jalan menuju Taman Legenda. Taman yang sangat luas dan indah untuk berfoto. Cocok untuk yang hobby selfie 😋. Selain untuk berfoto, disini juga terdapat beberapa patung yang menceritakan legenda di Indonesia seperti ande-ande lumut, dll.

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Menikmati sore di Taman Legenda

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Menikmati sore di Taman Legenda


Fasilitas di Taman Legenda


Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Peta Taman Legenda

Setiap ke tempat umum, salah satu hal yang jadi perhatian adalah fasilitas umumnya. Di Taman Legenda, fasilitasnya cukup lengkap. Satu yang kurang adalah pilihan makanannya terlalu sedikit.

1. Cafe Barong

Terletak dipinggir danau buatan, dimana kamu bisa menikmati makan siang sambil memandang danau dan menikmati semilir angin. Sistem pembayaran untuk bisa menikmati makan siang disini adalah menggunakan gelang. Jadi saldo gelangnya di top up dulu di kasir, kemudian kita tap di tenant yang kita pilih. Sayangnya, pemilihan makanan disini menurut aku sih kurang lengkap ya. Cuma ada 3 atau 4 tenant, masih banyak yang kosong.

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Cafe Barong - Taman Legenda

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Cafe Barong - Taman Legenda


2. Musholla

Terdapat 1 buah musholla di belakang wahana Anak Tirta. Tempatnya nggak terlalu besar dan cenderung pengap. Jadi "aroma" mukenanya kenceng banget di hidung. Hehehe.. Better bawa mukena sendiri. Kemarin aku lupa bawa, jadi ya tahan nafas deh sholatnya 😄

3. Toilet

Banyak toilet yang tersebar disini. Dan petunjuknya sangat jelas. Jadi nggak usah khawatir akan kesulitan nyari toilet ketika kebelet.

4. Pendopo

Pendopo ini digunakan orang-orang untuk beristirahat. Emang asyik banget sih selonjoran atau bobo-boboan disini. Anginnya berasa seger banget di muka dan badan yang sudah cukup lelah.

Taman legenda, taman legenda keong mas, petualangan dinosaurus, dinosaurus di taman mini, dinosaurus di taman legenda, tiket masuk taman legenda, harga tiket masuk taman legenda, ada apa di taman legenda.
Pendopo untuk tempat istirahat di Taman Legenda



Yang Harus Dipersiapkan Sebelum ke Taman Legenda


1. Payung

Jangan lupa bawa payung. karena cuaca nggak bisa ketebak, apalagi sekarang ini. Kemarin kita sampai disana sekitar jam 11 siang, kebayang kan ya panasnya kaya apa. Eehh tiba-tiba menjelang sore, gerimis. Untung nggak sampe hujan deras.

2. Kacamata hitam

Biar gaya kalau di foto dan melindungi dari terik matahari. Jadi matanya nggak perlu sampe nyureng-nyureng karena kena sinar matahari.

3. Bawa baju ganti dan perlengkapan renang

Ini niiihhh yang jangan sampe ketinggalan. Karena di dalam Taman Legenda, ada mini waterpark yang lumayan banyak mainannya. Sayang banget kemaren aku nggak tau kalau ada waterparknya. Jadi nggak persiapan apa-apa. Jadi aja krucils pada mupeng pengen nyebur.

4. Bawa mukena

Seperti yang udah aku tulis di atas, mukena yang disediakan di musholla agak kurang nyaman untuk di pake (mungkin nggak pernah dicuci). Daripada gak khusyuk sholatnya, lebih baik bawa sendiri deh.

5. Nggak usah bawa makanan dan minuman

Karena percuma aja kalau bawa. Bakal disita di pintu masuk. Jadi kita di suruh jajan di dalam. Hehehe..


Adakah yang belum pernah ke Taman Legenda atau berencana kembali mengunjungi Taman Legenda? Cus sebelum akhir Desember supaya masih dapet tiket promonya. 

HAPPY HOLIDAY.....



Notes : Untuk foto-foto lain selama di Taman Legenda, bisa langsung kepoin IG aku di @she_wian 😊


Baca juga (sebagai referensi menghabiskan liburan) :

You Might Also Like

6 comments

  1. Asik ya liburan bersama keluarga disini.

    BalasHapus
  2. Wah seru banget, anak - anak pasti happy banget kalo di ajak kesini..pengen juga libur tahun baru nanti ke sini , nice sharing mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan anak-anak mba, aku aja happy banget. Hehe

      Hapus
  3. Udah lama ngga ke TMII.. makin banyak aja wahananya

    BalasHapus
  4. Banyak mba. Udah berkembang banget.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu ya.. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup ya. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete ya.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

Instagram

Pengikut

Back to Top