Bekal Sekolah Sederhana Ala Bento

Saturday, October 01, 2016

bekal sekolah anak, bekal sekolah sederhana, bento sederhana, bento tools, bento untuk pemula


Bekal Sekolah Sederhana ala Bento


Yang lagi happening di kalangan mahmud (mamah-mamah muda) yang punya anak di tingkat KB sampai SD adalah BENTO.


Apa sih bento?


Berdasarkan wikipedia, 

Bento atau o-bento adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. 
Bento biasanya dikemas untuk porsi satu orang, walaupun dalam arti luas bisa berarti makanan bekal untuk kelompok atau keluarga. Bento dibeli atau disiapkan sendiri di rumah. 
Ciri khas bento adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera. Bento dapat pula dihias dan disusun rapi dalam gaya yang disebut kyaraben.



Sebagai mahmud kece (halaaahhh....) yang juga punya anak TK dan SD, aku nggak mau kalah dong ya. Eeehhhh bukan iri atau apa loh. Tapi kan hal positif boleh banget ya di tiru. Apalagi manfaatnya juga bagus. Nih yaa manfaat yang aku rasain :

1. Irit uang jajan


Lumayan loh. Uang jajan anak bisa jadi subsidi untuk beli lipen emaknya. Hahahahaha..


Pada dasarnya aku agak was-was kalau anak-anak di kasih uang jajan. Karena aku nggak tau apa yang akan mereka beli di kantin. Aku sebisa mungkin membatasai (membatasi ya bukan melarang) konsumsi permen, cokelat dan es kepada anak-anak. Jadi kalau di kasih uang jajan, pasti lah ya 3 makanan itu yang dibeli. Nggak bisa dikontrol..

2. Mengkonsumsi makanan sehat


Aku nggak bilang kalau makanan yang dijual di kantin itu gak sehat, toh dulu aku juga seneng banget jajan di kantin. Tapi setidaknya kalau bawa bekal dari rumah, ada sayur atau buahnya. Dimana krucils agak susah disuruh makan sayur kalau di rumah. 













 

Untuk working mom kaya aku yang harus bangun jam 3.30 lanjut masak dan harus berangkat jam 5.30, agak keteteran sih kalau buat bekal ala bento yang kece-kece itu. Makanya aku nyebutnya buka membuat bento, tapi membuat bekal sekolah sederhana ala bento.




APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN?

Yang harus disiapkan dan harus selalu ada di dapur untuk membuat bekal sekolah sederhana ala bento :


1. Bento tools


Aku biasa beli di Daiso. Disitu lumayan lengkap ya (cetakan nasi berbentuk macam-macam, silicon cup, food picker yang lucu-lucu, nori puncher, dll). Untuk harga, di Daiso all item @25ribu.


Selain di Daiso, banyak juga online shop yang jual aneka bento tools. Coba aja serach di instagram.


Aneka cetakan kue. Bisa untuk cetakan roti/ keju slice/ daging burger

Aneka cetakan nasi

Cetakan sosis, egg mold, pinset

Cetakan sushi

Nori puncher, food stick, cetakan keju/ daging burger, egg sunshine, cetakan roti tawar

Silicon cup
 2. Buah-buahan dan Sayuran

Ini biasanya nyetok per seminggu sekali. Untuk jenis buah, aku selalu tanya sama krucils maunya apa. Untuk sayuran, biasanya antara wortel, brokoli, jagung manis.


3. Nori


Nori atau seaweed atau rumput laut yang biasa di pake untuk ngegulung sushi. Agak susah emang nyari yang lembaran besar. Aku biasa dapet di Grand Lucky, Farmers Market atau Ranch Market.


Selain untuk ngegulung sushi, biasanya aku pake untuk hiasan mata, hidung, onigiri, atau bahkan cuma aku jadiin taburan (norinya di blender dulu).


4. Kotak Makan


Aku sekarang lagi seneng pake kotak makan yang lebar. Yang ada 5 sekat kaya gini



Sumber : Google.co.id
Jadi isinya bisa macem-macem. Sekarang lagi nyari  yang cuma 4 sekat supaya volumenya lebih banyak meskipun itemnya lebih sedikit. Karena kadang suka kehabisan ide juga kalau kebanyakan sekat. Hahahahaha *amatir*.

5. Makanan ringan


Biasanya aku bikin puding di hari sabtu atau minggu, jadi pas weekdays tinggal di potong-potong aja. Atau gak, yang simpel ya beli snack di supermarket deh.


6. Frozen food


Karena nggak bakat bikin homemade nuget, jadinya cuma bisa beli yang ada di supermarket. Tapi ini sebisa mungkin jarang banget di bawainnya. selain nuget, aku biasa beli french fries, daging burger, smoked beef, sosis.


7. Keju Slice


Kalau yang ini wajib banget ada di kulkas. Selain untuk hiasan bekal sekolah, krucils doyan banget ngegadoinnya.


8. Yakult atau susu 


Ini untuk pelengkap aja sih. Beli sekalian belanja bulanan.


9. Spaghetti dan bumbu jadinya


Just in case aku males buat macem-macem, spaghetti lah solusinya *grin*.




Ini beberapa bekal sekolah sederhana ala bento yang pernah aku buat 



bekal sekolah, bekasl sekolah sederhana, bekal sekolah bento, manfaat bekal sekolah, tips membuat bento, tips membuat bento sederhana, bento tools
Please check #bekalsekolahanel on instagram

Gimana caranya nyiapin semua itu di waktu yang sangat mepet? Ada beberapa tips dari aku khususnya untuk working mom yang waktunya sangat sedikit.


Tips membuat bekal sekolah ala bento :



bekal sekolah anak, bekal sekolah sederhana, bento sederhana, bento tools, tips membuat bento


Mungkin ada lagi yang bisa nambahin tips membuat bekal sekolah ala bento, khususnya yang nggak punya waktu banyak untuk membuatnya? Yuk share.... bisa jadi masukan juga untuk aku..




You Might Also Like

7 comments

  1. pengalaman aku dan anakku, kalau dikasih bekel suka bosenan, karena kadang mereka juga ingin jajan seperti anak yang lain. Pengalaman aku kecil juag begitu suka bekel gak dihabisin karena maunya jajan kayak teman yang lain. Jadi waktu anakku diselang seling deh, bekel trus jajan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih mba. Kadang aku tetep kasih uang jajan, tapi jumlahnya dikiiitt banget. Supaya nggak jajan yang macam2. Hehehe

      Delete
  2. Itu kenapa tempat makan & buat bikin bentonya ucul2 banget siih.. Gemesh..
    Sekarang aku cuma bawain cemilan roti, susu & buah buat Raya, karena di daycare udah include makan juga. Tapi ntar kalau pas udah SD peer nih, lumayan belajar tips & triknya dari tulisan ini, thank you ya :)

    ReplyDelete
  3. Aku kok naksir bento toolsnya yak, lengkap dan unyu2 soalnya haha.
    Salut buat emak2 yang masih bisa meluangkan waktu buat nyiapain bekal krucils, secara working mom gitu hehe. Semangat berkreasi ya Ka Wian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itulah yang kadang bikin kalap beli bento tools. Unyu-unyu semua...

      Delete
  4. Salut masih bisa sepagi itu nyiapin makanan, trs pergi k kantor jg :) .. Kalo bento2 gini, pernah sekali dibikinin ama si mba di rumah utk ankku mba. Emang sih dia excited banget liatnya. Nunjukin temen2nya kalo telur dadarnya jadibselimut si nasi yg dibentuk beruang.. Tp ya itu, cm sekedar seneng, tp ttp bekalnya cuma disentuh secuil :p. Ankku yg pertama ini memang susah bgt makannya. -_- . Sejak itu bekal biasa ajalah.. G usah dibentuk2 kalo memang ga dimakan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judulnya sempet gak sempet harus sempet mba.

      Iya sama mbaa, krucil juga kadang2 gak dihabisin bekalnya. Klo kaya gini, biasanya besoknya aku gak bikin bento. Klo bekalnya habis, baru besoknya bikin bento. Hehehe

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

iBlogmarket

IBX59815A3F85DAF

Instagram

Followers

Back to Top