Hal-hal yang Membuat Anak #BahagiadiRumah

Sunday, April 03, 2016


Nova, Tabloid Nova, Novaversary, Bahagia di Rumah


Kesuksesan seorang anak di masa mendatang tidak hanya di dukung oleh kecerdasan intelektual saja. Banyak hal yang harus dimiliki seorang anak dalam menghadapi tantangan di masa mendatang. Salah satunya adalah kecerdasan emosional. Dimana anak dapat memahami perasaan dalam dirinya dan perasaan orang lain disekitarnya.

Salah satu ciri orang memiliki kecerdasan emosional adalah mereka tau bagaimana membuat hidup lebih bahagia dan bermakna. Dimanapun mereka berada, mereka akan selalu membawa kebahagiaan bagi sesamanya. 

Menurut kamu, apakah orang yang tidak pernah merasakan kebahagiaan bisa tau bagaimana membuat hidup lebih bahagia dan membawa kebahagiaan bagi sesamanya? I don't think so..


Definisi bahagia untuk setiap orang pasti berbeda. Tapi untuk anak-anak, definisi bahagia untuk mereka adalah main, main, dan main.

Seorang anak lahir ke dunia nggak ujuk-ujuk jadi dewasa. Mereka akan melalui satu fase anak-anak dimana bagi setiap anak yang terlahir di dunia ini, sekolah pertama mereka adalah rumah. Dimana kita sebagai orangtua memiliki kewajiban untuk membuat mereka merasa bahagia (tanpa mengesampingkan rasa sedih ataupun kecewa) khusunya di tahap awal perkembangannya. Karena nantinya ini akan menjadi tiket mereka untuk memiliki kecerdasan emosional.

Seperti yang aku tulis di atas, definisi bahagia untuk anak adalah main, main dan main. Di bawah ini aku coba list hal-hal apa aja yang membuat anak #BahagiadiRumah.

1. Main air

Setiap anak pasti paling senang kalau udah masuk waktunya mandi. Bener nggak? Karena disitu kesempatan mereka untuk main air sampai puas. Bahkan beberapa mainanannya pun diajak mandi.
Nova, Tabloid Nova, Novaversary, Bahagia di Rumah
Mandi sambil bawa mainan
Kalau anak-anak aku, selain di kamar mandi, mereka paling seneng mandi sambil main air di teras rumah. Nggak ketinggalan dengan air yang disemprot kemana-mana melalui selang.

2. Berantakin rumah

Ini nih yang buat para ibu kewalahan. Karena baru satu menit semua mainan di beresin, eeehhh langsung diberantakin lagi. Ada ajaaa hal-hal yang buat rumah serasa kapal pecah. Hayooo ngacung siapa yang sering ngalamin ini?

Tapi inilah salah satu kebahagiaan mereka. Melalui bermain, mereka bisa mengeksplor berbagai hal.

3. Main masak-masakan

Masak-masakan disini adalah dalam arti yang sebenarnya ya. 

Pernah nggak sih, ketika kita lagi rempong di dapur tau-tau krucil (khususnya perempuan) langsung ikut nimbrung karena penasaran. Biasanya suka aku libatin tuh pada akhirnya. Yaaaa daripada ngeberantakin kaannn. Eh, tapi tetep sih kalau berantakannya. Hahahahaha

4. Makan es krim

Kayanya nggak ada anak-anak yang nggak suka makan es krim. Kalau aku, termasuk bunda yang selalu melarang mereka makan es krim. Karena mereka cepet banget flunya kalau sering makan es krim. Tapi sesekali (biasanya weekend) aku melonggarkan larangan aku. Waaahhh happy banget mereka..

5. Tidur malam telat

Ada kan ya anak yang senengnya telat tidur malem, bisa karena tidur siangnya kelamaan atau terlalu asyik dengan kegiatan mereka. No excuse buat aku kalau di weekdays *tigermom*

Naaahhh mereka akan happy banget kalau ada satu waktu mereka diperbolehkan tidur malam telat. Kalau aku biasanya kasih kelonggaran di hari jumat dan sabtu karena besoknya libur. Kecuali hari sabtu atau hari minggunya ada acara pagi. Kalau kasusnya seperti itu, tetep jam tidur malamnya nggak boleh dilanggar.


Menurut aku, itu lima hal dari beberapa hal yang membuat anak-anak #BahagiadiRumah

Kita sebagai orang tua selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak, memberikan hal-hal yang membuat mereka bahagia tanpa menghindari rasa sedih dan kecewa dalam kehidupan mereka. Karena menurut aku, anak-anak harus merasakan juga sedih dan kecewa. 

Kehidupan mereka kelak nggak hanya berisi kebahagiaan. Tapi juga kesedihan dan kekecewaan. Dan mereka harus mengenal itu supaya bisa bertahan ketika kita sudah tidak ada lagi didunia untuk melindungi mereka.

Sama halnya seperti tabloid NOVA. NOVAVERSARY yang ke-28 tahun ini selalu hadir di tengah-tengah kita dengan membawa berbagai hal-hal yang membuat kita bahagia di rumah. Cerita-cerita inspiratifnya, ilmu-ilmunya, resep-resep masakannya, berita-berita selebritinya dan hal lainnya.


Klik here for more info

NOVA sudah aku kenal sejak aku kecil. Dulu ibuku selalu membawa tabloid NOVA sepulangnya beliau dari kantor. Dan saat ini, aku nggak pernah ketinggalan untuk update berita dari NOVA. Semoga Novaversary akan terus berlanjut dan selalu menginspirasi kami para ibu dan kelak para anak perempuan kami.

Sekali lagi, happy Novaversary.....

You Might Also Like

17 comments

  1. Anak2ku juga sukaa melakukan hal-hal di atas. Moga artinya mereka beneran bahagia di rumah yaaa :D

    ReplyDelete
  2. Main air itu seruuuu tuh Mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  3. Main air emang seru, tapi sayangnya kran di depan rumah lagi mati.. Ah, nggak sabar nunggu anakku gede biar bisa masak-masakan bareng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sabar ya Mbak... nunggu anak-anak gede. Padahal nanti begitu mereka gede, kita pasti bakal kangen sama masa kecilnya mereka. Hehehehe

      Delete
  4. melihat anak bahagia itu adalah segalanya buat para orang tua yah Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget...
      Ternyata ini ya yang dirasain para orang tua kita dulu

      Delete
  5. aaah, semuanya itu dilakukan anak saya jugaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua anak pasti pernah ngelakuin itu ya mba..

      Delete
  6. Wah emang tuh, gavin suka sibuuk aja sampe malem banget, susah bgt nyuruh bobonya, sibuk maiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah main, langsung gak inget waktu ya Mba...

      Delete
  7. Wkwkwk..itu kesenengan anak-anak saya semua Mbak. Apalagi main air tuh nomor 1, duuuh, kalau mandi lamaaaa minta ampun, segala dibawa ke kamar mandi sampai wajan segala dibawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... suka gemes sendiri aku mbak liatnya.

      Delete
  8. adik aku juga melakukan hal-hal seperti yang di atas, betah dirumah. apalagi kalau main ps, malah engga keluar dari rumah. aku pun juga gitu sih,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh klo main ps sih udah pasti gak bakal kemana-mana. manteng aja di depan tv

      Delete
  9. Hehehe iya bener anakku paling suka tu semua poin. Yg paling bikin emaknya bete klo bobonya kemalaman, pdhl ortunya dah ngantuk -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Jadi harus nemenin main sambil pura-pura on, padahal sebenernya udanh gak sanggup melek kagi ini mata..

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

iBlogmarket

IBX59815A3F85DAF

Instagram

Followers

Back to Top