Tips Travelling Murah

Sunday, March 06, 2016


Tips travelling murah; travelling hemat; travelling murah; tips travelling; tips jalan-jalan murah; tiket promo; travel tour; paket travel; mudik lebaran; open trip; travel fair; backpacker; jalan-jalan hemat

Tips Travelling Murah...

Siapa sih ya yang nggak suka travelling ke berbagai tempat baru. Pastilah semua orang (sebagian besar) suka yang namanya travelling. Cuma terkadang terbentur dengan cost yang harus dikeluarkan. Bagi yang masih single sih kayanya ini bukan jadi issue ya. Naahhh untuk yang sudah berkeluarga ini, yang kadang cost jadi issue dalam pengambilan keputusan rencana travelling. Ya iya lah ya... Coba bayangin aja, cost yang tadinya untuk satu orang (jika single) harus dikalikan beberapa kali lipat sesuai jumlah anggota keluarga.

Sebenernya bisa kita akalin gimana caranya supaya cost yang kita keluarkan nggak terlalu mahal. Di bawah, aku coba list beberapa tips travelling murah.



1. Tiket promo

Sering loh beberapa maskapai mengadakan program promo kaya gini. Asal kita rajin cari informasi. Kalau aku sendiri, aku follow beberapa akun media sosial maskapai. Jadi begitu mereka ngadain promo, aku bisa dapat informasinya.

Biasanya program promo ini untuk jadwal penerbangan satu tahun berikutnya. Nggak masalah sih untuk aku. Itung-itung sambil nabung untuk biaya selama di tempat tujuan travelling.


2. Travel Fair

Setiap satu tahun sekali pasti ada nih event travel fair kaya gini. Seperti Indonesia Travel Fair 2016 yang baru aja di adain minggu lalu di JCC. Dan Garuda Travel Fair yang informasinya akan diadakan di bulan Mei 2016 nanti.

Naaahhh biasanya di event ini banyak paket travel yang menggiurkan. Paket loh ya.. Yang biasanya sudah di bundling dengan akomodasi dan penginapan. Ada juga sih yang nggak paket. Tergantung kebutuhan kita seperti apa.

Tapiii jangan langsung tergiur di satu booth aja. Kita harus muterin tuh dari booth satu ke booth lain untuk compare harga.


3. Travel Tour

Semakin banyak semakin murah. Mungkin seperti itu slogannya. Hehehehe...

Kalau kita memutuskan untuk ambil paket travel atau ikut travel tour, biasanya mereka akan kasih harga lebih murah jika jumlah peserta tour nya juga lebih banyak. Biasanya sih minimal 15 orang ya untuk dapat harga lebih murah. Eh tapi, kemaren aku nemu yang minimal pesertanya boleh 6 orang.

Tapi harus di pertimbangkan juga nih plus minusnya ikut travel tour. Kalau kamu mau perjalanan kamu nggak terlalu di jadwal waktunya atau kamu mau suka-suka waktu dan tujuannya, nggak cocok ikut travel tour. Karena mereka biasanya udah ada tuh itinerarynya. Dan kita nggak bisa seenaknya jalan diluar itinerary yang sudah dibuat oleh travel tour.

Atau biasanya ada beberapa travel tour yang itinerarynya bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Coba di diskusikan di awal dengan pihak travel tournya.


4. Backpacker

Tips travelling murah; travelling hemat; travelling murah; tips travelling; tips jalan-jalan murah; tiket promo; travel tour; paket travel; mudik lebaran; open trip; travel fair; backpacker; jalan-jalan hemat
Ala Backpacker
Tau kan ya istilah backpacker? Kalau kata aku, sedikit "ngegembel". Hihihi..

Kalau memutuskan travelling ala backpacker, jangan berharap tidur di hotel berbintang ya.. Atau makan di restoran mahal..

Kayanya prinsip mereka adalah yang penting bisa menjelajah tempat baru dengan cost seminimal mungkin. Jadi, penginapan bagus bukan jadi prioritas mereka.

Kemarin teman cerita kalau dia habis travel ala backpacker ke Thailand. Cuma menghabiskan Rp1,5jt selama lima hari. Wooowwww....
Tapi ya itu, nginepnya di penginapan biasa, makannyapun mereka bawa abon dari rumah dan beli nasi putih di sevel,  nggak belanja sama sekali selama disana (mungkin satu dua lah ya belanjanya). Tapi mereka happy. Karena hal-hal seperti hotel, penginapan ataupun belanja belanji bukan jadi prioritas mereka.

Kalau aku sih kayanya susah kalau bener-bener 100% ala backpacker kaya gini. Hihihi...
5. Open Trip

Apasih open trip? Jadi, open trip adalah kita gabung travelling dengan orang-orang yang belum kita kenal sebelumnya.  Sebenernya mirip ikut travel tour. Tapi kalau travel tour kan private ya. Artinya peserta travel tour adalah orang-orang yang kita kenal (keluarga atau teman). Kalau open trip ini, para pesertanya bukan orang-orang di lingkaran kita.

Karena travel tour mensyaratkan minimal jumlah peserta, untuk kamu yang cuma berdua atau jumlahnya di bawah persyaratan minimal travel tour tapi pengen semua itinerary perjalanannya sudah diatur (jadi gak pusing mikirin itinerary), cocok ikut open trip.

Banyak kok komunitas-komunitas open trip kaya gini. Bisa coba googling untuk dapat informasinya.


6. Manfaatkan Waktu Lebaran

Looohh bukannya justru di peak season kaya lebaran, harga tiket dan segala macamnya melambung cukup tinggi?

Hehehehe pastinya. Mungkin saat-saat peak season seperti lebaran adahal hal yang paling dihindari untuk travelling.

Tapi nih yaaaa, pada mudik kan saat lebaran? Naaahhhhh ini maksud aku. Bisa kita manfaatin ini untuk eksplor daerah mudik kita.

H+3 atau H+4 bolehlah sekalian ajak keluarga besar untuk mengunjungi tempat wisata baru di daerah kita. Karena biasanya ada ajaaa tempat wisata baru yang terus bertambah.

Kaya aku nih lebaran kemarin. Kita coba explore beberapa tempat wisata yang belum pernah kita kunjungi di Lampung (padahal sering ke Lampung).


7. Manfaatkan Event Keluarga Besar

Berbahagialah jika keluarga besar kita tidak semuanya tinggal di Jakarta. Karena event keluarga yang diadakan bisa dijadikan salah satu kesempatan kita untuk sekalian travelling ke tempat wisata daerah itu. Yaaa sambil menyelam minum air lah ya.. Hehehe

Nah, akupun juga begitu. Karena keluarga besar suami berdomisili di Lampung, jadi begitu ada event resepsi pernikahan, kita langsung semangat banget atur rencana untuk sekalian jalan-jalan.

Baca : Explore Pulau Pahawang dan Pulau Klagian

Tips travelling murah; travelling hemat; travelling murah; tips travelling; tips jalan-jalan murah; tiket promo; travel tour; paket travel; mudik lebaran; open trip; travel fair; backpacker; jalan-jalan hemat
Explore Pulau Pahawang setelah acara resepsi keluarga :)

Kira-kira itu tips travelling murah menurut aku. Mungkin ada tips lain dari teman-teman yang bisa menambahkan list di atas. Monggo di share di comment.
Semoga bermanfaat ya.. Dan semoga kita bisa travelling sesering mungkin untuk menambah wawasan kita.

Seperti quote yang aku tulis sebelumnya,

"Travel is only thing you buy that makes you richer"

You Might Also Like

22 comments

  1. WAh makasih gan sharing tipsnya :D
    bisa jadi masukan buat ane nih.. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Paling seru kalau backpacker...mulai dari hunting tiket murah n kadang cari tempat nginep gratisan. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh, cari tempat nginep gratisan gimana caranya?

      Delete
  3. sepertinya saya juga gak akan sanggup untuk backpakeran Mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba. Apalagi sekarang udah ada buntutnya dua. Makin nggak bisa deh

      Delete
  4. Saya sedang berencana plesiran ma keluarga. Terima kasih infonya, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba..
      Waahh asik sekali yang mau pelesiran..

      Delete
  5. Saya lebih suka open trip untuk menghemat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba. Dan bisa nambah jaringan teman juga ya..

      Delete
  6. persiapan liburan itu emang paling asik, sibuk membandingkan harga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pusing tapi seru ya mba.. Puas klo bisa dpt harga ter-ekonomis

      Delete
  7. Tiket promo itu wajib jadi incaran!
    supaya bisa hemat banyak, biasanya kan yang gede pengeluaran ada di harga tiketnya, hhihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbaaa...
      Happy bgt klo bisa dapet tiket murah. Travelling jd berasa lbh menyenangkan. Hihihi

      Delete
  8. Aku selalu suka jalan-jalan :D

    ReplyDelete
  9. Saya lebih seneng yang backpacker-an, ya tapi ngga ngembel2 amat Mbak..hihi. Sebenernya enak sih backpacker, banyak nemuin hal2 yang diluar dugaan atau tak biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pribadi blm pernah mba nyoba yang bener2 backpackeran. Terakhir backpeckeran msh nginep di hotel yg "lumayan".

      Delete
    2. Semi backpacker ya Mbak. Saya juga tengah2 Mbak. Hehe.

      Delete
  10. pernah ngerasain open trip, niatnya biar bisa kenal ama yang di lingkaran luar. Faktanya tetep aja melingkar sendiri-sendiri :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

iBlogmarket

IBX59815A3F85DAF

Instagram

Followers

Back to Top