Persiapan Selama Masa Kehamilan

Tuesday, February 16, 2016


Perkembangan janin, merawat bayi baru lahir, baju renang hamil, underwear hamil, biaya persalinan, USG, USG 4 dimensi, RS Hermina Bekasi Barat, Senam hamil, perlengkapan bayi, belanja perlengkapan bayi


Persiapan Selama Masa Kehamilan

Jangan berfikir aku lagi hamil ya..
Nggaaaakkk.... Aku gak hamil. Aku kan mengikuti anjuran pemerintah.

Dua anak cukup :)

Postingan ini dibuat karena melihat di sekitar aku banyak sekali yang sedang hamil. Baik itu hamil anak pertama maupun hamil anak kedua.

Aku coba inget-inget lagi apa saja yang aku persiapkan di masa kehamilan beberapa tahun yang lalu.




Perbanyak ilmu, terutama untuk para calon ibu yang baru mengalami masa kehamilan untuk pertama kalinya. Biasanya calon ibu muda belum memiliki ilmu yang banyak tentang masa kehamilan dari setiap triwulan dan juga cara mengasuh bayi baru lahir.

Ini sih yang aku rasain dulu. Sama sekali nggak tau gimana masa pertumbuhan janin selama dalam kandungan dan bagaimana mengurus bayi baru lahir. Hal-hal ini yang menjadi ketakutan aku. Untuk itu aku rajin banget cari ilmu melalui buku. Banyak banget buku-buku tentang bagaimana pertumbuhan janin dari bulan ke bulan dan buku tentang bagaimana nanti kita meng-handle bayi baru lahir. Dan ini aku akui sangat membantu banget.

Apalagi sekarang, udah semakin banyak buku-buku bekal untuk para calon ibu muda.





Naahh ini penting nih. Semakin berkembangnya janin dalam kandungan, semakin besar juga perut kita. Dan tentunya semakin besar juga ukuran bagian tubuh yang lain.

Jangan sampe ya memaksakan diri tetep pake underwear dengan size sebelum hamil. Selain nggak enak dipandang, kasian juga tubuh kita. Dan kasian dede bayi dalam perut, kejepit. Hehehe

Jadi usahakan mengganti size underwear sesuai dengan size selama hamil. Gak di pungkiri kalau size underwear kita akan terus bertambah seiring bertambahnya usia kandungan kita. Sekarang kayanya ada beberapa jenis underwear khusus maternity yang bisa di adjustable sampai 9 bulan. Pilih yang menurut kamu nyaman kamu pakai ketika perut dan payudara semakin membesar.

Kalau aku dulu, punya 2 brand yang menurut aku nyaman banget di pakainya. Dan itu bisa bertahan sampai usia kandungan aku 9 bulan. Kecuali size bra ya.




Kehamilan bukan berarti membuat kita berhenti melakukan olah raga. Justru di masa hamil ini, olah raga sangat penting untuk membantu proses melahirkan nanti. Salah satunya, membantu pernafasan.

Beberapa artikel menyebutkan bahwa renang merupakan salah satu olah raga yang baik untuk ibu hamil.


Begitupun aku. Sebelum hamil, aku memang sudah hobby berenang. Jadi ketika hamilpun, aku tetap melakukan olah raga renang.
Tapi nggak mungkin dong ya pakai baju renang sebelum hamil. Gak cukup!!... Akhirnya saat itu aku menemukan salah satu brand yang menyediakan baju hamil khusus maternity. Lasona.. (Masih ada nggak ya sekarang brand itu?). Dulu sih ada storenya di Mall Taman Anggrek.



Ketika aku hamil, USG dan jadwal kontrol ke dokter merupakan hal yang selalu aku tunggu. Melihat perkembangan adek bayi melalui USG dan menanyakan semua hal yang aku belum tau di setiap jadwal kontrol kandungan.

Pengen dong ya nantinya bayi yang kita lahirkan sehat dan tanpa kurang suatu apapun. Untuk itu, kita harus memperhatikan perkembangan janin dari minggu ke minggu. Supaya kita tau apakah perkembangannya sesuai dengan usia kandungan. Sehingga jika ada hal-hal yang kurang pas, bisa segera kita diskusikan dengan dokter kandungan.








Menurut aku, ini hal penting untuk mengorek sebanyak-banyaknya informasi dari dokter kandungan. Seperti halnya mencari ilmu melalui buku, dokter pun bisa dijadikan sumber untuk kita menambah ilmu.
Untuk itu penting mencari dokter yang enak untuk diajak diskusi dan gak pelit kasih informasi.


5. Perbanyak ilmu tentang ASI

Ilmu tentang bagaimana nanti kita merawat bayi, khusunya bagaimana cara memberikan asi dan lain sebagainya, nggak hanya bisa kita dapat dari buku dan dokter. Mengikuti sosiaisasi atau kelas edukasi juga banyak banget manfaatnya. Dan ini aku rasain betul manfaatnya. 


Di kehamilan pertama aku, aku bener-bener gak paham mengenai ASI. Tapi begitu mengikuti kelas edukasi yang diadakan oleh AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui  Indonesia), yang bertajuk kelas edukasi AIMI : Breastfeeding for Working Mom, aku baru paham banget mengenai ASI dan bagaimana ASI untuk working mom seperti aku.


Coba cari info mengenai kelas edukasi semacam ini.


Biasanya senam hamil mulai dilakukan di trimester terakhir masa kehamilan. Senam hamil ini membantu para calon ibu untuk mengatur pernafasan pada saat proses melahirkan nanti. Walaupun ptakteknya lupa semua ketika hari H proses melahirkan, tapi setidaknya kita nggak oneng-oneng banget waktu disuruh atur nafas atau disuruh ngeden.

Hayoooo siapa yang nggak suka bagian ini?? Ini yang paling seru dan heboh. Apalagi untuk anak pertama. Semuaaaa dibeli. Jahahahaha...

Cari informasi tentang baby shop mana yang harganya terjangkau dan barang yang tersedia lengkap. Jadi kita nggak perlu ke beberapa toko. Walaupun kenyataannya sih tetep aja nggak cukup belanja di satu toko. Yaahh namanya juga ibu-ibu...







Kalau sudah berani hamil, berarti sudah harus siap dengan dana (yang nggak sedikit) untuk proses melahirkan nanti.

Cari tau di Rumah Sakit yang nanti kamu akan melahirkan disana, mengenai hiaya-biaya yang kira-kira di butuhkan. Dan ingat, jangan hanya menghitung biaya persalinan normal ya. Kita harus memperhitungkan segala hal terburuk seperti caesar dan NICU.

Dan tanyakan jika kita menggunakan fasilitas dari kantor seperti apa. Karena biasanya kan setiap pegawai (suami dan/atau istri) memiliki fasilitas kesehatan dari kantor.




Di agama yang aku anut, ada yang namanya pengajian 4 bulanan. Dimana ketika usia janin 4 bulan, ruh mulai ditiupkan oleh Allah.



Di agama lain mungkin juga ada ya kegiatan-kegiatan seperti itu. Kalau di adat jawa, ada ritual 7 bulanan. Tapi aku pribadi tidak mengikuti ritual 7 bulanan. Semua kembali lagi ke agama dan adat yang diyakini oleh masing-masing keluarga.

Itulah kira-kira 9 hal yang harus dipersiapkan selama masa kehamilan. Semoga bisa menambah referensi para calon ibu muda.

Keep Healthy...
Keep Shining...

You Might Also Like

15 comments

  1. kalau di daerah kami hanya ada ritual 7 bulanan Mbak dan itu hanya berlaku pada kehamilan pertama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooo baru tau aku klo 7 bulanan hanya untuk kehamilan pertama aja. Makasih ya mba infonya. Jadi tau deh..

      Delete
  2. Wahh, referensi buat nanti kalo diamanahin Allah buat punya baby :* Makasih, sharingnya, Mbak^^

    ReplyDelete
  3. Di Jawa masih kental banget adat 7 bulanan Mbaak. Btw, ini informasinya komplit sekaliiiii sampai dari printilan2 perkap bayi. Nice posting mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba. Saudara aku yang di solo juga masih melaksanakan nujuh bulanan.
      Hehehe thx ya mba. Semoga bermanfaat untuk bumil2 muda.

      Delete
  4. Celana hamil msh aku pake sampai sekarang krn berat bdn belom balik hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... Emang nyaman dipake sih ya mba. Aku juga sempet pake celana hamil sampai bbrp bulan setelah melahirkan.

      Delete
  5. Kalau saya boleh tambah, cari dokter atau bidan yang sreg di hati sehingga selama kehamilan happy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya mba bener. Nyari dokter kandungan yang sreg kaya nyari jodoh. Susah susah gampang

      Delete
  6. Noted noted! Semuanya uda kecuali yang senaaaaammm... Hehehe... Mulai minggu depan deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas anak kedua, aku malah baru ikut senam di trimester terakhir.

      Delete
  7. dapet tips lagi, alhamdulillah. makasih mbak

    salam
    gabrilla

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

iBlogmarket

IBX59815A3F85DAF

Instagram

Followers

Back to Top