Resep Udang Telur Asin & Silky Pudding

 

Resep yang kali ini mau aku share adalah udang telur asin dan silky pudding. Tadinya mau nyoba bikin puyo, tapi bahan yang ada gak mendukung.

Sebenernya suami udah request dari kapan tau minta dibuatin udang telur asin, tapi baru di masakin weekend kemarin *nyengir*. Dan kebetulan dapet oleh-oleh telur asin dari brebes. Kalau beli sendiri di sini, gak pernah dapet yang masir *sedih*.

Jadi, proyek udang telur asin ini hanya akan di eksekusi setiap dapet oleh-oleh telur asin dari brebes. Hahahaha.

Ini dia resepnya...

Udang telur asin

Bahan :
  • 500gr udang
  • 4 butir telur asin matang (pisahkan kuning telur dan putihnya)
  • 1 butir telur ayam
  • Tepung terigu secukupnya
  • 10 siung bawang putih, cincang
  • Garam
  • Merica
  • Kaldu (aku pake kaldu bubuk masako)
  • Daun bawang, iris
  • 1 butir jeruk lemon/ jeruk nipis (aku pake jeruk nipis)
  • Margarin

Cara membuat :
1. Udang di cuci bersih dan kupas kulitnya, sisakan bagian buntut
2. Lumuri udang dengan jeruk nipis, sebagian bawang putih cincang, garam dan merica. Diamkan 15 menit.
3. Kuning telur asin di lumat halus
4. Putih telur asin di cincang kasar
5. Celupkan udang ke dalam kocokan telur ayam, kemudian balur dengan tepung terigu, dan goreng sampai kecoklatan, sisihkan
6. Panaskan margarin, tumis daun bawang beserta putih telur asin cincang, sisihkan
7. Panaskan margarin, tumis sisa bawang putih, dan masukan kuning telur asin yang sudah dihaluskan
8. Masukan udang yang sudah di goreng ke dalam tumisan no 7 di atas
9. Setelah tercampur rata, hidangkan di atas piring dan taburkan tumisan daun bawang dan putih telur asin no 6.



Silky pudding

Bahan :
  • 1 bungkus bubuk jelly (aku pake nutrijell rasa mangga)
  • 1500 ml air
  • 750 ml UHT plain
  • 1 gelas gula pasir
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • Pewarna makanan untuk memperkuat warna pudding (karena aku pakai nutrijell rasa mangga, jadi aku pakai pewarna makanan warna kuning)

Cara membuat :
  1. Campur air, uht, tepung maizena dan bubuk jelly ke dalam panci.
  2. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di aduk (jangan lupa sambil di cicipi rasa manisnya ya).
  3. Tambahkan pewarna makanan sampai dapat warna yang diinginkan.
  4. Aduk terus sampai mendidih dan mengembang ke atas.
  5. Tuang ke dalam cetakan (aku pake cetakan kecil supaya sekali makan langsung habis).
  6. Taruh di dalam kulkas (lebih enak disajikan dingin) 

6 comments

  1. Kebetulan ada telur bebek nih, tapi belum jadi telur asin >.< Cari cara jadiin telur asin doloo hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli yg udh jadi aja mba. Hehehehe
      Btw, telur bebek mentah gitu biasa di olah jadi apa mba?

      Delete
  2. Wah aku suka bgt makan telur asin. Tapi gak pernah masak dikreasiin kayak gini. Hehe..bisa dicoba nih resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka banget mba sm telur asin. Malah kadang sampe aku gadoin.

      Delete
  3. Disini nggak ada yang jual telur asin mbak..mesti buat sendiri jadinya...tampilan udangnya enak banget..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih