Liburan Murah



Siapa bilang mengisi liburan itu harus mahal? Siapa bilang mengisi liburan itu harus ke luar kota atau luar negeri? Mengajak dan memperkenalkan anak-anak dengan beberapa transportasi umum yang ada di Jakarta, juga seru dan menyenangkan loohh.. Yaa walaupun butuh effort besar di kala musim liburan sekolah.

Sebenernya niat ini udah lama banget ada di dalaml hati. Tapi realisasinya nunggu Adek Dasha agak besar dulu, jd gak begitu rempong.

Akhirnya terealisasi liburan sekolah kemarin. Rencana awalnya kita mau ajak krucils ke kota tua naik kereta, city tour bus dan transjakarta. Tp berhubung armada city tour kayanya terbatas dan peminatnya banyak, akhirnya kita batalin utk naik city tour bus nya.

Kita berangkat hari sabtu jam 8 pagi. Dari rumah naik mobil dan ninggalin mobil di stasiun kranji. Karena kereta tujuan kota udah penuh dr stasiun kranji, jadinya kita ikut naik kereta ke arah bekasi dulu. Keputusan yang tepat. Karena dari stasiun bekasi banyak bgt penumpang yang naik. 




Karena tujuan awalnya adalah naik city tour bus, makanya kita transit di stasiun manggarai dan pindah jalur kereta arah sudirman. Sampai stasiun sudirman lanjut naik transjakarta arah monas. Turun di halte monumen nasional, karena salah satu halte city tour ada di monas.



Sayangnya, peminat city tour hari itu tumplek blek alias rame bgt. Dan city tour yang di nanti tak kunjung datang. Kayanya sih armadanya masih terbatas.

Akhirnya kita naik transjakarta lagi ke kota. Sampe kota, ternyata penuh bgt. Lautan manusia. Mungkin efek liburan sekolah dan long weekend ya jadi penuhnya ampun2an. Cenderung gak begitu nyaman sih. Krn ekspektasi awal kan kita bisa duduk-duduk santai di taman fatahillah. 




Tapi anak-anak mah happy aja. Krn banyak badut dengan kostum tokoh favoritnya anak-anak. Kaya marsha, baboiboi, naruto, dll. Kalau mau foto dengan para tokoh tadi, kita harus masukin uang ke dalam kotak atau tempat apapun yang sudah mereka sediain di depan atau samping mereka. Gak ada tarifnya, sukarela aja.


Niat awal lainnya pas di kota adalah makan es krim potong. Kita beli es krim potong rasa coklat dan kacang ijo. Murah.. Cuma Rp4ribu saja.


Oya, kita juga sempet makan siang di Djakarte kedai seni. Makanannya so so lah. Intetiornya dan eksteriornya sudah bisa di pastikan tua ya. Namanya juga di kota tua.





Sebelum pulang, mampir dulu ke museum wayang. HTM dewasa Rp5ribu dan untuk anak di atas 5 tahun cukup bayar Rp2ribu saja. Karena adek masih 3 thn, jadi free deh. Yang di sayangkan di dalam museum wayang adalah banyak banget pengunjung yang duduk-duduk sepanjang area museum. Jd berasa ada di terminal.




Setelah puas dan cape main di kota, kita putusin untuk pulang. Jalan kaki dari taman fatahillah ke stasiun kota. Jalannya gak begitu jauh. Ternyata perjuangan belum berakhir... Masuk stasiun kota umpel-umpelan banget. Alhamdulillahnya dapet kereta masih agak lengang. Jd bisa duduk.


Dari stasiun kota langsung ke stasiun kranji tanpa perlu transit.

Kira-kira total pengeluaran perorang klo ngikutin jalur kita di atas :
Mrt bekasi-sudirman Rp2ribu
Trans sudirman-monas Rp3,5ribu
Trans monas-kota Rp3,5ribu
Makan siang Rp35ribu
Es potong Rp4ribu
Foto/badut Rp2ribu s.d Rp5ribu
Museum wayang Rp5ribu

Totalnya kurang lebih Rp70ribu. Bawa Rp100ribu untuk 1 orang cukup lah. Lumayan murah kan?

Tips nih untuk yg mau ke kota tua :
1. Jangan pas liburan sekolah atau long weekend supaya lebih nyaman
2. Berangkat lebih pagi supaya sampau di kota gak terlalu panas
3. Bawa air minum dari rumah. Apalagi kalau bawa anak-anak.
4. Pakai alas kaki yang super duper nyaman.

Mungkin ada yang bisa kasih ide liburan murah lainnya?

26 comments

  1. bener ya mba liburan ngak harus mahal, buktinya yang murah juga bisa menyenangkan naik angkutan umum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya liburan yang paling menyenangkan itu, liburan yang gak bikin kantong bolong. Hehehehe

      Delete
  2. Mbaa, kalau termasuk makan berarti lebih dari Rp 100 ribu ya Apalagi kalau makan di resto yang di KOta itu setau aku agak mahal. Mungkin bisa diantisipasi bawa makanan dari rumah ya? Hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu aku itung udh termasuk makan siang mba. Tp cuma nasi goreng sm teh manis hangat. Hehehehe
      Klo mau sih banyak yg jajanan pinggir jalan, cuma kmrn tuh penuh bgt.

      Delete
  3. Iya bener, saya juga cinta sama Wisata Kota Tua, ga pernah bosen ke sana!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba. Banyak objek foto yg menarik juga disana

      Delete
  4. wah liburan yg menyenangkan ya mbak.. kami sekeluarga juga suka jalan2 naik Commuterline sampai Juanda, lanjut City Tour, baliknya ke Istiqlal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nih yang blm kesampean ngajak anak2 naik city tour

      Delete
  5. Asyik juga ya mbak...bisa ajak anak-anak bertualang dengan transportasi umum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik bgt mba. Apalagi gak bikin kantong bolong. Hehehe

      Delete
  6. BUSEETTTTTTT!!! Fatahilah lagi - lagi lebih nampak seperti pasar. Bzzzzzzzzz... Dulu Fatahilah ini pernah jadi project kerjaan kampus saya mba, liat susanya bikin pusing banget. Ngga rapih sama sekali, ngga teratur, jadi saya kebagian untuk mikirin ide gimana ngerapihinnya. Tp sepertinya sulit diterapkan, karena orang - orang disitu masih juga suka buang sampah sembarangan, daerah yg lingkarang ditengah - tengah itu (saya lupa namanya apa) sering juga bau pesing. Hiks... Bener - bener deh. Gemesssss.

    Tapi jalan - jalannya seru ya, anak - anak jadi belajar banyak hal. Semoga di Jakarta ini sistem transportasinya lbh bagus, jadi ngga umpel - umpelan gitu ya, dan tempat rekreasinya makin banyak dan bersih. Amennnn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia mba jeleknya orang indonesia. Gak pernah bisa merawat tempat umum. Aku juga sebenernya gemes banget. Yang harusnya bisa jd tempat wisata yg indah, malah terkesan (maaf) kaya kampung krn jorok dan berantakan.

      Delete
  7. Seru sekali, jadi pengen ajak anak-anak ke situ. Btw, Es kacang ijonya menggoda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu (es kacang ijo) tujuan utama emaknya ngajak kesana. Hehehe

      Delete
  8. Postingan yang bisa dijadiin informasi nih. Btw ini Wian yang bareng bunda ikutan Pelatihan di Mozilla sama Mbak Shintaries-kah? Yang bunda tanya ke Wian: "Wian Beauty Blogger, yaa?" Itu, kah. Pangling euy udah berjilbab, tambah cantiknya. Eh, tapi maapkeun kalo bunda salah, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bundaaaaa apa kabar? Iya ini wian yang barengan ikut belajar bareng di mozilla. Ahh bunda, aku kan udh pake jilbab dari pas awal kita ketemu. Hehehe
      Kapan ya bisa bersua lagi sama bunda?

      Delete
  9. Kebayang gimana jalan di Bangkok sama ponakan yang masih kecil-kecil mbak..Kita semua dibuat repot..mana dia lagi sukanya jalan kesana kemare.. :D maknya sampe kewalahan...

    Sangkin capeknya anaknya mbak tertidur di bus ya :D Yang penting dia happy dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha siap-siap gempor dan kewalahan deh mba klo jalan sama anak2.

      Delete
  10. Aku juga pernah mba jalan2 sama krucil ke Fatahillah pas lagi musim libur.. Ampun bgt penuh dan panasnyaaa.. ahahaha pusiing liat org banyak.. Tapi anak mah happy2 aja yah apalagi liat badut kostum itu.. :D Penasaran jg nih aku pingin ngajak krucil naik city tour bus itu.. Yg gede udah minta naik bia tingkat mulu tp blum kesampaian.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba. Sampe sekarang blm kesampaian naik bis city tour. Ak klo di suruh ngulang ke kota tua pas liburan sekolah, nyerah deh. Nggak mau lagi. Mending nggak pas liburan sekolah supaya lebih nyaman.

      Delete
  11. asyik ya, aku saja suka banget naik KRL , kalau ke jakarta, sekarang lebih nyaman dibanding dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi klo hari kerja dan ke kantor naik krl, ak masih blm sangup sama penuhnya mba.

      Delete
  12. Iya...memeperkenalkan transportasi umum ke anak-anak saat liburan juga sesuatu yang menarik. Dulu pas anak-anak masih kecil juga pernah.Semakin besar sih semakin berani ajak mereka naik transportasi umum.Jadi kemana-mana naik busway. Karena sekarang punya baby lagi jadi belum berani naik transportasi umum kalau jauh.Repot.Kalau deket sih masih ayo ajaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ajak baby naik angkutan umum sih kebayang banget deh rempongnya. Kasian juga ai adek bayi.

      Delete
  13. setujuuuu liburan ngak harus mahal karena yang penting bukan kemana..tapi dengan siapa heheheh kalau sama keluarga sih yang murah pun ngak masalah, yang penting kebersamaan eaaaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih