Latihan Manasik

Sunday, January 24, 2016

Mungkin lagi trend ya sekarang ini banyak banget TK (khususnya TK Islam) yang masukin latihan manasik haji sebagai salah satu kegiatan sekolahnya. Atau karena memang sekarang ini banyak banget bertebaran TK islam. Kalau jaman aku TK dulu sih kayanya cuma sedikit lah ya TK islam. Palingan yang aku tau, Al-Azhar. Dan karena aku juga dulunya bukan di TK Islam, jadinya gak pernah ngerasain yang namanya latihan manasik haji. Awal ikut manasik ya cuma pas mau berangkat umrah kira-kira 10 tahun yang lalu.

Sempet liat update-an temen-temen di path tentang kegiatan manasik di sekolah anaknya. Gak lama, ternyata sekolahnya Anel juga ngadain tuh latihan manasik haji.Ya namanyapun aku ini Bunda yang teladan (hahahahaha....), jadinya ambil cuti deh satu hari untuk nemenin Anel.

Berhubung sekolahnya di daerah Bekasi, jadi latihannya pun di Bekasi juga. Tepatnya di Islamic Center Bekasi. Acara mulai jam 7.30 (sesuai yang di tulis di undangan) dan harus dateng sebelum jam 7.30. Karena takut nyari parkirnya susye (Ho..oh.. ini penting banget kalau aku bawa mobil. Karena gak mau ribet parkir dan gak jago-jago banget parkir), akhirnya berangkat dari rumah jam 6.45.

Kalau gak ngaret, bukan orang Indonesia kayanya. Udah di bela-belain tuh ya kita berangkat pagi-pagi, lah ya acaranya malah baru mulai jam 9. Doeenggggg....



Sistemnya, semua anak-anak di bagi jadi 4 kloter (berdasarkan kedatangan), dan di kumpulin dulu di dalam masjid sebelum latihan manasiknya dimulai. Anak cewenya pake baju muslim seragam dan di pinjemin mukena putih dari sekolah. Anak cowonya di pinjemin baju ihram. Lucu-lucu deh anak-anak itu. Apalagi yang cowo (ngebayangin nanti Dasha pake ihram).

Latihan manasik untuk anak-anak di sesuaikan dengan urutan manasik haji pada umumnya, 

1. Wuquf di Arafah



2. Thawaf



3. Sa'i



4. Melontar Jumrah 



Namanya juga anak TK ya, ada aja kelakuannya. Ada yang nangis lah, ada yang tiba-tiba keluar jalur dari barisan. Gemeessss liatnya.

Sekarang latihan dulu ya Mbak Anel, nanti insyaAllah kita ke Makkah beneran (Aamiin ya Allah.. Aamiin)



You Might Also Like

4 comments

  1. ih lutunaa..
    kecil2 udah pada manasik yaa..
    dulu saya manasik pas sma kelas 3 mak.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah gak pernah ngerasain manasik jaman sekolah mak. Hehehe ketauan bgt nih aku angkatan brp. Old school :D

      Delete
  2. lucu ya anak2 latihan manasik hajinya, anakku kalo kepanasan ngeluh pengen cepet selesai hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak lucu bgt. Klo anak ku gak ngeluh kepanasan, cuma minta minum terus. Hehehe dehidrasi kayanya dia

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

iBlogmarket

IBX59815A3F85DAF

Instagram

Followers

Back to Top