Langkah mungil itu...

Thursday, June 09, 2011

Disaat anak2 sebaya Anel sudah mulai berjalan di usia kurang dari 12mos, Anel sama sekali belum menunjukan tanda2 mulai belajar jalan di usianya yang ke 12mos. Seinget gw, di usia 12mos Anel masih dititah dan belum berani untuk lepas titahan. Tapi gak ada rasa khawatir sedikit pun dalam hati gw. Toh gw yakin setiap anak mempunyai milestones sendiri2.

Di umur yang ke 13mos, Anel mulai berani jalan dengan dititah jari telunjuk aja. Sebenernya sih udah bisa jalan. Cuma belum PD klo gak dititah satu tangan atau malah asal megang telunjuk gw aja deh baru berani jalannya :D
Kadang2 udah berani juga jalan tanpa di titah. Tapi baru beberapa langkah aja dan itupun masih sempoyongan. Haha..

Gw masih inget banget saat 3 langkah pertamanya dimulai. Bersyukur banget bisa menyaksikan hal itu. Jadi ceritanya waktu itu kita lagi main dorong2 kursi baksonya Anel. Tiba2 Anel jalan 3 langkah nyamperin kursi baksonya. TANPA DITITAH dan TANPA PEGANGAN apapun. Wohoooo gw lgsg jejingkrakan deh. Tapi abis itu yang kembali ke asas "jalan dengan titahan". Hehe..Tiba2 di umur 14mos, saat di rumah eyang japosnya, Anel lgsg jalan tanpa bantuan apapun atau siapapun. Dan jauh juga jalannya *tepok tangan*. Dan semenjak hari itu, Anel udah fasih jalannya. Daaannnn gak mau diem!! selalu jalan kesana kemari. Lucu dan senangnya hatiku liat gadis mungil jalan geal geol ngelilingin rumah.

See kan... gw yakin Anel pasti akan jalan di saat dia merasa siap untuk berjalan.


Batas maksimal anak bisa jalan itu, usia 18mos. Jadi untuk para orangtua yang anaknya msh dibawah 18mos dan belum juga bisa jalan, GAK USAH KHAWATIR. Milestones tiap anak berbeda. Ada yang fasih ngomong dulu baru jalan atau sebaliknya.

Untuk Anel sendiri, perbendaharaan kosakatanya belum terlalu banyak. Masih disekitaran Mamam, Dah (udah), Iya (sambil ngangguk2), Papa, Mba, Nii (ini), aaaiii (hai), uwo uwo (nyanyi ceritanya), u..u..u... (mau. sambil tangannya nunjuk2), mwah (klo nyium/kiss bye), gak (sambil geleng2).

Gpp ya sayang. Bunda yakin kok, Anel akan terus belajar utk nambah kosakata seperti halnya Bunda yakin Anel akan berjalan disaat Anel merasa siap untuk jalan :)

Love you always my girl :*

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

iBlogmarket

IBX59815A3F85DAF

Instagram

Followers

Back to Top