ɑηëL dan Roseola

Hyaaaakkkk akhirnya kenalan juga sama virus ini. Ampuuunnn.. Emang lg musim kayanya ya. Soalnya udh bbrp temen, anaknya juga kena roseola. Wktu itu gw mikir, kok bisa ya pd kena roseola/campak pdhl udh imun campak. Ealahhhh malah anak gw juga ikut2an.
Diawali hari kamis siang (lupa tgl brp) dpt telp dari rumah klo ɑηëL demam sampe 38. Gw pesen utk di ksh tempra dulu utk nurunin panas. Dan doping cairan yg buanyaaakkk spya gak dehidrasi. Sorenya wktu plg ktr gw cek demamnya udh naik lg jadi 38,6. Masih gw treat pke tempra dulu. Gw mau liat utk 3 hari kedepan dulu. Klo 3 hari demamnya gak turun2, baru gw bawa ke dokter (biasanya demam 3 hari kan udh turun).
Hari jumat pagi demam udh turun dan anaknya juga udh pecicilan. Jumat sore mulai naik lg demamnya. Tp msh ada toleransi waktu sampe hari sabtu. Kecuali demamnya nyampe 39, itu lgsg gw bawa ke dokter tanpa babibu. Hari sabtu pagi udh normal suhunya *lega*. Ehhh sabtu mlm naik lagi. Pokonya dari jumat ke sabtu tu msh naik turun demamnya.
Org rumah (bokap nyokap) udh desek supaya bawa ke dokter. Tp gw blg kita tunggu bsk pagi. Bsk pagi msh demam, gw bawa ke dokter. Dan gak tau knp feeling gw bilang klo demamnya pasti bakal turun bsk pagi.
Dan bener minggu pagi udh normal lagi demamnya. Makan alhamdulillah msh mau. Kecuali nyemil ya. Itu sama sekali gak mau.
Mulai minggu sore, muncul merah2 di bag pipi deket kuping. Gw pikir alergi krn abis main2 di karpet. Tp lama2 kok makin banyak. Stlh tanya sana sini, ternyata itu gejala antara campak atau roseola.
Lagi2 stlh tanya sana sini (makasih buat temen2 di twitterland yg udh ksh info) dan stlh browsing, ternyata klo campak itu ruam akan muncul di saat demam si anak sedang tinggi. Sedangkan roseola, ruam akan muncul stlh demam si anak kembali normal.
Klo diliat dari ciri2 ɑηëL dimana ruam muncul stlh demam mereda, gw simpulkan itu roseola. Dan berdasarkan hasil browsing di milis sehat, roseola tdk perlu tindakan medis. Karena utk kasus campak atau roseola, tindakan medis hanya utk menurunkan demam tingginya. Sedangkan utk ruam tdk ada tindakan medis krn akan hilang sendiri.
Untuk informasi lengkap mengenai Campak vs Roseola bisa liat disini ya.
Berbekal informasi itu dan tanya temen2 yg anaknya udh kena campak/roseola, gw PD utk tidak bawa ɑηëL ke dokter. Alhamdulillah dlm waktu 3 hari, ruamnya pelan2 mulai berkurang dan voilaaa kulit ɑηëL kembali mulusss :D
Alhamdulillah keputusan gw utk gak bawa ke dokter membuahkan hasil. Terimakasih utk kemudahan akses informasi jaman skrg, kebaikan teman2 yang mau saling berbagi. Dan dari saat itu gw smakin yakin klo gw msh butuh ilmu yg sangat banyak. Ayooo lbh semangat utk gali ilmu mengenai anak *talk 2 my self*.. Supaya kita menjadi orang tua yang bijak dalam mentreat anak ketika sakit.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih