35 W

Senin, Maret 15, 2010

Sabtu kemaren jadwal kontrol lagi ke dokter *udah mulai kontrol 2 mingguan*. Sebelum kontrol, ikut senam hamil dulu. Waktu kontrol 2 minggu yang lalu kan posisi kakak masih sungsang ya. Jadi gw di suruh sering nungging. Nah, pas senam hamil kmrn, gw minta di cekin sama suster instruktur senam hamilnya untuk ngecek posisi kepala. Kata susternya posisi kepala udah dibawah tapi masih oblig (posisi miring. Blm tepat di tengah). Dududu.... seneng siy udah di bawah kepalanya. Tapi miringnya itu loh..

Setelah selesai senam hamil, giliran kontrol ke dokter. BB gw stabil aja dari 2 minggu yang lalu. Dan kayanya akan terus stabil sampe melahirkan nanti *katanya siy gitu. Klo udah 8 bulan, BB ibu cenderung stabil*. Tekanan darah juga normal.
Waktu di USG sama dokternya, Alhamdulillah posisi kakak udah cantik *kepala di bawah* sesuai yang dibilang suster waktu senam hamil. Tapi dokternya gak bilang posisinya oblig. Cuma bilang klo posisi kepala udah dibawah tapi blm masuk panggul. Dan kesempatan untuk muter masih bisa selama kepala blm masuk panggul. Haduuhh.. jangan muter lagi ya nak posisinya. Posisinya udah bagus kok nak.. tinggal masuk ke panggul bunbun aja yah.

Alhasil sekarang gw di suruh banyak jalan supaya posisi kepala semakin turun dan masuk panggul. Klo nunggingnya siy udah di suruh berhenti.
BBnya kakak, dalam 2 minggu naik 400 gram. Jadi di usia 35w ini, BBnya kakak udah 2800 gram. Waakkksss..... Padahal udah ngurangin karbo loh.. Dan ternyata, MADU juga pengaruh utk menaikkan BBnya kakak. Padahal tiap pagi gw selalu minum madu. Pantes aja tetep tambah gede walaupun udh ngurangin karbo. Dokternya udah wanti2 klo bisa lahirnya jangan sampe 3.5 kg. Supaya lebih gampang keluarnya. Siappp dok.. Sekarang gak minum madu lagi dan tetep ngurangin karbo. Dan Alhamdulillah, kondisi kakak sehat.

And as usual, selalu brondong si dokter dengan berbagai pertanyaan :

Mrs v dan selangkangan ngilu
Semenjak masuk 7 bulan kemaren, Mrs v dan selangkangan gw ngiluuu bgt kalo dibuat jalan, ubah posisi tidur dan ubah posisi dari duduk ke berdiri. Kata dokternya, hal itu karena salah satu bagian tubuh baby yang udah di bawah *dalam kasus gw, kepalanya*. Tapiii karena dia blm masuk panggul, makanya terasa ngilu di bagian Mrs V dan selangkangan. Klo kepalanya udah masuk panggul, rasa ngilu itu udah pasti hilang. Jadi istilahnya, skrg kepanya kakak itu lagi beradu sama tulang Mrs v gw makanya ngilu :D.


Perut sering keras dan mules

Ini juga niy sering bgt gw alamin akhir2 ini. Perut suka tiba2 kenceng dan mules. Klo dibuat jalan muter2 mall juga gitu. Perutnya kerasss dan mules. Kata dokternya, justru di usia 8 bulan ini, kita HARUS ngerasain semua itu. Yang kata dokternya itu termasuk kontraksi. Malah, klo di usia 8 bulan belum sama sekali ngerasain kontraksi kaya gitu, perlu diwaspadai. Karena biasanya di usia 8 bulan, rahim udah mulai belajar utk kontraksi.

Berhubungan dengan suami

Pernah dong denger klo udah 8 bulan harus sering2 berhubungan sama suami dan sperma udah boleh dan harus dikeluarin di dalem?? Haha.. gw juga sering tuh denger kaya gitu. Makanya gw tanyain ke dokter. Dan yup.. dokternya emang bilang gitu. Berhubungan dengan suami dan sperma di keluarin di dalem justru sangat baik dan dianjurkan. Karena sperma itu bisa merangsang mules. Semakin sering sperma di keluarin di dalem dan semakin sering mules, itu pertanda bagus katanya. Dan katanya klo udah kontraksi beneran di usia 8 bulan itu udah AMAN. Maksudnya bayi udh mateng utk dilahirkan. Jadi gak usah khawatir.


Sering keputihan berarti akan pecah ketuban duluan

Iya bener. Tapi yang harus dikhawatirkan itu adalah keputihan yang sifatnya berwarna, bau dan menimbulkan gatel. Selama keputihannya gak berbau dan berwarna, masih dalam kadar normal utk para bumil. Klo keputihan yang berwarna, bau dan menimbulkan gatel, emag biasanya akan menyebabkan ketuban pecah duluan.

Kakak syg, posisinya jangan muter lagi ya. Sekarang kakak harus berusaha supaya kepalanya segera masuk ke panggul bunda ya nak. Ntar bunbun sering ajak jalan juga supaya kepala kakak turun.

You Might Also Like

4 comments

  1. hayo... kakak nurut ya sama bundanya. biar bundanya nanti lahirannya lancar... :)

    BalasHapus
  2. Waaahhhh bentar lagi yaahhh. Hihihi. Waktu Zaki, itu pas gw 36w3d say. Jadi dirimu mulai siaga 1 yaahhh. Moga2 smuanya lancaarrr. Amiinnn...;-*

    BalasHapus
  3. @Icha
    Iya cha. Siaga 1 niy.. tapi jgn dulu deh. Soalnya koper blm gw beresin sama sekali.. hihi..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu ya.. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup ya. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete ya.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

Instagram

Pengikut

Back to Top