Senam Hamil ku....

Hihi.. setelah menunggu waktu yang pas untuk senam hamil, akhirnya dimulailah sabtu kemaren pas usia kandungan gw 8 bulan. Sebenernya kata dokter, umur 7 bulan juga udah bisa kok mulai senam hamil. Cuma gw takut lupa ma gerakan2nya klo mulai dari umur 7 bulan. Jadi diputusin pas 8 bulan aja. Terus terang, gw gak kebayang sama sekali yang namanya senam hamil itu kaya apa...

Alhamdulillah jadwal di hermina bekasi, ada yang sabtu pagi jam 9-10. Tapi ya itu, gak bisa daftar by phone. Jadi harus dateng langsung kesana. Klo lagi apes ya gak kebagian tempat. Soalnya klo hari sabtu itu biasanya rame yg ikut senam hamil.
Dengan PDnya, tanpa konfirmasi dulu. Datanglah gw dan papap ke hermina jam 8.30. Ternyata instrukturnya lagi ada pelatihan. Jadi diundur deh jadwalnya sampe jam 10.30. Hoho... males juga kan klo harus balik lagi kerumah. Akhirnya menunggulah kami disana mpe jam 10.30.

Begitu udah jamnya, gw langsung ke lantai atas *tempat senamnya ada di lantai 2*. Oya, untuk pembayarannya, per sekali dateng itu
15K IDR. Setelah bayar, gw disuruh langsung masuk ke ruangan senamnya. Yaaa tempatnya sama lah ya kaya tempat2 senam di fitness center gitu. Dikelilingi kaca dan udah disediain matras plus satu stel baju dan semacam ikat pinggang dari karet gitu. Awalnya gw bingung. Ni baju buat apaan ya? Secara gw dtg kesana udah dgn kostum senam *leging plus kaos*. Liat diliat, ternyata peserta yang lain, begitu nyampe lgsg ganti baju pake baju yang udah disedian itu. Oalahhh... mesti di ganti toh bajunya. Tau gitu gak usah repot pake kostum senam yak :D

Sempet ngobrol2 bentar ma bumil yang lain. Ternyata gw yang umur kandungannya paling muda. Ada yang tinggal tunggu 3 minggu lagi untuk lahiran, dll. Komentar bumil yg lain begitu tau umur kandungan gw, "Gede ya perutnya". Hohoho... masih normal kok kata dokternya..


Gak lama, instrukturnya pun dateng. Dan dimulailah senamnya. Tapi sblm senam dimulai, setiap bumil dicek dulu detak jantung babynya. Menurut gw gerakannya sedikit membosankan. Karena kebanyakna tarik nafas buang nafas. Hehe ya iyalah emang pake loncat2an kaya aerobik.


Karena ini baru pertama kalinya gw ikut senam hamil, gw masih bingung gitu ngikutinnya. Ya.. pokoknya gerakannya itu lebih ditekankan pada relaksasi dan pernafasan. Tapi pasti ada makna tersendiri dong utk tiap gerakannya. Misalnya, ada gerakan yang tujuannya utk mencegah sering terjadinya kram kaki *difokuskan pada gerakan kaki*, untuk mempercepat baby turun ke jalan lahir *difokuskan pada gerakan panggul dan pantat*, untuk menahan hasrat mengejan (kan katanya kadang pembukaannya blom bgitu lengkap tapi kita rasanya udah pengen ngedeeeeen aja) *difokuskan pada pernafasan dan otot vagina plus otos pantat*. Dan ada juga untuk melatih posisi melahirkan. Klo utk latihan posisi melahirkan ini disarankan utk para bumil yg umur kandungannya diatas 34 minggu. Klo dibwah 34 minggu disuruh bobo2 aja :). Nah kebetulan yang disebelah gw ini udah masuk bulannya, jadi dia disuruh ikut latihan posisi melahirkan. Oh no... gw keikutan ngilunya.. Jadi posisinya itu kedua kaki ditekuk trus kedua tangan merangkul lutut trus tarik nafas, ngeden *pas ngeden ini, kepala kita di angkat utk melihat puser* stlh ngeden, kembalikan posisi tubuh ke semula sambil buang nafas. Hehe.. kebayang gak tuh posisinya?


Yah pokoknya menurut gw senam hamil amat sangat membantu bgt. Terutama utk melatih pernafasan saat melahirkan nanti. Meskipun banyak juga yg bilang klo percuma ikut senam hamil. Karena ujung2nya pasti bakalan lupa deh klo udah saat melahirkan. Tapi buat gw, bermanfaat kok. Secara awalnya gw blanky bgt masalah posisi melahirkan dan posisi2 berguna lainnya..


So, akan dirutinkan niy kayanya setiap sabtu utk senam hamil sampe tiba saatnya nanti melahirkan. Semoga proses lahiran nanti berjalan lancar. Amiinn...

2 comments

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete.

Terima Kasih