Welcome 3rd Trimester

Selasa, Januari 19, 2010

Alhamdulillah masuk juga kita ke trimester tiga. Dimana di trimester ini perasaan makin campur aduk aja. Seneng karena sebentar lagi bakal ketemu kakak. Khawatir karena semakin mendekati persalinan. Excited karena udah boleh blenji blenji. Ahhhhh pokoknya nano nano banget deh rasanya.


Sesuai jadwal tiap bulannya, kemaren itu adalah jadwal kita ke
temu kakak. Sejak jadwal terakhir kontrol bulan lalu, posisi kakak kan sungsang ya. Akhirnya stiap hari abis shalat dhuha, slalu ajak kakak ngobrol. Salah satunya bilang supaya posisinya jangan sungsang lagi. Dan Alhamdulillah pas kemaren di USG, posisi kakak udah normal sekali. Kepala udah dibawah, kaki diatas, dan posisinya juga udah tengkurep (muka menghadap *maaf* anus). Pinter kamu ya nak.. denger kata2 bunda dan papa ya syg. Trus bgitu ya syg posisinya *kecuali pas USG 4D dan 3D yah*. Apalagi klo udah masuk bulan 8. Udh gak boleh berubah lagi yah posisinya :). Tapi alhasil, gw gak bisa liat mukanya kakak karena menghadap belakang.

Kondisi kakak normal dan sehat. Beratnya sekarang udah
1.100 gram. Berarti naiknya skitar 300 gram dari bulan lalu. Jantungnya pun normal, 115. Untuk bundanya sendiri BBnya naik 2 kg dari bulan sebelumnya, jadi 60 kg. Air ketuban juga bagus.

Untuk keluhan, gw sempet ngerasa perut bag bawah gw nyeri secara tiba2. Sampe2 gw gak bisa berdiri tegak. Kaya kram gitu deh. Stlh konfirmasi ke dokter, ternyata itu yg namanya kontraksi. Weeksss..... tapi untungnya gak berlangsung lama. Setidaknya tau deh sekarang gmn rasanya kontraksi ringan. Tapi jangan ngalamin lagi deh klo blom waktunya..

Beberapa hal lain yg gw tanyain ke dokter :

Mengenai Rumput Fatimah.
Kebetulan gw pernah dapet rumput fatimah dari temen gw yg umroh. Dan katanya klo minum air rebusan rumput fatimah itu bisa cepet lahirannya. Dan ternyata dokter gw bilang sebaiknya gak usah diminum. Kenapa? Emang bener rumput fatimah itu memacu kontraksi pada bumil. Tapi reaksi di stiap bumil itu beda2. Ada yg minumnya cuma sedikit, tapi kontraksinya terlalu berlebihan. Ada juga yg minumnya bergelas2 tapi kontraksi lambat bgt. Karena blom ada penelitin juga ttg rumput fatimah itu. Dokter gw juga bilang klo kontraksi yg bagus dan normal itu, misalnya mules 5 menit trus ilang trus muncul lagi. Lah klo stlh minum rumput fatimah ternyata kontraksi jadi ekstrim, juga gak bagus. Jadi disarankan untuk TIDAK DIMINUM. Karena kita gak tau reaksinya di tubuh kita gimana.

Mengenai menyetir mobil
. Sejak awal hamil gw kan gak pernah mau lagi di suruh nyetir ya. Soalnya takut kenapa2. Tapi sepupu gw pernah bilang klo sebaiknya nyetir. Karena bisa melatih otot kaki yang akhirnya akan mengurangi pembengkakan. Akhirnya gw tanyain dong ke dokternya. Dan dokternya bilang, gak masalah klo bumil nyetir mobil. Jadilah gw mulai nyetir lagi. Tapi tetep gak brani jarak jauh dulu deh.

Mengenai bentuk perut.
As i told before, banyak orang bilang perut gw mancung yang artinya anak gw bakal co. Dan bentuk perut gw gede untuk umur kehamilan sekarang ini. Tapi nyatanya setelah di konfirmasi, semua itu gak ada hubungannya. Perut mancung atau bulet gak ada hubungannya ma jenis kelamin. Nyatanya stlh USG, hasilnya, kakak *insyaAllah* tetep berjenis kelamin ce kok. Jadi gak ngaruh kan sama bentuk perut gw yang mancung. Dan mengenai bentuk perut gw yg kata orang besar. Masih normal kok kata dokter gw *lega...*.

Mengenai olah raga jalan kaki.
Selain berenang, katanya jalan kaki juga bagus utk bumil kan? Emang bener olah raga jalan kaki bagus buat bumil. Tapi perlu diperhatikan beberapa hal. Antara lain, kondisi fisik ibu jangan cape dan jangan terlalu memaksakan diri. Posisi bayi juga gak boleh sungsang. Karena dengan jalan kaki, itu akan mendorong bayi semakin memasuki jalan lahir. Klo posisi bayi sungsang, semakin jalan berarti posisi pantat bayi semakin memasuki jalan lahir kan?? Klo posisi bayi normal, justru bagus utk sering2 jalan karena dengan begitu akan mendorong kepala bayi semakin memasuki jalan lahir dan akhirnya insyaAllah akan memperlancar proses persalinan. Tapi juga jangan jauh2 dan terlalu lama jalannya. Ntar kontraksi lagi.

Alhamdulillah kondisi kakak dan bunda sehat2 saja dan normal. Semakin deg2an deh...
Bulan depan insyaAllah mau mulai ikut senam hamil. Oya, dokter gw juga nyuruh utk USG 3D ney. Padahal sabtu ini rencana mau 4D di YPK. Jadinya 3D diundur bulan depan aja. Pas kakak 8 bulan..

Sehat selalu ya sayang... mmmuuaaahhh...

You Might Also Like

2 comments

  1. asyiiiik.. udh trimester akhir. selamat ya, say... belanja udh boleh nih. trus bentar lagi ketemu *ini yg paling menyenangkan* :)
    btw, mau tanya. di Hermina Bks ada 4D ga sih, say? aku niatnya sih di Tambak, tp mau jalan2 ke Hermina juga.

    BalasHapus
  2. Iya Dhit... dak sabar pgn ketemu kakak...
    Di hermina kayanya adanya 3D deh..
    4D di tambak berapa say?

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu ya.. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup ya. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete ya.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

Instagram

Pengikut

Back to Top