Fasilitas IMD dan dukungan ASIX

Senin, Januari 11, 2010

Tau dong ya klo sekarang ini lagi gencar2nya program IMD alias Inisiasi Menyusu Dini dimana bagitu bayi lahir, langsung diletakkan di dada ibu untuk mencari sendiri puting ibu. Klo dari googling, pengertian IMD sendiri adalah :
Merupakan program yang sedang gencar dianjurkan pemerintah. Menyusu dan bukan menyusui merupakan gambaran bahwa IMD bukan program ibu menyusui bayi tetapi bayi yang harus aktif menemukan sendiri putting susu ibu. Program ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya. Proses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu.

Berdasarkan sumber dari sini, salah satu manfaat IMD antara lain :
Melakukan Inisiasi Menyusu Dini dipercaya akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh si bayi terhadap penyakit-penyakit yang berisiko kematian tinggi. Misalnya kanker syaraf, leukimia, dan beberapa penyakit lainnya. Tidak hanya itu, Inisiasi Menyusui Dini juga dinyatakan menekan Angka Kematian Bayi (AKB) baru melahirkan hingga mencapai 22 persen.
Klo menurut gw IMD itu akan sangat2 membantu program ASIX (ASI Eksklusif). Makanya untuk jaman sekarang ini udah banyak RS yang menerapkan program IMD dan ASIX. Soalnya klo RS yang gak pro ASI dan gak menerapkan IMD, biasanya susternya gak sabaran klo si ibu belum keluar juga ASInya. Bisa2 ntar di kasih sufor lagi. Karena masih ada beberapa suster atau RS yang beranggapan klo baby gak lgsg di kasih ASI (dlm hal ini ASI ibu blm juga keluar) katanya ntar bayinya bakal kehausan atau apalah. Padahal kan dalma tubuh bayi itu tersimpan cadangan energi meskipun si ibu blm bisa langsung menghasilkan ASI. Jadi gak bakal kehausan. Tapi gak tau klo sekarang2 ini, apakah masih ada RS atau suster yg seperti itu.

Ini juga nih yang membuat gw sangat2 pengen ntar kakak setelah lahir itu di taronya di kamar gw (rooming in). Dan ALhamdulillah banget ternyata Hermina sudah menerapkan IMD dan pro ASI. Dokter gw pun sangat2 mendukung ASIX *Alhamdulillah gak salah pilih dokter*. Dan semua bayi pasti rooming in kecuali klo memang si baby butuh perawatan di ruang khusus. Dan juga, ada klinik laktasainya. Jadi bisa membantu para ibu yang mengalami kesulitan dalam menyusui. Jadi insyaAllah niatan gw untuk menjadikan kakak Anak ASIX, bisa didukung 100%.

Kakak, insyaAllah ntar ASI bunbun pasti dan harus berlimpah. Jadi kakak bisa dapet ASI eksklusif dari bunbun ya sayang.

*cium sayang dari bunbun dan papap*

You Might Also Like

1 comments

Terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga nggak bosen untuk terus mampir kesini..
Silahkan tinggalkan comment. Dan mari saling Blogwalking :)
Oya, komen akan dimoderasi terlebih dahulu ya.. Jadi nggak langsung muncul. Please jangan tinggalin jejak link hidup ya. Jika meninggalkan jejak link hidup, dengan sangat berat hati akan aku delete ya.

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tweet

Instagram

Pengikut

Back to Top